Yuk Kenali, Perbedaan Soft-Selling dan Hard-Selling


Pemasaran menjadi salah satu kegiatan yang memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis. Setiap bisnis akan berusaha untuk memperkenalkan brand dan produk yang dimiliki agar dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan-kegiatan promosi dilakukan untuk menarik minat dan perhatian dari masyarakat. Terdapat berbagai macam metode dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu bisnis agar dapat mencapai tujuan bisnis dan target sasaran. Metode pemasaran yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah metode soft-selling dan hard-selling.

Apa itu metode soft-selling dan hard-selling?

Soft-selling
Soft-selling merupakan salah satu metode pemasaran dengan melakukan penjualan yang menggunakan cara dan Bahasa yang cenderung halus. Metode ini bertujuan untuk menarik minat pelanggan melalui penawaran yang lebih lengkap. Metode pemasaran ini dilakukan dengan pendekatan halus dan tidak terburu-buru. Sehingga pelanggan tidak merasa harus melakukan transaksi pembelian di waktu yang sama.

Hard-selling
Hard Selling merupakan salah satu metode pemasaran dengan melakukan penjualan secara langsung dan terbuka. Metode ini bertujuan menarik pelanggan untuk langsung melakukan transaksi pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Metode hard-selling dianggap sebagai metode pemasaran yang agresif karena proses pemasaran dilakukan dengan pendekatan langsung tanpa basa-basi kepada pelanggan. Namun, metode hard-selling cukup efektif untuk beberapa kondisi.

Lalu, apa perbedaan metode soft-selling dan hard-selling?

Jangka Waktu Penjualan
Hal pertama yang membedakan soft selling dengan hard selling adalah jangka waktu penjualan. Metode pemasaran hard selling memiliki jangka waktu penjualan yang pendek karena metode ini menggunakan pendekatan langsung dan tanpa basa basi, sehingga konsumen langsung diminta untuk melakukan transaksi pembelian di waktu yang sama. Sebaliknya, metode pemasaran soft selling memiliki jangka waktu penjualan yang panjang karena metode ini bukan hanya bertujuan untuk menjual produk, namun juga berusaha untuk memperluas jangkauan konsumen. Menurut penelitian, metode soft selling menjadi metode yang lebih diminati oleh konsumen dibandingkan dengan metode hard selling.

Ketertarikan Konsumen
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, lebih tertarik pada penawaran barang apabila dilakukan pendekatan dengan metode soft selling. Konsumen menjadi penasaran terhadap produk yang ditawarkan, sehingga konsumen akan mencari-cari informasi mengenai produk tersebut. Metode pemasaran soft selling biasa digunakan oleh suatu brand atau perusahaan untuk membangun ikatan antara perusahaan dengan konsumen. Sedangkan metode pemasaran hard selling juga mampu menarik minat konsumen, namun rentang waktunya relatif lebih singkat. Konsumen tidak memiliki kesempatan untuk melakukan eksplorasi atau pun mencari informasi lebih lengkap terhadap produk yang dijual. Sehingga, ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut juga berlangsung lebih singkat.

Bidang Industri
Setiap perusahaan memiliki hak untuk menentkan metode pemasaran apa yang ingin digunakan, hard selling atau soft selling? Perusahaan juga dapat menggunakan kedua metode tersebut secara sekaligus. Bahkan, ada beberapa bidang industri yang menggunakan metode pemasaran yang sama secara terus menerus. Perusahaan dapat memilih metode pemasaran sesuai denga tujuan yang ingin dicapai.

Selain metode pemasaran, pemilik bisnis juga perlu memperhatikan unsur-unsur lain yang dapat membantu proses pencapaian tujuan perusahaan dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis. Salah satu cara meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis adalah memanfaatkan software accounting. Software accounting dapat memudahkan proses pencatatan laporan keuangan dengan lebih cepat, tepat dan akurat. Salah satu perusahaan yang mengembangkan software accounting dengan fitur lengkap adalah Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Aplikasi kasir dan accounting Omegasoft dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu proses pencatatan berbagai macam promo. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply