Mengenal Apa itu Service Excellence?


Pelanggan dapat menentukan kesuksesan dari sebuah bisnis. Loyalitas pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis, apapun jenis bisnisnya. Hal ini dikarenakan bahwa loyalitas pelanggan memiliki nilai strategis untuk sebuah perusahaan. Semakin loyal pelanggan, maka semakin besar kemungkinan pelanggan untuk berpartisipasi dalam proses marketing produk sebuah perusahaan secara tidak langsung. Perusahaan harus mampu memberikan sesuatu yang melebihi dari apa yang diharapkan oleh pelanggan. Perusahaan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan tetap setia dan puas dalam menggunakan, mengonsumsi dan mempercayai produk yang telah mereka beli. Salah satu strategi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah menerapkan konsep service excellence.

Apa itu service excellence?
Service excellence atau juga dikenal dengan pelayanan prima merupakan sebuah upaya untuk memberikan layanan terbaik yang berorientasi pada kepentingan pelanggan agar mampu memberikan kepuasan yang optimal. Service excellence dapat diterapkan pada semua jenis usaha, baik barang, jasa maupun layanan masyarakat. Pelayanan dapat dikatakan sempurna apabila dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan tidak ragu dalam membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Bahkan lebih baiknya lagi, pelanggan akan merekomendasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada kerabatnya secara sukarela. Terdapat beberapa unsur pokok dalam penerapan service excellence, di antaranya adalah,

Attitude, yaitu sikap saat memberikan pelayanan kepada pelanggan
Ability, yaitu kemampuan kinerja yang baik dalam menanganni konsumen, misalnya komunikasi yang efektif
Attention, yaitu bentuk perhatian atau kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan
Appearance, yaitu penampilan yang menggambarkan kualitas serta kredibilitas pelayanan kepada pelanggan
Accountability, yaitu bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada pelanggan dalam mengatasi keluhan, masalah maupun ketidakpuasan yang timbul pada pelanggan
Action, yaitu tindakan nyata dalam melayani konsumen

Selain untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, service excellence memiliki beberapa fungsi lain untuk perusahaan, yaitu

Membangun Reputasi Bisnis
Pelayanan prima yang optimal dapat menumbuhkan kepuasan serta kepercayaan pelanggan terhadap suatu perusahaan. Apabila perusahaan mampu memberikan kualitas pelayanan serta produk yang baik, maka pelanggan akan memberikan kepercayaan yang tinggi terhadap brand perusahaan. sehingga, reputasi perusahaan akan semakin baik dan tersebar luas di masyarakat.

Mengungguli Persaingan Pasar
Perusahaan yang memiliki nama dan reputasi yang baik dan dipercaya oleh pelanggan akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru dibandingkan dengan perusahaan lain. Pelanggan lebih mudah percaya dan yakin untuk berbelanja di tempat yang sudah terjamin dan terkenal akan kualitas pelayanan yang baik. Sehingga, penerapan service excellence dapat membantu perusahaan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan kompetitor lainnya.

Efisiensi Biaya Promosi
Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan suatu perusahaan cenderung akan merekomendasikan produk maupun jasa dari suratu perusahaan kepada kerabat-kerabat mereka. Ajakan pelanggan ini dapat membuat kerabat mereka untuk menggunakan produk yang sama. Hal ini juga merupakan bentuk dari promosi secara words-to-words yang dilakukan oleh pelanggan setia Anda. Anda pun tidak perlu repot melakukan promosi.

Menghindari Komplain yang Berkepanjangan
Salah satu unsur pokok service excellence adalah responsibility atau tanggung jawab. Perusahaan yang bertanggung jawab tidak akan membiarkan adanya keluhan atau kritik dari pelanggan dengan berlarut-larut. Perusahaan akan mencari solusi penyelesaian dengan cepat untuk mengembalikan kenyamanan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Dengan adanya sikap tanggung jawab, perusahaan dapat terhindar dari potensi munculnya masalah yang lebih besar di masa yang akan datang.

Setiap perusahaan yang menjual jasa atau produk harus mampu menerapkan service excellence yang mengandung unsur pokok pelayanan prima. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan, membangun reputasi perusahaan, serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Apabila penjualan telah meningkat, maka citra perusahaan juga akan semakin baik dengan kondisi keuangan yang baik serta tersaji dalam laporan keuangan yang yang lengkap dan akurat. Dalam membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat, diperlukan software kasir dan akuntansi yang dapat membantu proses pencatatan pembelian, penjualan hingga manajemen stok dengan lebih mudah, cepat dan akurat, misalnya software kasir dan accounting omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply