Tahukah Anda, Apa itu strategi 4P?


Strategi pemasaran menjadi hal yang penting dilakukan dalam usaha mengembangkan bisnis. Kegiatan pemasaran menjadi salah satu kunci yang menentukan keberhasilan dari suatu bisnis. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan produk beserta manfaat dan keunggulannya kepada masyarakat luas. Selain itu, kegiatan pemasaran juga bertujuan untuk menarik perhatian orang agar mencari tahu lebih banyak informasi yang berkaitan dengan suatu produk. Semua jenis bisnis dengan berbagai skala pasti memiliki strategi pemasaran yang disusun untuk mencapai tujuan bisnis. Salah satu strategi pemasaran yang sering kita ketahui adalah strategi pemasaran 4P.

Strategi pemasaran 4P atau juga dikenal dengan marketing mix (pemasaran bauran) merupakan strategi yang dijadikan dasar atau patokan dalam menjalankan bisnis. Elemen-elemen dalam strategi pemasaran 4P saling berkaitan dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis. Adapun elemen dalam strategi pemasan 4P adalah

Product (Produk)
Produk menjadi elemen utama dalam strategi pemasaran 4P. Hal ini dikarenakan bahwa produk menjadi hal utama dalam kegiatan pemasaran, baik produk yang berbentuk barang maupun jasa. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk menarik minat pelanggan melalui perkenalan produk. Produk bukan hanya berkaitan dengan wujud dan bentuknya saja, namun juga merujuk pada fitur, manfaat serta keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut. Terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan produk dalam strategi pemasaran 4P, di antaranya adalah
• Merk
• Fitur
• Nama merk
• Variasi produk
• Kualitas
• Jasa
• Pengemasan, dll

Price (Harga)
Harga merupakan sebuah nilai yang harus dibayar oleh pelanggan untu memperoleh produk dari suatu perusahaan. Elemen ini menjadi salah satu komponen penghasil pendapatan perusahaan. Sehingga, perusahaan perlu mempertimbangkan dengan hati-hati dalam menentukan harga dari suatu produk. Sesuaikan harga produk dengan kualitas dan manfaat yang dimiliki oleh produk tersebut. Apabila Anda memberikan harga tinggi, namun kualitas dan manfaat produk rendah, maka pelanggan akan enggan membeli produk Anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap brand yang Anda miliki. Terdapat beberapa hal dalam strategi pemasaran 4P yang perlu diperhatikan dalam penetapan harga produk, yaitu
• Strategi penetapan harga
• Manfaat
• Diskon
• Periode pembayaran
• Kebijakan kredit

Place (Tempat)
Tempat atau lokasi juga menjadi salah satu faktor penentu dari kemajuan bisnis. Pemilik bisnis perlu memilih lokasi strategis dengan tepat dan benar. Hal ini bertujuan agar dapat menarik lebih banyak pelanggan. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, sering dilalui masyarakat dan mudah dijangkau.

Promotion (Promosi)
Promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk barang maupun jasa kepada masyarakat. Apabila Anda mampu menerapkan strategi pemasaran 4p dengan baik, maka penjualan dapat meningkat. Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, kegiatan promosi pun makin mudah dilakukan. Anda dapat melakukan kegiatan promosi melalui social media, seperti facebook, Instagram maupun memasang iklan. Terdapat beberapa hal dalam elemen promosi strategi pemasaran 4P yang perlu diperhatikan, yaitu
• Periklanan
• Penjualan
• Hubungan Masyarakat
• Pemasaran langsung
• Publikasi (sosial media)

Selain kegiatan pemasaran, pemilik bisnis juga perlu memperhatikan unsur-unsur yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis. Salah satu cara meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis adalah memanfaatkan software accounting. Software accounting dapat memudahkan proses pencatatan laporan keuangan dengan lebih cepat, tepat dan akurat. Salah satu perusahaan yang mengembangkan software accounting dengan fitur lengkap adalah Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Aplikasi kasir dan accounting Omegasoft dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu proses pencatatan berbagai macam promo. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply