Yuk Kenali, Konsep Bisnis “Ghost Kitchen”


Bisnis kuliner mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bisnis kuliner diminati oleh banyak orang karena dianggap sebagai bisnis yang mudah dimulai dan mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis kuliner dapat dimulai dari skala kecil hingga besar. Bisnis kuliner merambah ke berbagai macam tempat, mulai pasar tradisional, kaki lima, pinggir jalan, restoran, food court maupun supermarket. Bisnis kuliner menawarkan berbagai macam produk, seperti minuman, makanan ringan, lauk pauk, cemilan dan sebagainya. Akhir-akhir ini, dunia bisnis kuliner memiliki konsep baru, yaitu ghost kitchen.

Ghost kitchen dikenal dengan berbagai nama lain, seperti dark kitchen, dapur virtual, dapur hantu, dapur bayangan dan sebagainya. Pada dasarnya, ghost kitchen merupakan model bisnis kuliner yang hanya menawarkan makanan dan minuman dengan fasilitas pesan antar. Sehingga, ghost kitchen tidak memiliki restoran dalam bentuk fisik. Ghost kitchen hanyalah restoran berbentuk virtual. Pelanggan membeli makanan dan minuman secara online, kemudian penjual menyiapkan pesanan dan mengantarnya ke alamat yang disebutkan oleh pelanggan. Terdapat beberapa jenis ghost kitchen, yaitu

Inkubator (Pop-up Kitchen) merupakan sebuah ruang yang berada pada bangunan restoran, namun hanya digunakan untuk melayani pesanan dan pengiriman secara online

Dapur Bersama (Commissary) merupakan sebuah ruang yang digunakan sebagai dapur bersama dari beberapa restoran online. Dapur bersama dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan dan pengiriman pesanan secara online.

Kitchen Pods merupakan dapur virtual yang menggunakan kontainer sebagai ruangnya. Biasanya, kitchen pods ditempatkan pada sekitar restoran.

Konsep ghost kitchen menawarkan berbagai keuntungan untuk pemilik bisnis, di antaranya adalah,

Bersifat Fleksibel
Bisnis kuliner dengan konsep ghost kitchen memiliki sifat yang fleksibel. Pemilik bisnis dapat membuat dan menciptakan inovasi-inovasi produk makanan dan minuman kapan pun waktunya. Hal ini dikarenakan bahwa konsep ghost kitchen hanya melayani pemesanan secara online, sehingga pemilik bisnis dapat menambahkan menu-menu baru yang diinginkan oleh pelanggan. Pemilik bisnis juga dapat menawarkan produk-produk yang sedang tren di masyarakat.

Menghemat Biaya Operasional
Konsep ghost kitchen dianggap sebagai bisnis yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya operasional. Pemilik bisnis dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih hemat. Hal ini dikarenakan bahwa bisnis kuliner dengan konsep ghost kitchen tidak membutuhkan banyak karyawan untuk melayani pelanggan. Karyawan yang dibutuhkan oleh ghost restaurant adalah juru masak, manajemen dan kurir. Ghost restaurant tidak membutuhkan pelayan atau pun kasir untuk melayani pelanggan. Selain itu, pemilik bisnis juga tidak perlu menyewa tempat besar sebagai tempat makan para pelanggan. Pemilik bisnis hanya perlu menyiapkan fasilitas dan perlengkapan untuk menyiapkan pesanan dari pelanggan secara online.

Mengoptimalkan Fungsi Dapur
Konsep ghost kitchen memungkinkan pemilik bisnis untuk mengoptimalkan fungsi dapur, karena tidak memerlukan ruang lain yang digunakan untuk pelanggan makan di tempat. Pemilik bisnis dapat memaksimalkan ruang agar menjadi dapur dengan perlengkapan dan peralatan yang lengkap agar dapat memberikan produk makanan dan minuman yang berkualitas bagi pelanggan. Pemilik bisnis dapat memberikan infrastruktur yang lengkap demi kebersihan, kenyamanan dan keamanan di dapur.

Berbagai keuntungan ditawarkan oleh bisnis kuliner dengan konsep ghost kitchen. Namun, dalam menjalankan bisnis, pemilik bisnis juga perlu memperhatikan proses pencatatan laporan yang berkaitan dengan bisnis, baik stok, pembelian, penjualan, hingga keuangan. Proses pencatatan pada bisnis kuliner dengan konsep ghost kitchen juga dapat memanfaatkan aplikasi kasir dan accounting. Walaupun tidak memberikan pelayanan makan di tempat, pemilik bisnis juga perlu melakukan pencatatan terhadap penjualan pada bisnis yang dimiliki. Salah satu contoh aplikasi kasir dan accounting adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply