Simak Yuk ! Perbedaan Mesin Kasir Konvensional vs Software Kasir


Mesin kasir umumnya digunakan untuk menghitung transaksi penjualan dan mencatat jumlah uang yang diterima. Selain itu, mesin kasir juga dapat menghitung dan menambahkan pajak, menghasilkan tanda terima, dan menawarkan pelacakan penjualan dasar. Mesin kasir digunakan oleh berbagai macam bisnis, seperti retail, resto, jasa dan sebagainya. Pertama kali, mesin kasir ditemukan oleh James Ritty pada tahun 1879 untuk mencegah terhadinya pencurian karyawan. Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin kasir pun bertransformasi dengan teknologi digital. Mesin kasir modern memanfaatkan sistem perangkat lunak yang menawarkan berbagai macam fitur penjualan. Perangkat lunak kasir digital juga dikenal sebagai sistem POS (Point of Sales). Lalu apa perbedaan mesin kasir konvensional dan software kasir (Point of sales)?

Fleksibilitas
Mesin kasir konvensional memiliki bentuk yang tidak kecil. Sehingga mesin kasir konvensional diletakkan di tempat tertentu dan tidak dapat dipindah-pindahkan. Sedangkan software kasir (Point of Sales) dapat diakses melalui tablet ataupun telepon selular, sehingga dapat dipindahkan dengan mudah dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk meletakkannya.

Kelengkapan Fitur
Pada umumnya, mesin kasir konvensional hanya dapat digunakan untuk menghitung transaksi penjualan serta menghitnng pendapatan per harinya. Sedangkan software Point of Sales memiliki fitur yang lebih lengkap. Software kasir ini memanfaatkan teknologi digital sehingga mampu menyimpan informasi yang lebih banyak. Selain itu, software kasir pun dapat memberikan informasi mengenai stok barang, penjualan harian, bulanan hingga tahunan. Software kasir pun dapat memudahkan pemilik bisnis untuk mendapatkan laporan keuangan dengan mudah dan cepat.

Kompatibilitas
Mesin kasir konvensional tidak dapat dihubungkan dengan perangkat lain. Sedangkan software kasir dapat dihubungkan dengan perangkat lain, misalnya barcode scanner. Dengan terhubungnya software kasir dengan barcode scanner, karyawan tidak perlu memasukkan kode barang satu per satu. Sehingga, software kaisr memungkinkan transaksi pelanggan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Harga
Harga mesin kasir konvensional lebih murah dibandingkan dengan software kasir. Walaupun harga software kasir lebih mahal, fitur-fitur yang dimilikinya pun dapat membantu pencatatan transaksi dari segala macam bisnis dengan lebih cepat, mudah dan akurat.

Salah satu penyedia aplikasi point of sales yang dapat digunakan oleh berbagai macam jenis bisnis adalah Omega POS. Omega POS dirancang oleh perusahaan Omegasoft. Omegasoft menyediakan aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia

Leave a Reply