Omegasoft

white (1)

Marketing

5 Tipe Media Digital Untuk Pemasaran Bagi Bisnis UKM, Apa Saja Fungsi dan Kegunaanya?

Dengan semakin berkembangnya dunia digital di era teknologi dan informasi yang serba canggih dewasa ini, membuat banyak perubahan yang sangat signifikan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu nya pada bidang bisnis mikro kecil dan menengah.

Dengan hadirnya teknologi internet, kemudahan akses informasi dan media kini menjadi hal yang mungkin bagi siapa saja. Bahkan kini mulai muncul istilah digital marketing atau pemasaran melalui internet, yang dimana penggunaanya kini semakin meluas dan mulai banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan dengan skala besar.

Apakah para pengusaha UKM mengikuti cara yang sama? ikut menggunakan platform digital tersebut dengan maksimal atau hanya menjadi penonton di balik layar?

5 platform digital ini mungkin bisa digunakan oleh para pelaku bisnis UKM untuk memksimalkan kinerja bisnis mereka, terutama untuk kebutuhan pemasaran.

1. Gunakan Marketplace online untuk berjualan

 

software akuntansi

Marketplace Online Via Deligence.com

Menjamurnya online marketplace di indonesia merupakan kesempatan emas bagi bisnis UKM untuk memasarkan barangnya melalui marketplace online tersebut. Ada banyak pilihan, kemudahan, serta layanan yang ditawarkan sehingga memudahkan para pebisnis UKM untuk memilih layanan yang cocok dengan karakter bisnisnya.

 

2. Aktif di sosial media

 

software akuntansi

Sosial media Via bacsense.com

Sosial media merupakan sarana yang ampuh untuk berjualan dan mempromosikan barang. Sosial media yang populer untuk berjualan seperti facebook dengan fitur facebook ads, dimana pengguna yang ingin mempromosikan barangnya, bisa mengikuti tata cara promosi dan kampanye iklan yang efektif pada facebook. Ada juga instagram yang bisa digunakan sebagai alat pemasaran yang bagus dengan menampilkan gambar – gambar terbaik untuk diunggah ke dalam instagram.

 

3. Buat website sebagai “rumah online” bagi bisnis yang dijalankan

 

software akuntansi

Website Via Omegasoft

Website memiliki peranan yang penting bagi bisnis UKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan memiliki sebuah website, produk – produk yang ada bisa ditampikan secara online dan berpeluang untuk dilihat oleh konsumen dari luar negeri. Jika belum mempunyai dana yang cukup untuk membuat website profesional, bisa menggunakan penyedia website gratis seperti Blogger atau WordPress yang nantinya bisa disesuaikan sesuai kondisi bisnis yang dijalankan.

Usahakan menyesuaikan tema website dengan bisnis yang dijalankan. Jika menjalankan bisnis sepatu, maka tema yang dipilih juga yang mencerminkan tentang sepatu dan segala aksesorisnya. Jika menjadi agen atau dealer resmi suatu produk, misalkan penjualan software akuntansi, maka tema website yang dipilih juga mencerminkan tentang informasi software tersebut dan bernuansa IT.

 

4. Manfaatkan content marketing

 

software akuntansi

Content Marketing Via marccx.com

Content marketing merupakan salah satu alat pemasaran yang ampuh untuk meningkatkan traffic kunjungan kepada website yang dikelola. Untuk itu, agar dsarankan kepada bisnis UKM agar mempunyai website pribadi yang dikelola untuk memaksimalkan penjualannya. Keunggulan dari conten marketing ini adalah, selain ter-index oleh google, juga merupakan sarana promosi kreatif dengan memasukan content berupa video singkat, tutorial maupun profil perusahaan ke dalam blog atau website resmi.

 

5. Memaksimalkan mobile marketing untuk meningkatkan penjualan

 

software akuntansi

Mobile Marketing Via brightpod.com

Berkembang pesatnya smartphone serta gadget kini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan aktifitas penjualannya. Banyaknya transaksi yang kini bisa dilakukan dengan mudah lewat berbagai aplikasi yang ada pada smartphone. Bisnis UKM juga bisa memulai kampanye marketing mereka dengan menggunakan aplikasi seperti BBM, WA atau Snapchat untuk mempromosikan produk yang akan mereka jual.

 

Featured Image Via digitalmedia.vc