Mengenal Perbedaan Lisensi dan Franchise


Bisnis memiliki berbagai macam metode yang dapat dipilih ketika memulai suatu usaha, misalnya franchise dan lisensi. Pada umumnya, bisnis franchise dan lisensi memiliki arti yang sama sebagai konsep kemitraan dalam suatu bisnis. Terdapat dua pihak, yaitu pemberi hak dan penerima hak yang sama-sama mendapatkan manfaat dari kerja sama kemitraan tersebut. Kedua model bisnis ini juga memiliki kesamaan arti dari segi tingkat resiko untuk peminat investasi. Bisnis franchise dan lisensi dapat meminimalisir faktor kegagalan yang sebelumnya telah dialami oleh pemberi hak melalui pembuktian merek pada rentang waktu tertentu. Pemberi hak juga memiliki kewajiban untuk mendukung atau men-support penerima hak agar dapat menjalankan bisnisnya hingga sukses. Lalu, apa perbedaan bisnis lisensi dan bisnis franchise?

Franchise atau juga dikenal sebagai waralaba adalah suatu bisnis keterikatan antara dua pihak atau lebih, dimana salah satu pihak memberikan hak dari kekayaan intelektual dan pihak lainnya menerima manfaat dari hak kekayaan intelektual tersebut. Pemberian hak kekayaan intelektual yang berupa brand, nama maupun produk dapat dijual secara komersial dan diatur berdasarkan perjanjian kerjasama yang disetujui oleh notaris dan diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM. Sedangkan lisensi adalah pemberian izin dalam menggunakan hak atas kekayaan intelektual penerima hak dapat melakukan sebuah kegiatan produksi dari produk maupun jasa tertentu, yang mana produk atau jasa tersebut telah dipatenkan atau dilisensikan oleh penciptanya pertama kali.

Perbedaan franchise dan lisensi berada pada mekanisme operasional berdasarkan perjanjian bisnis. Pada perjanjian franchise, terdapat istilah franchisor dan franchisee yang memiliki tanggung jawab masing-masing. Franchisor adalah pemilik hak franchise dan franchisee adalah penerima hak franchise. Franchisor memiliki kewajiban untuk memberikan brand, produk, resep dan hal-hal yang berkaitan dengan penjualan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Franchisee diberikan kewenangan untuk menggunakan brand, produk, resep dan hal-hal yang berkaitan dengan proses operasional dan penjualan dalam bisnis franchise sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Franchisee memiliki kewajiban dalam memberikan royalti kepada franchisor.

Pada perjanjian lisensi terdapat istilah licencor dan licensee yang juga memiliki tanggung jawab masing-masing. Licensor adalah pencipta atau pihak yang menghasilkan suatu ciptaan baik produk maupun jasa yang. Licensee adalah pihak yang menerima hak lisensi secara sah dari licensor. Licensor memiliki kewajiban untuk memberikan lisensi kepada pihak licensee untuk memproduksi produk maupun jasa berdasarkan standar kualitas yang telah ditetapkan. Licensee memiliki kewenangan untuk memproduksi dan menjual produk atau jasa dengan menggunakan nama brand atau produk hak cipta dengan timbal balik royalti sesuai dengan perjanjian yang berlaku.

Bisnis franchise dan bisnis lisensi memiliki peluang dan resiko berbeda-beda. Sehingga, untuk menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi, pemilik bisnis perlu menyusun strategi penjualan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh pemilik bisnis adalah pemanfaatan teknologi untuk operasional bisnis. Pemanfaatan teknologi dapat membuat operasional bisnis lebih efektif dan efisien. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan software pos dan akuntansi untuk proses operasional baik di front-office maupun back-office. Salah satu perusahaan contoh software kasir POS adalah Omegasoft. Omegasoft adalah aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (cloud base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #bisnisfranchise

Leave a Reply