Penerapan Sistem Contactless Order pada Bisnis Kuliner


Bisnis kuliner telah berkembang dengan pesat. Berbagai inovasi pada bisnis kuliner pun semakin banyak Berbagai macam makanan dan minuman ditawarkan kepada pelanggan. Selain itu, perkembangan bisnis kuliner juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Berbagai macam alat maupun aplikasi digunakan untuk mendukung operasional bisnis kuliner. Salah satu contoh penggunaan teknologi dalam bisnis kuliner adalah sistem contactless order.

Sistem contactless order merupakan sistem yang memungkinkan pelanggan untuk melihat menu secara digital, kemudian memilih dan memesan menu tanpa perlu kontak dengan pelayan. Contactless order biasa digunakan oleh restoran-restoran. Sistem ini dapat digunakan untuk membuat proses pemesanan lebih cepat dan ringkas. Selain itu, pandemi COVID-19 juga menuntut masyarakat untuk menjaga jarak. Pelanggan pun mengharapkan adanya perubahan pada restoran untuk menyediakan langkah-langkah pemesanan yang aman bagi pelanggan. Restoran pun dituntut untuk mengikuti pedoman social distancing.

Apa kelebihan sistem contactless order ?

Meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan dan karyawan. Sistem contactless order dapat mengurangi resiko penularan virus. Pelanggan restoran dapat memesan dan membayar secara langsung melalui perangkat yang disediakan, dan otomatis terhubung dengan bagian dapur dan kasir. Sehingga, tidak diperlukan adanya kontak antara pelanggan dan karyawan, serta tidak perlu mendisinfeksi menu, tempat pembayaran dan tempat-tempat lain yang memungkinkan terjadinya kontak antar-manusia.

Menghemat waktu transaksi. Dengan menggunakan sistem contactless order, kerja staf restoran pun berkurang. Pelayan tidak perlu menunggu pelanggan ketika sedang memilih pesanan, selain itu, pelanggan pun tidak perlu menunggu antrean saat membayar tagihan di kasir. Semua proses transaksi pemesanan hingga pembayaran dapat dilakukan lebih cepat dan ringkas melalui sistem ini.

Sistem pembayaran yang aman. Perangkat ataupun aplikasi contactless order biasanya didukung oleh sistem payment gateway yang memudahkan pelanggan dalam proses pembayaran tagihan pesanan. Sistem payment gateway yang ada pada alat contactless order telah dirancang agar sistem pembayaran aman dan akurat.

Terintegrasi. Perangkat contactless order terintegrasi dengan sistem kasir maupun sistem yang ada di dapur. Selain itu, perangkat ini juga terintegrasi dengan sistem back office yang dapat memudahkan proses pencatatan laporan maupun penghitungan stok secara otomatis.

Berbagai keuntungan dapat diperoleh dengan menggunakan sistem contactless order. Salah satu penyedia perangkat contactless order adalah Omegasoft. Omegasoft menyediakan aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omgasoft menyediakan perangkat contactless order yang cocok digunakan oleh bisnis restoran. Perangkat tersebut diletakkan pada meja, sehingga pelanggan dapat memesan secara langsung melalui perangkat tersebut. Pesanan akan masuk secara otomatis ke sistem yang ada di dapur dan juga kasir. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola bisnis kapanpun dan dimanapun. Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia

Leave a Reply