Perubahan Tarif PPN menjadi 11% Mulai April 2022


Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan pungutan yang dibebankan pada transaksi jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan usaha yang memiliki status Pengusaha Kena Pajak (PKP). Pada tanggal 29 Oktober 2021, Presiden Republik Indonesia meresmikan peraturan baru mengenai tariff PPN yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Pemerintah Indonesia resmi menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 (sepuluh) persen menjadi 11 (sebelas) persen yang mulai berlaku pada 1 April 2022 dan sebesar 12 (dua belas) persen yang mulai berlaku paling lambat pada 1 Januari 2025.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang masi rendah, menutup celah praktik-praktik erosi perpajakan, instrumen untuk mewujudkan keadilan, serta memberikan kepastian hukum dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan, serta memperbaiki sistem perpajakan Indonesia. Perubahan peraturan mengenai Pajak Pertambahan Nilai didasarkan pada pertimbangan pada kondisi ekonomi Indonesia yang semakin membaik.

Pemerintah Indonesia memberikan pengecualian dan fasilitas dalam pembebasan PPN bagi kebutuhan pokok dan sembako, jasa kesehatan dan jasa pendidikan, jasa keuangan dan jasa pelayanan sosial. Dengan adanya kenaikan Pajak Pertambahan Nilai ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia dan mencapai target menjadi negara maju di tahun 2045.

Para pemilik bisnis perlu memperhatikan adanya perubahan terhadap Pajak Pertambahan Nilai, khususnya bagi pemilik bisnis yang menggunakan program aplikasi untuk operasional bisnisnya, seperti aplikasi kasir dan aplikasi akuntansi. Salah satu aplikasi yang dilengkapi dengan adanya fitur Pajak Pertambahan Nilai adalah Omega POS dan Omega Accounting dari Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply