Omegasoft

white (1)

Marketing

4 Manfaat Blog pada Bisnis UKM untuk Memperkuat Brand di Pasar E-commerce Global

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh bisnis UKM untuk memperkuat brand atau merek dagang yang menjadi senjata untuk menembus ketatnya persaingan di dunia bisnis, khususnya pada dunia bisnis e-commerce, dimana media digital yang menjadi platform bisnisnya.

Sosial media merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh bisnis UKM sebagai sarana untuk menjalin relasi dengan konsumen maupun calon pelanggan yang potensial. Yang menarik, kini semakin banyak bisnis UKM yang mulai menggunakan website sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan mewakili seluruh identitas produk di dunia maya.

Pada website tersebut, seringkali kita menemukan sebuah laman yang bernama blog, dan khusus berisikan sejumlah artikel – artikel yang berkaitan dengan tema website yang menjadi identitas utama. Mungkin bagi sebagian pengguna yang awam, khususnya para pelaku bisnis UKM, blog tidaklah terlalu penting.

Namun seiring dengan berkembangnya dunia bisnis digital, blog menjadi salah satu kunci utama untuk memperkuat brand atau merek, yang secara tidak langsung juga ikut memasarkan brand tersebut dengan sajian berupa artikel yang bermanfaat dan informatif.

Lalu seperti apa blog itu sendiri dan apa saja manfaat yang di dapat oleh bisnis UKM dalam penggunaan blog bagi kemajuan bisnisnya?

 

1. Memanfaatkan SEO ( Search Engine Optimization )

 

software akuntansi

 SEO Via verticalresponses.com

 

Teknik SEO atau bahasa sederhananya optimasi kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti google, menjadi sebuah hal yang wajib bagi pemilik website. Hal tersebut bisa dilakukan melalui sebuah blog, dimana artikel yang ditulis pada blog tersebut harus selalu menyajikan konten yang informatif, fresh, dengan berita terbaru dengan tema yang sesuai dengan tema website dan target audience. Hal inilah yang paling disukai oleh mesin pencari.

Sebagai contoh, sebuah brand penyedia software akuntansi dan POS yang bernama omegasoft, banyak menulis artikel tentang teknologi software dan fungsinya bagi bisnis kecil menengah atau bisnis UKM pada blognya.

Dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang populer dan relevan pada artikel yang ditulis tersebut, siapapun yang mencari informasi tentang software akuntansi, software POS dan hal – hal yang berkaitan, secara tidak langsung akan diarahkan masuk kedalam blog website omega tersebut.

 

2. Sebagai wadah resmi untuk informasi mengenai produk

 

software akuntansi

Informasi Via kompasiana.com

 

 Ada kalanya, sebuah produk yang diluncurkan mempunyai tampilan, fitur maupun kemasan dan bentuk yang diperbaharui. Bagi bisnis UKM, hal ini lumrah terjadi setiap saat.

Disinilah fungsi dan peranan sebuah blog dibutuhkan. Blog menjadi wadah resmi sebuah produk yang merilis setiap hal terbaru yang ditambahkan pada produk tersebut dan tentunya juga sebagai sarana komunikasi yang bersifat informatif terhadap pelanggan maupun calon pelanggan.

 

3. Pangkal dari aktivitas media sosial 

 

software akuntansi

Media Sosial Via maxmanroe.com

Hampir setiap bisnis yang ada pada saat ini memiliki akun di media sosial. Termasuk bisnsi UKM yang berfungsi sebagai media berpromosi. Tapi apa yang dipublikasikan di media sosial, seperti yang kita tahu, tak akan bertahan lama. Berita, gambar atau news feed yang diungggah paa linimasa, tentu tidak selamanya bertahan karena akan segera tergeser oleh unggahan baru yang bisa dilakukan setiap menitnya.

Blog bisa menjadi sebuah alat yang menjadi muara bagi segala aktivitas marketing, informasi terbaru terkait produk maupun branding produk di sosial media. Pengumuman tentang  pembaruan produk, facelift design, hingga sebuah jadwal launching atau rilis produk misalnya, hanya tinggal menulis penjelasannya secara lengkap di blog. Dan media sosial yang nantinya akan bertugas menyebar ‘pesan resmi’ tersebut.

 

4. Membantu mengedukasi pembaca dengan konten yang informatif

 

software akuntansi

Konten Via andriezone.com

Keberadaan sebuah laman blog pada website yang memuat konten yang bersifat edukatif dan informatif yang dibutuhkan pembaca, menjadi perantara yang baik antara pemilik website dan konusmen yang tertarget. Dengan membaca artikel yang disajikan pada blog tersebut,  isi atau konten yang sesuai dengan pencarian yang dilakukan bisa menjadi sumber yang informatif dan menjawab pertanyaan yang ada pada benak pembaca tersebut. Secara tidak langsung, pemilik website juga bisa mengenalkan produknya kepada pengunjung blog tersebut.

 

Featured Image Via bisnisborneo.com