Kenali Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi


Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai macam perubahan di berbagai aspek kehidupan, baik secara sosial, budaya, pendidikan bahkan ekonomi. Pandemi ini mampu merubah perilaku masyarakat baik dari aktivitas kehidupan sehari-hari maupun perubahan gaya hidup. Selain itu, kebijakan dari pemerintah untuk menerapkan PPKM juga menjadi faktor dari perubahan perilaku masyarakat saat ini. Sebagian besar aktivitas di luar rumah dibatasi dan dapat dilakukan secara online. Perubahan-perubahan ini berdampak pada bidang ekonomi, khususnya pada perilaku konsumen.

Perilaku konsumen merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang, kelompok maupun organisasi dalam menilai, memperoleh serta menggunakan barang atau pun jasa melalui pertukaran atau pembelian untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Perubahan perilaku konsumen tidak hanya terjadi pada jenis barang yang dibeli, namun juga mempengaruhi cara pembelian barang tersebut. Dengan adanya perubahan perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19, pebisnis harus mampu membahami dan beradaptasi dengan perubahan perilaku tersebut. Berikut adalah beberapa perubahan perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19,

Perubahan Pola Konsumsi
Pola konsumsi masyarakat mengalami perubahan selama masa pandemi COVID-19. Berdasarkan data yang diperoleh Badan Pusat Statistik pada 27 Juni 2020, data tertinggi pengeluaran masyarakat digunakan untuk produk kesehatan naik sebesar 73.3% , bahan makanan naik sebesar 65.8%, pulsa atau paket data naik sebesar 56.6%, makanan dan minuman jadi naik sebesar 46.1%. sedangkan transportasi umum dan bbm menurun sekitar 42% dan listrik cenderung sama dengan masa sebelum pandemi.

Peduli Kesehatan dan Kebersihan
Pandemi COVID-19 menyebabkan masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan. Sehingga, permintaan atas produk kesehatan dan kebersihan menjadi lebih tinggi. Beberapa produk kesehatan dan kebersihan yang sering dibeli oleh masyarakat adalah vitamin, suplemen, makanan sehat, sabun, tisu, hand sanitizer, cairan disinfektan dan sebagainya. Dalam bidang kuliner, masyarakat lebih memperhatikan kebersihan tempat makan, kemasan dan produk-produk makanan dan minuman yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Berfokus pada Nilai Kebutuhan
Saat ini, konsumen lebih memilih produk-produk yang memberikan nilai manfaat bagi kehidupan. Konsumen cenderung membeli produk-produk yang menjadi kebutuhan, bukan hanya sekedar keinginan. Produk yang dibeli oleh konsumen cenderung memberikan manfaat bagi kesehatan, hiburan maupun pengetahuan. Selain produk-produk kesehatan, konsumen juga cenderung mengikuti kelas pelatihan online atau webinar untuk meningkatkan skill dan pengetahuan mereka selama masa PPKM.

Memasak Sendiri
Pembelian makanan dan minuman di luar dapat meningkatkan pengeluaran sehari-hari. Selain itu, adanya kebijakan PPKM menyebabkan masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Hal ini menyebabkan beberapa konsumen lebih memilih untuk membeli bahan baku makanan, makanan frozen maupun makanan ready to eat. Sehingga, masyarakat dapat memasaknya sendiri di rumah.

Transaksi Online
Tidak dapat dipungkiri, transaksi online mengalami peningkatan selama pandemic COVID-19. Konsumen lebih memilih untuk membeli barang-barang kebutuhan secara online. Berbagai macam sosial media, e-commerce maupun marketplace menawarkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, platform jual beli online pun menawarkan berbagai promo potongan harga maupun gratis ongkir.

E-commerce menjadi salah satu platform jual beli online yang dipilih oleh konsumen untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan. Salah satu perusahaan yang dapat menyediakan fasilitas bisnis autopilot seperti e-commerce adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #perilakukonsumen

Leave a Reply