Beberapa Tips Psikologi Marketing untuk Suatu Bisnis


Marketing atau pemasaran memiliki peran penting dalam kesuksesan suatu bisnis karena dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan di masa yang akan datang. Marketing merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan produk dari suatu bisnis kepada target audiens. Agar mencapai target yang telah ditetapkan, perusahaan perlu menyusun strategi marketing yang tepat. Strategi marketing dapat membantu perusahaan dalam membuat perencanaan kegiatan marketing serta menentukan tareget dan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, strategi marketing juga dapat memudahkan proses pengawasan kegiatan marketing dan koordinasi tim dengan lebih efektif.

Berbagai macam strategi marketing dapat diterapkan oleh suatu perusahaan. Namun, Anda perlu memahami bahwa aturan utama dalam kegiatan marketing adalah mengenal pelanggan Anda. Sehingga, untuk memaksimalkan strategi marketing yang diterapkan oleh perusahaan Anda, Anda dapat menggabungkan strategi marketing dengan psikologi marketing. Apa itu psikologi marketing?

Psikologi marketing merupakan sebuah strategi untuk mempengaruhi emosi serta tindakan pelanggan dalam memandang produk yang ditawarkan. Psikologi marketing dapat membantu Anda untuk lebih memahami motif yang mempengaruhi emosi dan tindakan pelanggan terhadap suatu produk. Berikut adalah beberapa tips psikologi marketing yang dapat diterapkan pada suatu bisnis,

Priming
Priming merupakan upaya yang bertujuan untuk memberikan infomasi yang berkaitan dengan produk secara berulang-ulang agar pelanggan akan selalu mengingat informasi tersebut. Konsep ini banyak dilakukan secara halus oleh para pelaku bisnis. Sehingga, calon pelanggan dapat mengingat brand atau produk yang Anda miliki dan dapat mempengaruhi perilaku pembelian calon pelanggan.

Hubungan Timbal Balik
Hubungan timbal balik dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan memberikan sesuatu kepada pelanggan agar menarik minat mereka melakukan pembelian kembali di kemudian hari. Pemberian ini dapat berupa voucher belanja, voucher diskon, poin, hadiah, souvenir dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan timbal balik dari pelanggan.

Social Proof
Social proof atau bukti sosial merupakan tindakan dari sekelompok orang yang dipercayai oleh orang lain. Contoh dari social proof adalah testimoni pelanggan. Calon pelanggan akan lebih percaya dan lebih menyukai produk-produk yang memiliki testimoni dari pelanggan yang telah membeli produk tersebut. Mereka akan lebih tertarik melakukan pembelian, apabila produk tersebut memiliki penilaian yang bagus dari pelanggan lain.

Decoy Effect
Decoy effect merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menyediakan beberapa pilihan produk yang hampir sama dengan harga berbeda. Hal ini dapat membuat calon pelanggan memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan membeli produk tersebut. Sebagai contoh, pemilik bisnis menjual kopi ukuran kecil dengan harga Rp. 15.000, ukuran sedang Rp. 17.500 dan ukuran besar Rp. 20.000, maka pelanggan akan lebih memilih kopi ukuran besar untuk dibeli.

Keterbatasan Produk
Cara pemasaran yang paling sederhana adalah menggunakan keterbatasan produk. Contoh dari konsep ini adalah flash dan limited edition. Anda dapat memberitahu mengenai keterbatasan produk maupun potongan harga yang hanya berlaku pada waktu tertentu. Hal ini dapat membuat calon pelanggan buru-buru untuk membeli produk yang ditawarkan.
Beberapa tips psikologi marketing tersebut dapat diterapkan untuk berbagai jenis bisnis. Sehingga dapat menarik minat pelanggan serta meningkatkan penjualan bisnis. Dalam proses penjualan, Anda membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses pencatatan transaksi penjualan hingga laporan penjualan dengan lebih cepat, mudah dan akurat.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan sistem yang dapat membantu proses operasional bisnis dengan fitur lengkap adalah Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Aplikasi kasir dan accounting Omegasoft dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu proses pencatatan berbagai macam promo. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply