Mudahkan Operasional Koperasi dengan Aplikasi Koperasi Digital


Koperasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di era digital ini. Pemerintah Indonesia berupaya untuk menerapkan digitalisasi koperasi untuk mendorong pengembangan serta modernisasi koperasi di Indonesia agar seiring dengan perkembangan teknologi. Koperasi harus adaptif dan dinamis dalam menghadapi segala sesuatu dan tren-tren yang berkembang di masyarakat. Sehingga, digitalisasi koperasi menjadi tuntutan agar koperasi dapat terus berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan anggota serta membantu perkembangan ekonomi di Indonesia.

Modernisasi Koperasi merupakan sebuah upaya transformasi koperasi agar lebih maju dalam hal organisasi dan tata kelola dengan menggunakan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman untuk menjadi koperasi modern. Terdapat beberapa kriteria yang menentukan koperasi modern, yaitu

Pilar Kelembagaan
– Daftar anggota berbasis elektronik
– Manajemen yang profesional
– Rekrutmen anggota secara digital
– RAT Online

Pilar Usaha
– Orientasi usaha berbisnis model bisnis (hulu-hilir, kemitraan terbuka dengan para pihak / inclusive closed loop)
– Memiliki website
– Pelayanan anggota secara digital
– Inklusif terhadap perkembangan usaha anggota (promosi ekonomi anggota)

Pilar keuangan
– Standar Akuntansi yang transparan dan akuntabel
– Laporan keuangan secara digital

Indikator-indikator dari kriteria koperasi modern di atas dapat terpenuhi dengan menggunakan aplikasi koperasi digital yang dapat membantu manajemen serta operasional koperasi di Indonesia. Aplikasi koperasi digital menawarkan berbagai manfaat, seperti

Meningkatkan Sistem Pelayanan Koperasi
Aplikasi koperasi digital memungkinkan anggota koperasi untuk melakukan transaksi-transaksi koperasi melalui smartphone mereka kapan pun dan dimana pun. Sehingga, anggota koperasi sudah tidak perlu datang dan mengantre di kantor koperasi untuk melakukan transaksi simpanan maupun pengajuan pinjaman. Selain itu, aplikasi koperasi digital juga mendukung fitur RAT Online, yang dapat memudahkan proses pengambilan keputusan.

Memudahkan Proses Pengolahan Data
Data-data koperasi yang diolah secara manual, akan beresiko tinggi terhadap kehilangan atau dokumen tercecer. Selain itu, ketika pergantian pengurus, pengurus baru belum tentu bisa mengetahui data-data dari periode pengurus yang sebelum-sebelumnya. Aplikasi koperasi digital dapat memudahkan proses pengolahan data koperasi secara lengkap dan detail, seperti daftar anggota, daftar kas anggota, daftar simpanan dan pinjaman anggota, laporan keuangan dan sebagainya. Data-data tersebut dapat diolah dengan lebih mudah, cepat, tepat dan akurat. Aplikasi koperasi digital memiliki sistem yang real-time. Sehingga, data-data yang diolah dalam aplikasi merupakan data real-time dan telah terupdate setiap saat secara online.

Memudahkan Proses Pembuatan Laporan Keuangan
Pembuatan laporan keuangan dengan sistem manual, pasti sangat membutuhkan banyak waktu untuk mengolah data-datanya. Dengan menggunakan aplikasi koperasi digital, data-data akan terintegrasi dengan sistem back-office, sehingga pengurus koperasi dapat membuat laporan keuangan dengan lebih cepat dan akurat.

Memudahkan Penghitungan SHU
Aplikasi koperasi digital memudahkan penghitungan SHU anggota dengan lebih tepat dan akurat. Penghitungan SHU berdasarkan pada jumlah simpanan anggota, simpanan koperasi, serta hasil penjualan unit-unit bisnis koperasi. Data-data ini akan lebih rumit diolah apabila menggunakan sistem manual, dan pastinya akan membutuhkan waktu yang lama.

Keamanan Data Terjamin
Keamanan data menjadi hal yang terpenting dalam koperasi yang mengatur tenang pengelolaan data keuangan. Aplikasi koperasi digital memiliki keamanan yang cukup tinggi dengan standar perbankan. Sehingga anggota koperasi sudah tidak perlu khawatir akan terjadi kehilangan atau kebocoran data.

Salah satu aplikasi koperasi digital yang memiliki fitur lengkap untuk operasional koperasi, mulai dari front-office hingga back-office adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi digital dengan berbagai macam produk yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis, mulai dari Omega POS (Point of Sales), Omega Accounting, Omega Loyalty App, Omega Membership App, Omega e-commerce serta Aplikasi Koperasi Digital. Aplikasi koperasi digital dari Omegasoft dapat membantu proses transaksi anggota koperasi secara online melalui smartphone masing-masing anggota. Omegasoft juga mendukung operasional unit-unit bisnis yang dimiliki koperasi agar dapat terintegrasi satu sama lain. Sehingga, proses operasional dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan akurat. Selain itu, data-tersebut saling terintegrasi dengan sistem back-office untuk memudahkan pengurus koperasi untuk memantau serta menjalankan operasional koperasi.

www.omegasoft.co.id

#Aplikasikoperasi #aplikasikoperasidigital #koperasidigital #koperasimodern #koperasiindonesia #koperasi #aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply