Beberapa Tips Packing Barang agar Aman selama Proses Pengiriman


Packing barang menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat mengirimkan barang melalui perusahaan penyedia jasa ekspedisi. Walaupun Anda memilih jasa ekspedisi yang terpercaya, namun Anda juga tetap harus memperhatikan cara packing agar barang tetap terjaga dengan baik. Packing barang memiiki tujuan utama yaitu melindungi barang dari kerusakan sehingga dapat menambah nilai kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Packing barang dapat dilakukan dengan menyesuakan jenis barang dan bahan untuk pengemasan barang tersebut. Berikut adalah beberapa tips packing barang agar aman selama proses pengiriman,

Menyiapkan Bahan Pengemasan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkn bahan pengemasan yang sesuai dengan jenis barang yang akan Anda kirimkan, seperti kaca, plastik, kain atau bahan lainnya. Apabila barang yang akan Anda kirimkan adalah barang pecah belah, maka Anda perlu menyiapkan tambahan bubble wrap atau styrofoam untuk mengurangi benturan saat proses pengiriman. Apabila barang hanya terbuat dari kain, Anda hanya perlu menyiapkan kemasan yang terbuat dari plastik saja. Selain bahan, Anda juga perlu memastikan ukuran dari kemasan sesuai dengan dimensi ukuran barang. Jangan memaksa menggunakan kemasan yang berukuran lebih kecil dari ukuran barang, karena dapat merusak barang.

Gunakan Kemasan Berlapis
Untuk memaksimalkan pengamanan dalam pengiriman barang, Anda perlu memberikan kemasan berlapis pada barang. Anda dapat memberikan kemasan tambahan seperti bubble wrap, kardus, atau kertas tambahan. Apabila Anda mengirimkan lebih dari 1 barang, maka kemaslah produk tersebut secara terpisah agar tidak tejadi benturan antar barang. Apabila Anda menggunakan kemasan kardus besar, pastikan tidak ada celah dalam kardus, Anda dapat menambahkan gumpalan kertas koran agar semua ruang dalam kardus terisi. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi benturan antar barang.

Gunakan Packing Kayu
Packing kayu dapat digunakan untuk mengemas barang yang berat, pecah belah, cair maupun barang yang membutuhkan waktu lama dalam proses pengiriman. Packing kayu menjadi packing yang dapat menjaga barang kiriman secara maksimal. Anda dapat memilih bahan kayu yang terbuat dari kayu randu, mahoni, dan sebagainya. Jangan memilih bahan kayu yang mudah lapuk.

Tambahkan Stiker Peringatan
Kurir tidak dapat melihat secara langsung barang apa yang tersimpan dalam paket. Sehingga, berikanlah informasi tambahan dengan memasang stiker. Stiker peringatan berfungsi untuk memudahkan kurir dalam memilah jenis paket. Anda dapat menempelkan stiker peringatan pada permukaan kardus atau packing kayu untuk menginformasikan jenis barang yang ada dalam paket, sehingga kurir dapat lebih berhati-hati dalam proses pengiriman, terutama untuk barang dengan jenis pecah belah.

Itu lah beberapa tips packing barang agar aman selama proses pengiriman. Selain cara packing, Anda juga perlu memperhatikan pencatatan transaksi penjualan hingga laporan dengan lengkap dan akurat. Di era digital saat ini, proses pencatatan transaksi hingga laporan dapat dilakukan dalam hitungan menit di mana saja dan kapan saja. Terdapat berbagai platform yang membantu proses operasional bisnis lebih mudah dan cepat, salah satunya adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi digital dengan berbagai macam produk yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Produk-produk Omegasoft di antaranya adalah Omega POS (Point of Sales), Omega Accounting, Omega Loyalty App dan sebagainya, Selain itu, Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply