Manfaat Mesin Absensi Fingerprint pada Suatu Bisnis


Karyawan menjadi salah satu aset perusahaan. Manajemen perusahaan perlu mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dengan baik. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja karyawan dinilai dari berbagai macam aspek, salah satunya adalah absensi. Tingkat kehadiran karyawan dapat menunjukkan tingkat produktivitas dari karyawan tersebut. Sehingga, perusahaan mewajibkan karyawan untuk melakukan absen kehadiran pada mesin absensi yang telah disediakan. Data kehadiran karyawan yang tercatat pada mesin absensi karyawan akan dijadikan laporan oleh HRD.

Mesin absensi merupakan alat yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan suatu perusahaan. mesin absensi bertujuan untuk memudahkan proses perhitungan absensi karyawan dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini juga dapat memudahkan HRD dalam melakukan evaluasi terhadap kedisiplinan dan produktivitas karyawan. Terdapat berbagai macam jenis mesin absensi, diantaranya adalah mesin absensi kartu, mesin absensi digital, mesin absensi berbasis website, serta mesin absensi biometrik. Saat ini, mesin absensi biometrik menjadi mesin absensi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Mesin absensi biometrik merupakan jenis mesin absensi yang menggunakan sensor pendeteksi bagian tubuh manusia, atau juga disebut biometrik. Bagian tubuh manusia yang terdeteksi oleh mesin absensi adalah sidik jari, retina mata, wajah hingga suara. Mesin absensi ini memiliki sistem yang dibuat untuk mengurangi kecurangan karyawan yang biasa menitipkan absen kepada karyawan lain. Mesin absensi biometrik memiliki kelebihan pada pencatatan kehadiran karyawan yang lebih tepat dan akurat. Selain itu, cara pemakaiannya pun lebih mudah, cepat dan mampu menyimpan data yang besar, hingga ribuan karyawan.

Mesin absensi fingerprint memberikan berbagai manfaat bagi suatu bisnis, diantaranya adalah
1. Membuat Laporan Absensi Karyawan dengan Lebih Mudah dan Cepat. Perusahaan yang memiliki karyawan dengan jumlah ribuan akan kesulitan dalam mendata absensi karyawan apabila menggunakan sistem absensi manual. Dengan adanya mesin absensi fingerprint, HRD dapat mengetahui, memantau, serta mengawasi daftar absensi karyawan dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini disebabkan oleh sistem otomasi pada mesin fingerprint unruk menarik data.
2. Memberikan Data Kehadiran dengan Akurat. Setiap karyawan hanya dapat memasukkan data kehadiran dengan menggunakan sidik jari yang dimiliki. Sehingga, karyawan tidak dapat meminta bantuan orang lain untuk mengisi data kehadiran. Hal ini memudahkan HRD untuk mengetahui absensi karyawan lebih akurat dan tidak ada tindak kecurangan.
3. Menunjukkan Kinerja Karyawan. Data kehadiran pada mesin absensi sidik jari dpaat memberitahu HRD mengenai jumlah jam kerja karyawan dalam satu hari dengan tepat. HRD dapat melihat jam masuk, jam pulang, serta jam lembur karyawan
4. Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan. Mesin absensi fingerprint dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan. Dengan tingkat keakuratan mesin absensi, karyawan akan datang tepat waktu sebelum jam mausk yang telah ditentukan oleh perusahaan. Selain itu, karyawan akna lebih patuh terhadap peraturan yang dibuat oleh perusahaan.
5. Memudahkan proses penghitungan gaji dan Uang Lembur Karyawan. HRD dapat memperoleh data kehadiran karyawan melalui mesin absensi fingerprint. Dengan data tersebut, HRD dapat menghitung jumlah jam kerja yang akan digunakan dalam sistem penggajian. Sistem otomasi dalam mesin absensi fingerprint dapat memudahkan HRD dalam melakukan penghitungan dengan lebih cepat. selain itu, HRD juga akan lebih mudah menghitung jumlah uang lembur yang akan diberikan kepada karyawan berdasarkan data pada mesin absensi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin absensi fingerprint dapat dihubungkan dengan perangkat lunak lain, misalnya software akuntansi. Hal ini dapat memudahkan proses penarikan data kehadiran karyawan. Salah satu software akuntansi yang dapat terhubung dengan mesin absensi fingerprint adalah software akuntansi Omegasoft. Salah satu perusahaan pengembang software kasir POS dan akuntansi adalah Omegasoft. Omegasoft adalah aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu dalam menjalankan setiap aspek dari bisnis. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah pengelolaan cabang-cabang toko dari mana pun dan kapan pun. Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis secara real-time dan mudah. Sehingga, pemilik bisnis dapat memperoleh insight bisnis yang lebih dalam.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply