Beberapa Tips Manajemen Stok pada Suatu Bisnis


Manajemen stok merupakan hal yang penting dilakukan oleh berbagai macam bisnis, baik bisnis retail, bisnis resto, bisnis online maupun bisnis yang menyediakan jasa. Manajemen stok bertujuan untuk mengelola dan mengatur ketersediaan stok barang, baik bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pada proses produksi maupun kebutuhan produk yang dijual langsung. Selain itu, manajemen stok bertujuan untuk memastikan kualitas barang yang akan diolah maupun barang yang dijual kepada customer tetap terjada. Manajemen stok juga dapat menghindari terjadinya keterlambatan dalam pengiriman persediaan barang serta resiko perubahan harga yang fluktuatif.

Manajemen stok berkaitan dengan kegiatan penyimpanan barang, pendataan barang, pengecekan kualitas barang serta pencatatan laporan barang yang dimiliki suatu bisnis. Manajemen stok bukanlah pekerjaan yang mudah, terutama untuk bisnis-bisnis yang memiliki berbagai macam barang dengan jumlah yang banyak. Manajemen stok harus dilakukan dengan benar dan teliti agar dapat menghasilkan laporan stok yang tepat. Kesalahan pada laporan stok barang akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Berikut adalah tips manajemen stok pada suatu bisnis,

Mengatur Tempat Penyimpanan
Tempat penyimpanan barang perlu diatur agar terlihat lebih rapi. Hal ini dilakukan agar dapat memudahkan staf gudang untuk menemukan barang yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat. Dalam tempat penyimpanan, perlu disediakan rak-rak untuk menyusun barang berdasarkan kategori tertentu. Selain itu, perlu disiapkan lemari pendingin apabila barang yang disimpan termasuk ke dalam bahan baku yang membutuhkan penyimpanan pada suhu tertentu. Tempat penyimpanan perlu diperiksa pada waktu tertentu, untuk memastikan bahwa tempat penyimpanan aman, baik dari segi suhu maupun hewan-hewan yang dapat merusak barang yang disimpan.

Membuat Daftar Barang
Manajemen stok membutuhkan data akurat yang berkaitan dengan stok barang. Data tersebut dapat digunakan untuk memudahkan proses pengontrolan, pengambilan keputusan maupun pencatatan laporan dalam manajemen stok. Sehingga, barang-barang yang masuk maupun keluar dari tempat penyimpanan perlu dicatat dengan lengkap dan akurat. Pencatatan ini juga memudahkan proses forecasting, kapan perusahaan perlu melakukan pembelian stok.

Memberikan Kode pada Barang
Pemberian kode pada barang dapat memudahkan proses pencarian dan identifikasi barang. Pemberian kode dapat dibedakan berdasarkan jenis barang, warna barang, model barang dan sebagainya. Nantinya, kode ini dapat membantu staf gudang untuk mengenali dan menjelaskan jenis barang secara spesifik dengan lebih cepat dan mudah. Penggunaan kode juga dapat memudahkan proses penyimpanan barang sesuai dengan kategori tertentu.

Membuat Perkiraan Stok
Dari data yang berkaitan dengan barang masuk maupun keluar dari tempat penyimpanan, staf gudang dapat membuat perkiraan persediaan stok barang pada periode tertentu. Staf gudang dapat membuat jadwal kapan melakukan pembelian dan penambahan barang di gudang. Perkiraan stok dapat menghindari terjadinya kekurangan stok saat dibutuhkan. Selain itu, perkiraan stok juga dapat memudahkan proses penghitungan budget persediaan dalam periode waktu tertentu.

Melakukan Pengecekan Barang
Pengecekan barang perlu dilakukan secara berkala. Sebelum disimpan dalam tempat penyimpanan, barang harus diperiksa terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah barang cacat atau salah produksi sebelum menyimpannya. Selain itu, pengecekan juga perlu dilakukan setiap minggu atau setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kualitas dan kuantitas barang yang ada di tempat penyimpanan.

Menggunakan Aplikasi untuk Manajemen Stok
Mengelola stok barang dalam jumlah banyak akan membutuhkan waktu yang lama. Manajemen stok secara manual akan membutuhkan pulpen dan kertas, yang mana rentan akan kesalahan dan kehilangan laporan dalam bentuk kertas tersebut. Sehingga, penggunaan aplikasi yang dapat memudahkan proses manajemen stok akan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Aplikasi yang menyediakan fitur manajemen stok adalah Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki. Omegasoft memiliki kontrol stok di semua cabang bisnis Anda setiap hari. Anda juga dapat mengelola stok bahan baku dan meng-updatenya dari mana saja dan otomatis.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #keuangan #keuanganbisnis #manajemenstok

Leave a Reply