Strategi Bisnis Hampers Lebaran


Bisnis hampers menjadi bisnis yang cukup menjanjikan jelang Lebaran. Momen ini dijadikan sebagai salah satu kesempatan untuk memulai suatu bisnis. Hampers menjadi salah satu budaya masyarakat Indonesia. Hampir setiap perayaan hari raya keagamaan maupun hari besar, hampers dan parcel akan menjadi hadiah pengganti ucapan selamat maupun terima kasih kepada orang-orang spesial. Memulai bisnis hampers tidak membutuhkan modal yang besar karena berbagai macam produk dapat digunakan untuk bisnis hampers, misalnya makanan dan minuman kemasan, jilbab, mukenah, produk kesehatan, baju dan sebagainya. Penjual juga dapat menerapkan sistem pre-order (PO) untuk memudahkan penjual dalam pembuatan hampers tersebut. Berikut adalah strategi dalam memulai bisnis hampers,

Menyiapkan Modal Bisnis
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan jumlah modal untuk bisnis hampers. Misalnya, penjual ingin menentukan modal untuk sebuah hampers sebesar Rp. 75.000, yang terdiri dari produk, kemasan, kartu ucapan, jasa pembuatan dan sebagainya. Sehingga dengan jumlah modal tersebut, penjual dapat menentukan harga jual untuk sebuah hampers yang disesuaikan dengan tingkat kerumitan pembuatan hampers.

Mencari Supplier yang Tepat
Penjual perlu mencari supplier yang menjual produk isi hampers dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Hal ini dilakukan untuk menekan modal yang dikeluarkan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Apabila penjual memiliki modal yang terbatas, maka penjual dapat memilih supplier yang memberikan fasilitas pembayaran secara bertahap. Sehingga, arus keuangan tidak akan terganggu.

Mempelajari Teknik Pengemasan
Sebelum memulai bisnis hampers, pastinya penjual harus mempelajari teknik pengemasan, merangkai hingga menghias. Teknik ini dapat dipelajari melalui buku, internet, atau pelatihan-pelatihan pada platform tertentu. Hasil dari pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan kemampuan dan kreativitas sehingga menghasilkan hampers yang menarik.

Melakukan Promosi dan Pemasaran
Dalam memulai pemasaran bisnis hampers, penjual dapat memberikan promo menarik untuk calon pembeli. Penjual juga perlu memahami strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan. Penjual dapat memasarkannya melalui media sosial, marketplace, bahkan secara offline dengan menawarkan kepada kerabat terdekat.

Kunci dari kesuksesan sebuah bisnis adalah jangan pernah berhenti untuk berinovasi. Ciptakan ide-ide kreatif dan berikan yang terbaik kepada pelanggan. Ketika sebuah bisnis hampers menjadi semakin besar, maka diperlukan aplikasi untuk membantu dalam mengelola sebuah bisnis, misalnya software kasir POS dan akuntansi. Salah satu perusahaan pengembang software kasir POS dan akuntansi adalah Omegasoft. Omegasoft adalah aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu dalam menjalankan setiap aspek dari bisnis. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah pengelolaan cabang-cabang toko dari mana pun dan kapan pun. Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis secara real-time dan mudah. Sehingga, pemilik bisnis dapat memperoleh insight bisnis yang lebih dalam.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply