3 Tips Sukses Berbisnis Sampingan


Kesuksesan bisnis sampingan adalah keberanian merealisasikan mimpi menjadi ide bisnis. Terpenting, jangan merasa takut gagal saat memulai suatu bisnis sampingan Anda. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa memulai suatu bisnis baru memang sulit, mimpi yang besar pun harus dimulai dari bawah dan membutuhkan pemikiran-pemikiran yang ekstra.

Dalam melangkah dan mengambil leputusan, Anda harus berhati-hati agar tidak salah pilih usaha sampingan. Usaha sampingan memang menjanjikan hasil yang menggiurkan apabila dikelola dengan manajemen yang baik. Untuk itu, berikut ini beberapa kiat-kiat sukses dalam berbisnis sampingan:

1. Rencanakan Selama Mungkin

Walaupun hanya bisnis sampingan, bukan berarti ini hanya bisnis musiman, artinya bisnis yang berjalan selama beberapa minggu saja. Jika Anda menginginkan keuntungan yang lebih, rencanakan lebih jauh agar bisnis yang Anda jalankan berkembang dan berjalan selama mungkin. Agar bisnis Anda semakin lancar, pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Ini akan mempermudah Anda meraih kesuksesan dalam pekerjaan sampingan Anda.

2. Jangan Memforsir Diri

Ketika usaha berkembang dengan bagus, upayakan agar Anda tidak tenggelam terus-menerus dalam bisnis. Beri waktu pada diri Anda untuk beristirahat dan memanjakan diri. Hal ini berguna untuk menghindarkan diri dari rasa stres. Untuk itu, pilihlah pekerjaan sampingan yang waktunya fleksibel. Artinya, pekerjaan sampingan itu tidak mengharyskan kerja yang tetap.

3. Jangan Abaikan Pekerjaan Utama

Jangan sampai Anda mengabaikan pekerjaan utama Anda hanya karena Anda memiliki bisnis sampingan yang lebih menguntungkan. Sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis, Anda perlu meminta dukungan dari keluarga Anda. Bukan berarti Anda tidak akan berhasil dalam usaha bila tidak didukung orang terdekat Anda, tapi memang akan sangat membantu kalau orag terdekat Anda ikut mendukung usaha Anda.

Yang paling penting adalah Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. Jangan sampai pekerjaan sampingan Anda mengganggu pekerjaan utama Anda.

Leave a Reply