Bantuan Modal Kerja sebesar Rp. 2,4 juta bagi UMKM


Pemerintah Indonesia berencana akan memberikan bantuan modal kerja bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan kepada 9,1 juta pengusaha mikro kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Bantuan modal kerja ini juga disebut dengan Banpres (Bantuan Presiden)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan bahwa bantuan modal kerja ini dapat menjadi tambahan modal kerja bagi para pengusaha UMKM di masa pandemi COVID-19, karena pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan omzet UMKM. Pada hari Rabu 19 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal kerja kepada pedagang kecil di istana, sebesar Rp 2,4 juta per pedagang. Sedangkan untuk 9,1 juta pengusaha kecil dan mikro lainnya, bantuan akan ditransfer langsung ke rekening penerima mulai minggu depan.

Apa saja persyaratannya ?

Salah satu syarat untuk memperoleh bantuan adalah pengusaha UMKM merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Selain itu, pengusaha UMKM mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampiran. Selain itu, Penerima bantuan bukan termasuk aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI/Polri, ataupun pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pengusaha UMKM yang mendapatkan bantuan harus melalui usulan dari lembaga pengusul. Lembaga tersebut adalah dinas yang membidangi koperasi dan UMKM provinsi dan kabupaten/kota dan koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum. Kemudian, kementerian/lembaga, perbankan, perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan lembaga penyalur program kredit pemerintah yang terdiri atas BUMN dan badan layanan umum (BLU).

Pemerintah juga akan menggunakan sumber data dari beberapa lembaga, seperti Dinas Koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan badan hukumnya, OJK, perusahaan pembiayaan pemerintah, BLU, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #landingpage #restoran #umkm #bantuanmodal

Leave a Reply