Meningkatkan Penjualan F&B di Masa Pandemi


Pandemi COVID-19 berdampak bagi semua sektor bisnis, termasuk bisnis food and beverage. Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal, seperti perubahan cara berbisnis maupun perubahan pola konsumsi masyarakat. Dengan adanya perubahan yang terjadi, para pemilik bisnis dituntut untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat. Sehingga, para pemilik bisnis food and beverage harus mampu membuat strategi untuk mempertahankan bisnis yang telah dijalankan, serta meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan food and beverage di masa pandemi,

Membuat Inovasi Produk
Dengan adanya perilaku konsumsi pelanggan, pemilik bisnis food ang beverage harus mampu membuat inovasi produk. Pemilik bisnis dapat menambahkan menu-menu yang sesuai dengan kondisi di masa pandemi COVID-19, misalnya menu baru dengan bahan-bahan herbal yang baik untuk kesehatan atau menu-menu yang dapat memberikan imune-booster atau pun mood-booster. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat menawarkan makanan dan minuman dalam bentuk frozen dan ukuran yang lebih besar. Saat ini pelanggan lebih membatasi kegiatan di luar rumah dan memilih untuk membeli makanan frozen yang dapat diolah kapan pun di rumah.

Memberikan Penawaran Menarik
Pemilik bisnis dapat memberikan penawaran-penawaran yang dapat menarik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Penawaran-penawaran ini dapat berupa poin, potongan harga, produk gratis, voucher potongan, gratis ongkos kirim dan sebagainya. Penawaran-penawaran ini bertujuan untuk menarik pelanggan agar melakukan pembelian kembali di kemudian hari.

Mengikuti Trend
Pemilik bisnis dapat menambahkan menu makanan dan minuman yang sedang trend di kalangan masyarakat. Sejak pandemi COVID-19, terdapat beberapa trend makanan dan minuman yang dapat menarik minat pelanggan. Beberapa masyarakat memang dapat membuatnya sendiri di rumah. Namun, beberapa masyarakat lebih memilih untuk membeli produk-produk yang sedang trend tersebut. Selain karena lebih mudah, namun juga hemat waktu dan tenaga. Mereka pun ingin merasakan makanan dan minuman yang sedang trend tersebut. Lebih baik lagi, apabila pemilik bisnis dapat membuat trend makanan dan minuman baru. Hal ini akan menjadi keunikan tersendiri.

Berikan Fasilitas Delivery
Pemilik bisnis dapat memberikan fasilitas tambahan, seperti layanan pesan antar. Fasilitas ini pasti akan menjadi pertimbangan bagi pelanggan sebelum memesan makanan. Dengan adanya fasilitas ini, pelanggan akan merasa lebih mudah melakukan pemesanan, dibandingkan harus datang langsung ke outlet. Apabila pemilik bisnis memiliki armada pengiriman sendiri, maka armada pengiriman ini dapat memberikan pendapatan tambahan bagi bisnis food and beverage yang dimilikinya.

Membuat Iklan
Pemilik bisnis dapat membuat iklan secara online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Kini, iklan dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Media yang dapat digunakan untuk memasang iklan dapat melalui sosial media seperti facebook, instagram, tiktok dan sebagainya. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat memasang iklan melalui google ads. maupun youtube. Melalui iklan online ini, pemilik bisnis dapat memilih target pasar yang ingin dijangkau berdasarkan kategori tertentu, seperti usia, lokasi, hal yang disukai dan sebagainya.

Menyusun Strategi Digital
Di era digitalisasi saat ini, proses jual beli dapat dilakukan secara online dengan lebih mudah dan cepat. Beberapa platform dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, memperoleh keuntungan serta mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan dan mempromosikan produk-produk yang dimiliki. Selain menawarkan produk, pemilik bisnis dapat memberikan tips dan trik kepada masyarakat melalui platform media sosial tersebut. Sehingga, mereka tidak bosan dan merasa tertarik untuk tetap mengikuti akun sosial media bisnis tersebut. Selain itu, penjualan dapat dilakukan melalui platform e-commerce dan website yang dapat memudahkan para pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online.

Penjualan pada bisnis food and beverage dapat dilakukan secara online melalui berbagai macam platform, misalnya e-commerce. Dengan adanya halaman ini, bisnis food and beverage akan mendapatkan nilai tambah. Salah satu penyedia halaman e-commerce untuk berbagai jenis bisnis adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply