Manajemen Pembelian dalam Sebuah Bisnis


Manajemen pembelian menjadi salah satu mata rantai dalam kegiatan manajemen material. Manajemen pembelian menjadi penghubung antara supplier dan perusahaan dalam hal pengadaan barang dan jasa dalam operasional perusahaan. Manajemen pembelian adalah proses pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi untuk menghasilkan suatu produk yang kemudian akan dijual kembali agar dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Manajemen pembelian menjadi salah satu fungsi dasar yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan bahwa manajemen pembelian memiliki peran penting dalam operasional suatu perusahaan, karena tanpa adanya manajemen pembelian yang baik, maka perusahaan tidak dapat menjalankan sistem produksinya dengan baik. Sehingga, manajemen pembelian dianggap penting dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya manajemen pembelian dalam perusahaan,

Menjadi Pusat Laba (Profit Center)
Manajemen pembelian menjadi pusat laba atau profit center perusahaan yang melakukan semua kegiatan dalam proses purchasing. Manajemen pembelian mengatur pengeluaran biaya untuk pembelian barang. Selain itu manajemen pembelian juga mengatur pengeluaran dari proses pembelian, misalnya dalah memilih pemasok atau supplier. Divisi pembelian akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum melakukan pembelian, hal ini mencakup waktu dari proses pembelian barang hingga waktu pengiriman barang.

Menjaga Stabilitas Harga
Manajemen pembelian berperan untuk mendapatkan harga yang stabil dalam proses pengadaan. Hal ini dikarenakan apabila biaya produksi sering mengalami fluktuasi dapat menghambat kegiatan operasional, terutama kegiatan produksi. Sehingga, perhitungan lama dan arus kas perusahaan akan sulit diperkirakan. Oleh karena itu, dalam proses negosiasi dengan pemasok atau supplier, manajemen pembelian yang baik dapat menjaga kestabilan biaya produksi agar dapat menjamin keuntungan perusahaan.

Menjaga Mata Rantai Pengadaan
Manajemen pembelian juga memiliki peran dalam menjaga rantai pasokan. Departemen pembelian harus mampu memastikan ketersediaan barang dalam kegiatan produksi, selain itu departemen pembelian juga memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan kualitas yang ditetapkan sert dapat diterima tepat waktu. Hal ini perlu diperhatikan karena apabila pengiriman tertunda dan kualitas barang tidak sesuai pemesanan, maka dapat mempengaruhi rantai pasokan barang.

Menjadi Jaminan Kepuasan Pelanggan
Manajemen pembelian berperan dalam menentukan kepuasan pelanggan. Departemen pembelian dapat melakukan beberapa hal untuk menjaga kepuasan pelanggan, di antaranya adalah
• Memastikan kualitas bahan atau material produksi adalah kualitas yang baik dan terjamin
• Memastikan pengadaan barang dilakukan secara tepat waktu

Menjadi Fungsi Strategis Bisnis
Manajemen pembelian memiliki peran paling strategis dalam perusahaan. Hal ini dikarenakan bahwa departemen pembelian memiliki peran yang vital dalam semua prosedur pembelian barang. Sebagian besar perusahaan menyadari bahwa penghematan biaya yang signifikan berasal dari proses keputusan pembelian yang efektif. Apabila strategi pembelian buruk, maka akan menghambat seluruh kegiatan operasional dalam bisnis.
Bahan atau material yang dibeli dalam proses pengadaan barang dan jasa perlu dicatat untuk memudahkan proses evaluasi bisnis serta pembuatan laporan keuangan. Seiring dengan perkembangan teknologi, pencatatan pembelian barang dan jasa dalam sebuah bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan sistem POS (point of sales) dan accounting. salah satu aplikasi POS dan accounting yang memiliki fitur pencatatan pembelian adalah aplikasi dari Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi digital dengan berbagai macam produk yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Produk-produk Omegasoft di antaranya adalah Omega POS (Point of Sales), Omega Accounting, Omega Loyalty App dan sebagainya, Selain itu, Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply