Payment Gateway Mempermudah Transaksi Jual Beli


Sistem pembayaran di Indonesia berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada awalnya, uang tunai menjadi satu-satunya instrument pembayaran, seperti uang kertas dan uang koin. Namun saat ini, pembayaran dapat dilakukan secara non-tunai (cashless) melalui sistem transfer. Perkembangan sistem pembayaran melalui transfer ini digemari oleh banyak orang. Sehingga, hal itu mendorong setiap institusi perbankan untuk melakukan inovasi dengan membuat sistem m-banking dan e-banking di Indonesia. Transaksi m-banking dan i-banking melonjak tinggi karena masyarakat mulai beralih menggunakan metode pembayaran tersebut.

Sistem pembayaran elektronik diawali dengan berevolusinya Payment cards menjadi ┬Če-money atau uang elektronik. Metode pembayaran ini lebih disukai oleh banyak orang karena lebih mudah dan praktis. Mekanisme uang elektronik menggunakan media berupa server atau chip untuk menyimpan uang secara elektronik. Saat ini, ada banyak fintech yang menyediakan sistem pembayaran secara elektronik. Dengan menyediakan berbagai macam layanan dan fitur serta dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi. Saat ini, semua transaksi penjualan dan pembelian lebih dimudahkan dalam proses pembayaran melalui payment gateway.

Payment Gateway adalah sistem teknologi yang dapat mentransfer dan mengotorisasi proses pembayaran dari pelanggan kepada penjual. Payment Gateway membalidasi data pelanggan dengan aman serta memastikan ketersediaan dana untuk dikirimkan kepada penjual. Payment Gateway berfungsi sebagai perantara antara pelanggan dan pedagang, memastikan transaksi dilakukan dengan aman dan tepat waktu. Payment Gateway online dapat menyederhanakan cara pedagang dalam mengintegrasikan perangkat lunak yang diperlukan. Berikut adalah proses yang terjadi saat menggunakan payment gateway pada transaksi jual beli
1. Calon customer memilih produk dan memilih jenis pembayaran melalui payment gateway
2. Payment gateway lanjutkan info pembayaran customer ke payment processor dari bank Customer.
3. Payment processor melanjutkan info transaksinya ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai
4. Selanjutnya, bank terkait akan mendapat permintaan itu dan mengirimkan balasannya ke processor dengan menggunakan kode khusus sekaligus memberikan konfirmasi apakah transaksi itu dinyatakan berhasil ataukah gagal.
5. Payment processor mengirim pesan tersebut ke payment gateway dan dilanjutkan ke website / situs bahwa transaksi bisa dinyatakan berhasil.

Selain itu, keuntungan dari penggunaan payment gateway adalah sebagai berikut :
1. Pelanggan dapat berbelanja online dengan mudah dan aman
2. Pelanggan dapat melakukan pembayaran secara langsung bayar tanpa harus membuka website lagi untuk melihat rincian harga dan produk kembali.
3. Payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
4. Penjual tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway memungkinkan penjual untuk menerima pembayaran dari berbagai rekening bank
5. Penjual dapat memeriksa pembayaran yang masuk baik dengan kartu kredit maupun debit dengan lebih mudah
6. Penjual dapat memproses transaksi lebih cepat dan aman untuk transaksi dengan jumlah yang banyak karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang singkat.

Saat ini, banyak sekali penjual menyediakan sistem payment gateway untuk memudahkan pelanggannya dalam melakukan pembayaran. Bahkan, tak jarang dari mereka menggunakan sistem aplikasi kasir yang telah dilengkapi dengan fitur payment Gateway. Salah satu penyedia aplikasi kasir yang dilengkapi dengan fitur payment gateway adalah Omegasoft. Omegasoft merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai jenis sistem dan alat untuk membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda menjadi autopilot. Mulai dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft juga menyediakan perangkat lunak yang didukung oleh fitur CRM, seperti aplikasi Loyalty App. Loyalty App Omegasoft dapat menciptakan pelanggan yang setia untuk bisnis dengan ebih mudah. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #Bisnis

Leave a Reply