SYARAT DAN KETENTUAN

 

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur mekanisme penggunaan Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, yang merupakan milik yang sah secara hukum dari PT. Enkripsi Lintasnusa Verizon (selanjutnya disebut sebagai “PT. ELSA“). Sebelum mengakses, menggunakan dan/atau mendaftar fitur (feature) layanan yang terdapat di Situs (Website) tersebut, Pengguna (User) berkewajiban untuk mempelajari Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama, karena dengan mengakses, menggunakan dan/atau mendaftar fitur (feature) layanan yang terdapat di Situs (Website) tersebut, Pengguna (User) dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyepakati semua ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, oleh karenanya Syarat dan Ketentuan merupakan kesepakatan antara PT. ELSA dengan Pengguna (User), dalam kondisi Pengguna (User) tidak menyetujui sebagian atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna (User) tidak diperkenankan atau dilarang mengakses, menggunakan dan/atau mendaftar fitur (feature) layanan yang terdapat di Situs (Website) tersebut.

                                                                             

1.           DEFINISI DAN INTERPRETASI

 

Dalam Syarat dan Ketentuan ini, kecuali konteksnya menyatakan lain, setiap istilah dan ungkapan berikut ini akan memiliki arti yang diberikan kepadanya dalam bagian ini.

 

1.1.    Afiliasi” berarti seluruh bentuk hubungan vertikal dan/atau horisontal berdasarkan norma sosial kemasyarkatan atau seluruh bentuk ikatan yang dilakukan baik secara langsung dan/atau tidak langsung antara Subyek Hukum dengan Subyek(-Subyek) Hukum lainnya berdasarkan hukum.

 

1.2. Antarmuka” atau “Interface” berarti mekanisme pengiriman dan/atau penerimaan Informasi Elektronik antara pengguna (user) melalui Komputer dengan menggunakan suatu Sistem Elektronik.

 

1.3. Badan Usaha” berarti perusahaan perseorangan atau perusahaan persekutuan, baik yang berbadan hukum atau yang tidak berbadan hukum.

 

1.4. Dokumen Elektronik” berarti setiap Informasi Elektronik yang dibuat, diteruskan, dikirimkan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optikal, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui Komputer atau Sistem Elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol atau perforasi yang memiliki makna atau arti atau dapat dipahami oleh Subyek Hukum yang mampu memahaminya.

 

1.5. Informasi Elektronik” berarti satu atau sekumpulan data, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto elektronik, data intercharge atau EDI, surat elektronik atau electronic mail, telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses atau Kata Sandi (password), simbol atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh Subyek Hukum yang mampu memahaminya.

 

1.6. Internet” atau “Interconnected Networking” berartijaringan Komputer yang saling terhubung antara satu Komputer dengan Komputer lainnya, membentuk suatu jaringan Komputer di seluruh dunia, sehingga para pengguna Komputer dapat saling berinteraksi, termasuk namun tidak terbatas para berkorespondensi, mengirim dan menerima Informasi Elektronik dan lain-lain.

 

1.7. Hak Ekonomi” berarti hak eksklusif pencipta atau pemegang Hak Kekayaan Intelektual untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaan berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

 

1.8. Hari Kerja” berarti hari (selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional) di mana bank di Indonesia, terbuka untuk transaksi perbankan normal.

 

1.9. Hak Cipta” berarti hak eksklusif Pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

1.10. Hak Kekayaan Intelektual” atau “Intelectual Property Rights” berarti seluruh hak paten, hak merek, Hak Cipta, hak desain industri, hak desain tata letak sirkuit, rahasia dagang, Piranti Lunak, hasil karya, desain, ilustrasi, metode, teknik proses, prosedur, baik yang terdaftar atau tidak terdaftar di lembaga pemerintahan Negara Republik Indonesia, baik dalam bentuk cetak, audio dan/atau video yang diciptakan atau dimodifikasi oleh pemilik yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan peraturan organisasi internasional World Intellectual Property Organization (WIPO).

 

1.11. Hak Moral” berarti hak yang melekat pada diri pencipta yang tidak dapat dihilangkan atau dihapus dengan alasan apapun, walaupun Hak Kekayaan Intelektual atau hak terkait telah dialihkan.

 

1.12. Internet Banking” berarti aktifitas perbankan daring (online) yang dilakukan oleh konsumen dari suatu bank melalui Situs (Website) bank tempat konsumen sebagai nasabah.

 

1.13.  Internet” atau “Interconnected Networking” berartijaringan Komputer yang saling terhubung antara satu Komputer dengan Komputer lainnya, membentuk suatu jaringan Komputer di seluruh dunia, sehingga para pengguna Komputer dapat saling berinteraksi, termasuk namun tidak terbatas para berkorespondensi, mengirim dan menerima Informasi Elektronik dan lain-lain.

 

1.14.  Jaringan Sistem Elektronik” berarti terhubungnya dua Sistem Elektronik atau lebih, yang bersifat tertutup ataupun terbuka.

 

1.15.  Keadaan Kahar” atau “Force Majure” berarti suatu keadaan atau peristiwa yang tidak dapat dikendalikan secara wajar, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang mempengaruhi pihak yang mengalami Keadaan Kahar (Force Majure) namun hanya jika dan sepanjang dimana (i) keadaan atau peristiwa tersebut, terlepas dari penanganan yang wajar, tidak dapat dicegah, dihindari atau disingkirkan oleh pihak tersebut, dan (ii) pihak tersebut telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang wajar dalam rangka menghindari dampak dari keadaan atau peristiwa tersebut sesuai dengan kemampuan pihak tersebut untuk melaksanakan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini, dimana keadaan atau peristiwa tersebut akan termasuk namun tidak terbatas pada, perang (baik yang dinyatakan maupun tidak), embargo, pemberontakan, kekacauan sipil, kerusuhan, aksi militer, badai, kebakaran, banjir, tsunami, gempa gumi, tanah longsor, letusan gunung berapi, angin ribut, wabah penyakit, tindakan terorisme, ledakan, sabotase, kekerasan, pemogokan atau aksi perburuhan, kekacauan dan perubahan atas kebijakan, peraturan perundang-undangan atau maksud dan tujuan pemerintah Republik Indonesia.

 

1.16.  Kode Akses” atau “Password” berarti angka, huruf, simbol, karakter lainnya atau kombinasi di antaranya, yang merupakan kunci untuk dapat mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik lainnya.

 

1.17.  Kode Sumber” atau “Source Code” berarti suatu rangkaian perintah, pernyataan, dan/atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman Komputer yang dapat dibaca dan dipahami orang.

 

1.18.  Komputasi Awan” atau “Cloud Computing” berarti pemanfaatanteknologi Komputer dan pengembangan teknologi berbasisInternet yang diintegrasikan dengan Sistem Elektronik.

 

1.19.  Komputer” dan “Gawai” atau “Gaget” berarti rangkaian Perangkat Keras (hardware) dan Piranti Kunak (Software) yang memproses data elektronik, magnetik, optik, atau sistem yang melaksanakan fungsi logika, aritmatika, dan penyimpanan.

 

1.20.  Pekerja” berarti setiap dan/atau beberapa Subyek Hukum yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk apapun, berdasarkan hubungan kerja baik secara langsung dan/atau tidak langsung dengan pemberi kerja dan/atau Afiliasi pemberi kerja.

 

1.21.  Peladen” atau “Server” berarti Sistem Elektronik yang terintegrasi dengan koneksi Internet untuk mengirim dan/atau menerima Informasi Elektronik dari atau ke pengguna dan/atau dari atau ke pemilik Paladen (Server) dan/atau Piranti Lunak (Software) melalui Komputer.

 

1.22.  Pemegang Hak Cipta” berarti Pencipta suatu ciptaan, pemegang Hak Cipta, pihak yang menerima hak tersebut secara sah dari Pencipta atau pihak yang menerima hak dari pihak yang menerima hak tersebut secara sah.

 

1.23.  Pencipta” berarti seorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama menghasilkan suatu ciptaan yang bersifat khas dan pribadi.

 

1.24.  Pengelola” atau “Administrator” berarti pihak yang mengelola seluruh prosedur elektronik agar Sistem Elektronik dapat berfungsi untuk mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan Informasi Elektronik.

 

1.25.  Pengguna” atau “User” berarti Subyek Hukum yang menggunakan produk milik PT. ELSA berupa Piranti Lunak (Software), penyewaan Piranti Lunak (Software), layanan penyimpanan Dokumen Elektronik melalui Peladen (Server) dan/atau layanan Komputasi Awan (Cloud Computing), mengakses, menggunakan dan/atau mendaftar fitur (feature) yang terdapat di Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com.

 

1.26.  Perangkat Keras” atau “Hardware” berarti rangkaian komponen elektronik untuk mendukung fungsi Komputer.

 

1.27.  Periode Pembayaran Tagihan” berarti jangka waktu selama 7 (tujuh) hari kalender terhitung sejak tanggal penerbitan surat tagihan (invoice) bagi Pengguna (User) untuk melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan layanan Produk berdasarkan surat tagihan (invoice) yang disampaikan oleh PT. ELSA baik dalam bentuk fisik (hard copy) dan/atau Dokumen Elektronik (soft copy) dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service).

 

1.28.  Piranti Lunak” atau “Software” atau “Program Komputer” berarti seperangkat instruksi yang diekspresikan dalam bentuk bahasa, kode, skema, atau dalam bentuk apapun yang ditujukan agar Komputer bekerja melakukan fungsi tertenu atau untuk mencapai hasil tertentu.

 

1.29.  Produk” berarti layanan penyimpanan Dokumen Elektronik melalui Peladen (Server) dan/atau layanan Komputasi Awan (Cloud Computing) milik PT. ELSA dengan merek dagang ALTIUS, CITIUS dan OMEGA.

 

1.30.  Rupiah” atau “Rp.” atau “IDR” berarti mata uang yang sah Negara Republik Indonesia.

 

1.31.  Sistem Elektronik” berarti serangkaian perangkat keras (Software) dan perangkat lunak (Software) serta prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan Informasi Elektronik.

 

1.32.  Situs” atau “Website” berarti serangkaian Informasi Elektronik yang diakses melalui Internet dan ditampilkan dalam wujud halaman, kemudian masing-masing halaman terkait satu dengan lainnya membentuk rangkaian jaringan-jaringan halaman (hyperlink) baik yang bersifat statis atau dinamis.

 

1.33.  Software as a Service” atau “Saas” berarti salah satu layanan Komputasi Awan (Cloud Computing) yang dikelolah oleh administrator SaaS, dengan tujuan untuk menyediakan akses penggunaan perangkat lunak (Software) dan aplikasi (application) kepada Pengguna (User) Produk.

 

1.34.  Subyek Hukum” berarti individu perseorangan atau badan hukum yang berkedudukan baik di dalam dan/atau di luar wilayah Negara Republik Indonesia berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan/atau konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta Internasional yang berlaku dan diterima oleh masyarakat dan/atau lembaga-lembaga internasional.

 

1.35.  United States Dollar” atau “USD.” berarti mata uang yang sah Negara Amerika Serikat.

 

1.36.  Virtual Account” berarti nomor indentifikasi pengguna yang dibuat secara eksklusif untuk masing-masing pengguna oleh bank penerima pembayaran atas penggunaan layanan Produk, kemudian nomor indentifikasi pengguna diberikan kepada Pengguna (User) langganan layanan Produk sebagai indentifikasi besaran jumlah tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk dan notifikasi kepada PT. ELSA bahwa Pengguna (User) langganan layanan Produk telah melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk serta uang telah diterima di rekening bank PT. ELSA.

           

2.  KETENTUAN UMUM

 

2.1.  PT. ELSA adalah suatu perseroan terbatas yang bergerak dibidang jasa penyewaan Piranti Lunak (Software), layanan penyimpanan Dokumen Elektronik melalui Peladen (Server) dan/atau layanan Komputasi Awan (Cloud Computing); dan Pengguna (User) adalah Subyek Hukum yang menggunakan jasa penyewaan Piranti Lunak (Software), penyimpanan Dokumen Elektronik melalui Peladen (Server) dan/atau layanan Komputasi Awan (Cloud Computing) milik PT. ELSA.

 

2.2.  Pengguna (User) dilarang untuk mengakses dan/atau menggunakan Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com untuk maksud dan tujuan yang bertentangan baik secara langsung dan/atau tidak langsung dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan World Intellectual Property Organization (WIPO), termasuk pada konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta international yang berlaku dan diterima oleh masyarkat internasional; dan/atau norma-norma kemasyarakatan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.

 

2.3.  Pengguna (User) secara eksklusif bertanggung-jawab penuh baik secara pidana maupun perdata atas penggunaan Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, termasuk namun tidak terbatas pada sebagian atau seluruh konten Dokumen Elektronik yang diunggah (uploaded) ke dan diunduh (downloaded) dari Peladen (Server) oleh Pengguna (User), serta membebaskan semua pihak(-pihak) yang merasa dirugikan dan menanggung setiap kerugian, biaya, klaim dari pihak(-pihak) lain, atau pengeluaran yang timbul atau yang diajukan untuk dikenakan kepada pihak(-pihak) yang merasa dirugikan sebagai akibat dari atau dengan dilakukannya atau sehubungan dengan setiap tindakan atau segala sesuatu yang dilakukan atau menyebabkan untuk dilakukan oleh pihak(-pihak) yang merasa dirugikan dan/atau akibat-akibatnya, baik sekarang dan/atau selama-lamanya.

 

2.4.  Pengguna (User) yang menggunakan produk PT. ELSA, wajib untuk tunduk dan patuh terhadap Syarat dan Ketentuan ini tanpa syarat, peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, World Intellectual Property Organization (WIPO), termasuk pada konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta international yang berlaku dan diterima oleh masyarkat internasional; dan/atau norma-norma kemasyarakatan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.

 

2.5.  Pengguna (User) tidak diperbolehkan untuk mengunggah (upload) dan/atau mengunduh (download) suatu Dokumen Elektronik yang menurut sifat dasarnya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, World Intellectual Property Organization (WIPO), termasuk pada konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta international yang berlaku dan diterima oleh masyarkat internasional; dan/atau norma-norma kemasyarakatan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.

 

2.6.  PT. ELSA dan Pengguna (User) menyatakan bahwa segala bentuk kesepakatan berkenaan dengan penggunaan layanan Produk, baik yang telah ada dan/atau yang akan ada dikemudian hari, kemudian baik tertulis dan/atau tidak tertulis berdasarkan ketentuan perundang-undangan Republik Indonesia antara PT. ELSA dengan Pengguna (User), merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

 

3.  PEMBAYARAN LANGGANAN LAYANAN PRODUK DAN METODE PEMBAYARAN

 

3.1  Seluruh pembayaran atas penggunaan langganan layanan Produk, dilaksanakan dengan menggunakan mata uang United States Dollar yang dikonversikan ke mata uang Rupiah dengan menggunakan nilai tukar jual United States Dollar ke Rupiah dari bank PT. ELSA pada saat tanggal pembayaran diterima.

 

3.2  Harga penggunaan langganan layanan Produk, belum termasuk: (i) pajak yang sesuai dengan ketentuan perpajakan Republik Indonesia; (ii) pengeluaran-pengeluaran terkait, termasuk namun tidak terbatas pada, komunikasi jarak jauh atau interlokal, faksimili, fotokopi, korespondensi surat-menyurat, penginapan, akomodasi(-akomodasi), transportasi, dan bea materai(-materai); dan (iii) jika diperlukan, biaya jasa dari bidang profesi lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada, biaya notaris, konsultan hak kekayaan intelektual, konsultan hukum, konsultan pajak, konsultan keuangan, konsultan penilai aset dan lain-lain.     

 

3.3  Dalam kondisi terjadi kenaikan harga penggunaan langganan layanan Produk, maka PT. ELSA akan menginformasikan hal tersebut kepada Pengguna (User) dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) selambat-lambatnya 45 (empat puluh lima) hari kalender sebelum penerbitan surat tagihan (invoice) yang memuat harga baru langganan penggunaan layanan Produk.

 

3.4  Dalam kondisi Pengguna (User) tidak memberikan tanggapan dalam bentuk tertulis, terhadap pemberitahuan kenaikan harga langganan penggunaan layanan Produk, maka tindakan tersebut dianggap sebagai persetujuan dari Pengguna (User) terhadap kenaikan harga langganan penggunaan layanan Produk dan dalam kondisi Pengguna (User) menyatakan penolakannya terhadap kenaikan harga baru langganan penggunaan layanan Produk, maka PT. ELSA dan Pengguna (User) sepakat untuk mengakhiri langganan penggunaan layanan Produk, kemudian Pengguna (User) berkewajiban melaksanakan seluruh kewajibannya yang belum dilaksanakannya kepada PT. ELSA dan/atau pihak(-pihak) terkait lainnya, untuk membayar seluruh kekurangan pembayaran atas penggunaan langganan layanan Produk dan pembayaran(-pembayaran) lain yang wajib sifatnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan Republik Indonesia.

 

3.5  Setiap tanggal 27 (dua puluh tujuh) bulan berjalan, PT. ELSA akan menerbitkan surat tagihan (invoice) yang dikirimkan baik dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dari alamat support@gbs-asia.com kepada Pengguna (User), yang berisi tentang besaran tagihan harga langganan penggunaan layanan Produk.

 

3.6  Dalam kondisi Pengguna (User) mulai berlangganan layanan Produk pada tengah atau akhir periode bulan berjalan, maka penghitungan tagihan kepada Pengguna (User) akan dilakukan secara proporsional menggunakan rumus jumlah hari penggunaan layanan produk dikalikan dengan besaran harga langganan layanan Produk per bulan dibagi dengan 30 (tiga puluh) hari.

 

3.7  Pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, wajib dilakukan oleh Pengguna (User) selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Kerja sebelum berakhirnya Periode Pembayaran Tagihan, kemudian keterlambatan Pengguna (User) untuk melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk berdasarkan surat tagihan (invoice) merupakan tanggung-jawab Pengguna (User) dan terdapat konsekuensi sebagai berikut:

 

3.7.1.  PT. ELSA menerbitkan surat penghentian sementara akses layanan Produk selambat-lambatnya 1 (satu) hari kalender setelah lewat Periode Pembayaran Tagihan, yang dikirimkan baik dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) dan berisi informasi kepada Pengguna (User) bahwa PT. ELSA menghentikan sementara akses layanan Produk dan konsekuensi pemusnahan terhadap seluruh Dokumen Elektronik yang diunggah (uploaded) oleh Pengguna (User) ke Peladen (Server) milik PT. ELSA.

 

3.7.2.  PT. ELSA menerbitkan surat pemutusan permanen akses layanan Produk selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender setelah diterbitkannya surat penghentian sementara akses layanan Produk, yang dikirimkan baik dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) dan berisi informasi kepada Pengguna (User) bahwa PT. ELSA telah memutus permanen akses layanan Produk dan menghapus nama pengguna (user name) Pengguna (User) dari sistem PT. ELSA serta memusnahkan seluruh Dokumen Elektronik yang diunggah (uploaded) ke Peladen (Server) milik PT. ELSA.

 

3.8  Pengguna (User) berkewajiban melakukan pembayaran tagihan penggunaan langganan layanan Produk, sesuai dengan jumlah yang dinyatakan dalam surat tagihan (invoice), dalam kondisi terdapat kekurangan pembayaran tagihan penggunaan langganan layanan Produk, maka tindakan Pengguna (User) tersebut akan dianggap sebagai keterlambatan Pengguna (User) untuk melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, kemudian ketentuan Pasal 3.6 Syarat dan Ketentuan akan diberlakukan kepada Pengguna (User) tersebut.

 

3.9  PT. ELSA bekerjasama dengan PT. Nusa Satu Inti Artha suatu perseroan terbatas atau DOKU yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, berkedudukan di Plaza Asia Office Park Unit 3, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 59, Jakarta Selatan, 12190 – Indonesia, untuk mengelolah pembayaran secara daring (online) yang dilakukan oleh Pengguna (User) berkenaan dengan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk.

 

3.10  PT. ELSA menyediakan fasilitas pembayaran secara daring (online) dengan 4 (empat) metode yaitu: (i) kartu kredit dengan jenis Visa dan Mastercard; (ii) Internet Banking; (iii) Virtual Account (Akun Maya); dan (iv) pemindah-bukuan saldo atau transfer dari rekening bank milik pengguna (User) atau pihak yang ditunjuk oleh Pengguna (User) ke rekekning bank PT. ELSA (selanjutnya angka i sampai dengan angka iv disebut sebagai “Pembayaran Online“). Kemudian Pengguna (User) hanya dipekenankan untuk memilih 1 (satu) dari 4 (empat) metode tersebut.

 

3.11  Pengguna (User) berkewajiban untuk tunduk dan patuh untuk melakukan pembayaran penggunaan langganan layanan Produk berdasarkan metode Pembayaran Online yang telah disediakan oleh PT. ELSA, metode pembayaran penggunaan langganan layanan Produk yang selama ini berjalan sebelum PT. ELSA menyediakan Pembayaran Online, akan disesuaikan sesuai dengan pilihan Pengguna (User).

 

3.12  Pemanfaatan fasilitas Pembayaran Online untuk pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, mewajibkan Pengguna (User) untuk memberikan dengan benar dan mengisi dengan tepat informasi sebagai berikut:

 

Daftar Isian Umum Pengguna (User)

 

3.12.1  Nama pengguna (user name) dari Pengguna layanan Produk;

3.12.2  Jenis pembayaran yang dipilih oleh Pengguna (User);

3.12.3  Nama pihak yang ditunjuk oleh Pengguna (User) untuk menjadi penanggung-jawab (person in charge) korespondensi dengan PT. ELSA;

3.12.4  Alamat surat elektronik (e-mail) untuk korespondensi dan notifikasi serta pengiriman surat tagihan (invoice);

3.12.5  Nomor telepon dan/atau telepon genggam (handphone) untuk korespondensi dan nomor telepon genggam (handphone) notifikasi melalui pesan singkat (short message service – SMS) serta pengiriman surat tagihan (invoice);

3.12.6  Jenis layanan Produk yang dipakai oleh Pengguna (User); dan

3.12.7  Alamat lengkap Pengguna (User), dalam kondisi Pengguna (User) adalah individu, maka alamat didasarkan pada Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan dalam kondisi Pengguna (User) adalah badan usaha atau badan hukum, maka alamat didasarkan pada Surat Keterangan Domisili yang masih berlaku.

 

Kartu Kredit

 

3.12.8  Nama bank penerbit kartu kredit;

3.12.9  Jenis kartu kredit;

3.12.10  Nama yang tertera di kartu kredit;

3.12.11  Nomor kartu kredit yang tertera di depan kartu kredit;

3.12.12  3     (tiga) digit angka (card security code) yang tertera di belakang kartu kredit; dan

3.12.13  Masa berlaku kartu kredit.

 

Internet Banking

 

3.12.14  Nama bank pemilik Situs (Website) dari Internet Banking; dan

3.12.15  Nama pengguna (user name) di Internet Banking.

 

Virtual Account

 

3.12.16  Nama bank pemilik dari Virtual Account;

3.12.17  Nama pengguna (user name) di Virtual Account; dan

3.12.18  Nomor indentifikasi pengguna di Vitual Account.

 

Pemindah-bukuan Saldo (Transfer)

 

3.12.19  Nama bank dari Pengguna (User) layanan Produk sebagai nasabah;

3.12.20  Cabang bank Pengguna (User) layanan Produk sebagai nasabah;

3.12.21  Nama yang tertera dalam rekening bank; dan

3.12.22  Nomor rekening bank dari Pengguna (User) layanan Produk.

 

(selanjutnya Pasal 3.12.1 sampai dengan Pasal 3.12.22 disebut sebagai “Data Personal“)

 

3.13  Pengguna (User) yang telah memberikan dengan benar dan mengisi dengan tepat Data Personal, akan menerima surat elektronik (e-mail) dari PT. ELSA yang menginformasikan Kata Sandi (Password) sementara untuk nama pengguna (user name), untuk mengakses Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, khususnya fitur (feature) Pembayaran Online berkenaan dengan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk. Kemudian Pengguna (User) berkewajiban untuk mengubah Kata Sandi (Password) sementara selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kalender terhitung sejak PT. ELSA mengirimkan surat elektronik (e-mail) tersebut, dengan cara mengakses Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com.

 

3.14  Dalam kondisi Pengguna (User) ingin mengubah pilihan metode Pembayaran Online, maka Pengguna (User) diwajibkan untuk menyampaikan secara tertulis permohonan tersebut kepada PT. GBS melalui surat elektronik (e-mail) dengan alamat support@gbs-asia.com selambat-lambatnya 14 (empat belas) Hari Kerja sebelum tanggal 10 (sepuluh) bulan berjalan atau tanggal dimana PT. ELSA menerbitkan surat tagihan (invoice), kemudian memilih salah satu metode Pembayaran Online dan mengisi Data Personal. Dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja setelah Pengguna (User) melaksanakan seluruh proses administrasi tersebut di atas, PT. ELSA akan melakukan verifikasi kesesuaian data kepada Pengguna (User), selanjutnya ketentuan Pasal 3.12 Syarat dan Ketentuan akan diberlakukan kepada Pengguna (User).

 

3.15  Dalam kondisi Pengguna (User) berkeinginan untuk berhenti menggunakan layanan Produk, maka Pengguna (User) diwajibkan untuk menyampaikan secara tertulis permohonan tersebut kepada PT. GBS melalui surat elektronik (e-mail) dengan alamat support@gbs-asia.com selambat-lambatnya 14 (empat belas) Hari Kerja sebelum tanggal 10 (sepuluh) bulan berjalan atau tanggal dimana PT. ELSA menerbitkan surat tagihan (invoice), kemudian selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) Hari Kerja setelah Pengguna (User) melaksanakan seluruh proses administrasi tersebut di atas, PT. ELSA menginformasikan kepada Pengguna (User) proses administrasi yang wajib untuk dilakukan dan seluruh kewajiban yang belum dilaksanakan. Selanjutnya selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) Hari Kerja setelah Pengguna (User) menyelesaikan proses administrasi dan melakukan seluruh kewajibannya, PT. ELSA akan mengirimkan surat elektronik (e-mail) dengan alamat support@gbs-asia.com yang berisi tentang notifikasi penghentian permanen penggunaan langganan layanan Produk. Selama Pengguna (User) belum menyelesaikan proses administrasi dan melakukan seluruh kewajibannya, maka PT. ELSA akan menghentikan sementara akses penggunaan layanan langgaan Produk, terhitung sejak tanggal dikirimkan permohonan secara tertulis dari Pengguna (User) kepada PT. ELSA.

 

3.16  Pembayaran Online membutuhkan waktu proses selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Kerja terhitung sejak Pengguna (User) melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, kemudian terhadap setiap Pembayaran Online yang berhasil, Pengguna (User) akan menerima surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) yang berisi notifikasi bahwa Pembayaran Online telah dilakukan oleh Pengguna (User) dan berhasil dilakukan.

 

3.17  Parameter keberhasilan Pembayaran Online atas tagihan terhadap penggunaan langganan layanan Produk, dalam kondisi memenuhi secara akumulatif seluruh syarat dan kondisi sebagai berikut:

 

3.17.1  Pengguna (User) melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, sesuai dengan jumlah yang dinyatakan dalam surat tagihan (invoice).

 

3.17.2  Pengguna (User) melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, 3 (tiga) Hari Kerja sebelum berakhirnya Periode Pembayaran Tagihan.

 

3.18  Dalam kondisi Pengguna (User) telah melakukan pembayaran tagihan atas penggunaan langganan layanan Produk, sesuai dengan jumlah yang dinyatakan dalam surat tagihan (invoice), maka seluruh pembayaran terhadap penggunaan langganan layanan Produk merupakan hak milik yang sah dari PT. ELSA dan tdak dapat diminta untuk dikembalikan oleh Pengguna (User) dan/atau pihak(-pihak) manapun dengan alasan apapun.

 

3.19  Dalam kondisi Pengguna (User) yang merasa telah melakukan Pembayaran Online terhadap penggunaan langganan layanan Produk sesuai ketentuan Pasal 3.17 Syarat dan Ketentuan, namun tidak menerima surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) yang berisi notifikasi bahwa Pembayaran Online telah berhasil dilakukan, maka Pengguna (User) berkewajiban untuk menghubungi PT. ELSA melalui Kontak Pelanggan sesuai ketentuan Pasal 4.5 Syarat dan Ketentuan.

 

3.20  Pengguna (User) diwajibkan untuk: (i) menyimpan seluruh surat tagihan (invoice) yang pernah dikirimkan oleh PT. ELSA baik dengan menggunakan surat elektronik (e-mail) dan/atau pesan singkat (short message service) kepada Pengguna (User); dan (ii) mendokumentasikan dokumen-dokumen pendukung yang membuktikan bahwa Pengguna (User) telah melakukan Pembayaran Online terhadap penggunaan langganan layanan Produk.

 

4.  PENANGANAN KEGAGALAN SISTEM (SISTEM FAILURE) DAN LAYANAN PENGGUNA (USER)

 

4.1.  Pengguna (User) yang mengetahui bahwa Sistem Elektronik dari PT. ELSA mengalami kegagalan sistem (system failure) untuk mengakses layanan Produk dan/atau melakukan Pembayaran Online berkewajiban untuk segera memberitahukan secara tertulis kepada PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) bahwa telah terjadi peristiwa kegagalan sistem (system failure) untuk mengakses layanan Produk dan/atau melakukan Pembayaran Online berserta dengan perincian detail tentang kegagalan sistem (system failure) dimaksud dan (jika ada) melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang membuktikan kegagalan sistem (system failure) tersebut.

 

4.2.  PT. ELSA akan melakukan tindakan-tindakan wajar yang diperlukan untuk memulihkan Sistem Elektronik untuk mengakses layanan Produk sampai dengan situasi dan kondisi dimana sebelum terjadinya peristiwa kegagalan sistem (system failure) terjadi dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) Hari Kerja terhitung sejak peristiwa kegagalan sistem (system failure) terjadi atau Pengguna (User) memberitahukan secara tertulis kepada PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) bahwa telah terjadi peristiwa kegagalan sistem (system failure) tersebut.

 

4.3.  PT. ELSA akan melakukan tindakan-tindakan wajar yang diperlukan untuk memulihkan Sistem Elektronik untuk melakukan Pembayaran Online sampai dengan situasi dan kondisi dimana sebelum terjadinya peristiwa kegagalan sistem (system failure) terjadi dalam waktu selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Kerja terhitung sejak peristiwa kegagalan sistem (system failure) terjadi atau Pengguna (User) memberitahukan secara tertulis kepada PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) bahwa telah terjadi peristiwa kegagalan sistem (system failure) tersebut.

 

4.4.  Pengguna (User) berkewajiban untuk segera memberitahukan secara tertulis kepada PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) bahwa telah terjadi aktifitas yang mecurigakan di nama pengguna (user name), berserta dengan perincian detail tentang aktifitas mencurigakan dimaksud dan (jika ada) melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang membuktikan aktifitas mencurigakan tersebut.

 

4.5.  Pengguna (User) dapat menghubungi PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) dengan alamat support@gbs-asia.com dan/atau menghubungi kontak pelanggan dengan nomor +62 31 841 7411, dengan jadwal sebagai berikut:

 

Hari

Jam (Waktu Indonesia Barat)

Senin sampai dengan Jumat.

08.30 sampai dengan 17.00.

Sabtu.

08.30 sampai dengan 13.00.

Minggu dan hari libur nasional.

Tidak ada.

 

5.  HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

5.1.  PT. ELSA merupakan pencipta, pemilik yang sah secara hukum atas Hak Kekayaan Intelekutual, Hak Moral dan Hak Ekonomi atas Produk, seluruh konten yang terdapat di Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, serta nama domain (domain name) Situs (Website) tersebut, berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan peraturan organisasi internasional World Intellectual Property Organization (WIPO).

 

5.2.  Pengguna (User) berjanji, menyatakan dan menjamin bahwa tanpa mendapatkan persetujuan secara tertulis terlebih dahulu dari PT. ELSA, Pengguna (User) tidak diperbolehkan atau dilarang dan akan melakukan segala upaya terbaik untuk mencegah, baik secara langsung dan/atau tidak langsung, yang dilakukan baik sengaja dan/atau tidak sengaja dalam kapasitas apapun melakukan tindakan dalam bentuk apapun dan/atau dengan maksud dan tujuan apapun terhadap seluruh dan/atau sebagian dari Hak Kekayaan Intelekutual, Hak Moral dan Hak Ekonomi atas Produk, seluruh konten yang terdapat di Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, serta nama domain (domain name) Situs (Website) tersebut untuk:

 

5.2.1.  Mendaftarkan hak di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan/atau di Negara(-Negara) yang terdaftar di World Intellectual Property Organization (WIPO) dan/atau mengaku sebagai pemilik yang sah secara hukum; dan/atau

 

5.2.2.  Menggunakan dan/atau memanfaatkan atau mendapatkan manfaat yang tidak sesuai dengan ketentuan(-ketentuan) Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau

 

5.2.3.  Membuat salinan atau mengandakan dalam bentuk dokumen fisik (hard copy) dan/atau Dokumen Elektronik (soft copy); dan/atau

 

5.2.4.  Mengubah, Memodifikasi (mengurangi atau menambahkan) dan/atau merekayasa ulang (reverse engineer); dan/atau

 

5.2.5.  Memindahkan dan/atau menyebarkan pengetahuan(-pengetahuan) kepada pihak(-pihak) lain; dan/atau

 

5.2.6.  Membuat menjadi tidak dapat digunakan sebagaimana fungsi peruntukannya mula-mula; dan/atau

 

5.2.7.  Meminjamkan, menyewakan, menjaminkan dan/atau menjual kepada pihak(-pihak) lain; dan/atau

 

5.2.8.  Melakukan tindakan(-tindakan) baik sebagai inisiator, perencana, pelaku dan/atau turut serta, yang bertentangan baik secara langsung dan/atau tidak langsung dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan World Intellectual Property Organization (WIPO), termasuk pada konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta international yang berlaku dan diterima oleh masyarkat internasional; dan/atau norma-norma kemasyarakatan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.

 

6.  PEMBATASAN TANGGUNG-JAWAB

 

PT. ELSA hanya selaku Pengelola (Administrator) dari Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, serta penyedia Perangkat Keras (Hardware), Peladen (Server) dan Piranti Lunak (Software), oleh karenanya PT. ELSA tidak bertanggung-jawab dan tidak dapat dimintakan pertanggung-jawaban oleh pihak manapun termasuk namun tidak terbatas pada aparatur(-apartur) Pemerintahan Republik Indonesia, dalam kondisi terjadi kerugian baik sekarang dan/atau yang akan datang bagi Pengguna (User) dan pihak(-pihak) lain, termasuk namun tidak terbatas pada PT. ELSA, sebagai akibat baik secara langsung dan/atau tidak langsung dari peristiwa-peristiwa berikut ini:

 

6.1.  Pengguna (User) dan/atau Pekerja Pengguna (User) tidak mengikuti secara indentik baik sebagian dan/ata seluruh Syarat dan Ketentuan berkenaan dengan penggunaan layanan Produk.

 

6.2.  Sistem PT. ELSA mengalami kegagalan sistem (system failure) yang disebakan oleh tindak pidana umum dan/atau kejahatan siber (cyber crime) termasuk namun tidak terbatas pada, virus Komputer, ketidak-sesuaian (non compatible) antara Komputer atau Gawai (Gadget) dengan Piranti Lunak (Software) yang digunakan oleh Pengguna (User), gangguan koneksi internet dari penyedia jasa layanan (provider) Internet dan gangguan-gangguan dalam terminologi siber (cyber) yang disebabkan oleh pihak(-pihak) lain dan peristiwa tindak pindana, kemudian selambat-lambatnya 14 (empat belas) Hari Kerja, PT. ELSA tidak dapat melaksanakan kewajibannya dan/atau mengurangi konsekuensi dari peristiwa tersebut dalam batas wajar yang mungkin dilakukan oleh manusia.

 

6.3.  Sistem DOKU dan/atau sistem dari bank yang menerima Pembayaran Online mengalami kegagalan sistem (system failure) yang menyebabkan kesalahan pencatatan pembukuan.

 

6.4.  Peristiwa Keadaan Kahar (Force Majure) terjadi, kemudian selambat-lambatnya 14 (empat belas) Hari Kerja, PT. ELSA tidak dapat melaksanakan kewajibannya dan/atau mengurangi konsekuensi dari Keadaan Kahar (Force Majure) tersebut dalam batas wajar yang mungkin dilakukan oleh manusia.

 

6.5.  Pengguna (User) melakukan pembayaran atas suatu surat tagihan (invoice) yang tidak dikirimkan dari surat elektronik (e-mail) dengan alamat support@gbs-asia.com.

 

6.6.  Pengisian sebagian atau seluruh Data Personal yang tidak benar dan/atau tata cara pengisian Data Personal yang tidak tepat diisi oleh Pengguna (User) dan/atau Pekerja Pengguna (User), yang menyebabkan kegagalan sistem (system failure) Pembayaran Online.

 

6.7.  Kelalaian atau kesengajaan dari Pengguna (User) dan/atau Pekerja Pengguna (User) pada saat melakukan Pembayaran Online, yang menyebabkan keterlambatan pembayaran, kekurangan atau kelebihan pembayaran, pembayaran ganda dan salah melakukan pemindah-bukuan saldo atau transfer ke rekening bank milik pihak(-pihak) lain.

 

6.8.  Kelalaian atau kesengajaan dari Pengguna (User) dan/atau Pekerja Pengguna (User) pada saat melakukan pembukaan baik sebagian dan/atau seluruh Dokumen Elektronik untuk disampaikan dan/atau diserahkan kepada pihak(-pihak).

 

6.9.  Kelalaian atau kesengajaan dari Pengguna (User) dan/atau Pekerja Pengguna (User) yang tidak menjaga kerahasiaan dari nama pengguna (user name) Pengguna (User) dan Kata Sandi (Password), sehingga disalahgunakan oleh pihak(-pihak) lain.

 

6.10.  Pernyataan-pernyataan yang dinyatakan oleh Pengguna (User) dalam Pasal 8.2 Syarat dan Ketetuan baik sebagian dan/atau seluruhnya tidak sesuai dengan kenyataannya.

 

7.  KERAHASIAAN

 

7.1.  PT. ELSA akan melakukan upaya yang wajar untuk menjaga kerahasiaan atas Dokumen Elektronik yang diunggah (uploaded) oleh Pengguna (User) ke Peladen (Server) melalui Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com.

 

7.2.  Dokumen Elektronik yang diunggah (uploaded) oleh Pengguna (User) ke Peladen (Server) melalui Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, hanya dapat dibuka baik sebagian dan/atau seluruhnya untuk disampaikan dan/atau diserahkan kepada pihak(-pihak) lain hanya dalam kondisi:

 

7.2.1  Mendapatkan izin tertulis dari Pengguna (User) yang disampaikan kepada PT. ELSA melalui surat elektronik (e-mail) ke alamat support@gbs-asia.com yang berisi: (i) maksud dan tujuan Dokumen Elektronik dibuka; (ii) kapan Dokumen Elektronik dibuka; (iii) kepada siapa(-siapa) Dokumen Elektronik dibuka; (iv) melalui media apa Dokumen Elektronik disampaikan dan/atau diserahkan; (v) bagian mana dari Dokumen Elektronik yang akan dibuka;

 

7.2.2  PT. ELSA menerima surat perintah dan/atau surat panggilan dari pengadilan dan/atau pihak yang berwenang diwajibkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku untuk menyampaikan atau menyerahakan sebagian atau seluruh Dokumen Elektronik. Kemudian selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Kerja setelah PT. ELSA menerima surat perintah dan/atau surat panggilan tersebut, PT. ELSA akan menginformasikan kepada Pengguna (User) tentang informasi mengenai hal-hal yang tercantum dalam surat perintah dan/atau surat panggilan berserta dengan salinan (fotokopi) surat perintah dan/atau surat panggilan tersebut.

 

7.3.  PT. ELSA dan Pengguna (User) akan saling berkonsultasi sebelum membuat dan menerbitkan pengumuman publik atas informasi atau pernyataan (termasuk namun tidak terbatas pada tindakan menyampaikan kepada institusi(-institusi) pemerintah Negara Republik Indonesia, mengiklankan, promosi, foto, film, pengumuman) sehubungan dengan penggunaan langganan layanan Produk.

 

7.4.  Pengguna (User) berkewajiban untuk menjaga kerahasian dan dilarang untuk menginformasikan nama pengguna (user name) Pengguna (User) dan Kata Sandi (Password) kepada pihak(-pihak) lain, kemudian PT. ELSA dan/atau Pekerja PT. ELSA dan/atau Afiliasi(-Afiliasi) PT. ELSA tidak akan pernah meminta Pengguna (User) untuk menginformasikan nama pengguna (user name) Pengguna (User) dan Kata Sandi (Password) dengan alasan apapun.

 

8.  PERNYATAAN DAN JAMINAN

 

8.1.  PT. ELSA dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa PT. ELSA adalah perseroan terbatas yang pendiriannya sah berdasarkan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia dan telah memperoleh izin(-izin) yang diwajibkan untuk menjalankan seluruh kegiatan usahanya di wilayah Negara Republik Indonesia secara sah dan akan memperbaharui izin(-izin) yang telah berakhir, dalam kondisi apabila pembaharuan izin(-izin) yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku dan/atau mempengaruhi keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini secara langsung dan/atau tidak langsung.

 

8.2.  Pengguna (User) dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

 

8.2.1. Pengguna (User) adalah perseroan terbatas yang pendiriannya sah berdasarkan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia dan telah memperoleh izin(-izin) yang diwajibkan untuk menjalankan seluruh kegiatan usahanya di wilayah Negara Republik Indonesia secara sah dan akan memperbaharui izin(-izin) yang telah berakhir, dalam kondisi apabila pembaharuan izin(-izin) yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku dan/atau mempengaruhi keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini secara langsung dan/atau tidak langsung.

 

atau

 

Pengguna (User) merupakan badan usaha yang berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan/atau Pasal 1320 ayat (2) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijke Wetbook) dan/atau Pasal 47 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan/atau Pasal 4 Undang-Undang No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia telah memenuhi syarat subyektif untuk mengadakan dan melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini.

 

8.2.2. Syarat dan Ketentuan ini sah dan mengikat serta dapat dilaksanakan terhadap Pengguna (User) sesuai dengan ketentuan yang termuat di dalamnya.

 

8.2.3. Pengguna (User) bukan dan/atau ter-Afiliasi dan/atau tidak terlibat baik secara langsung dan/atau tidak langsung dengan jaringan terorisme, organisasi kejahatan, sindikat pencucian uang, sindikat perdagangan manusia, kartel narkotika dan obat-obatan terlarang, organisasi penyeludupan benda-benda ilegal dan organisasi-organisasi sejenis baik dalam level nasional dan/atau international.

 

8.2.4.  Pengguna (User) tidak akan pernah melakukan tindakan(-tindakan) baik sebagai inisiator, perencana, pelaku dan/atau turut serta, yang bertentangan baik secara langsung dan/atau tidak langsung dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dan World Intellectual Property Organization (WIPO), termasuk pada konvensi-konvensi dan/atau statuta-statuta international yang berlaku dan diterima oleh masyarkat internasional; dan/atau norma-norma kemasyarakatan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.

 

8.2.5.  Dokumen Elektronik yang disimpan dalam Peladen (Server) milik PT. ELSA bukan merupakan Dokumen Elektronik milik dan/atau yang dipakai dan/atau dimanfaatkan baik secara langsung dan/atau tidak langsung oleh jaringan terorisme, organisasi kejahatan, sindikat pencucian uang, sindikat perdagangan manusia, kartel narkotika dan obat-obatan terlarang, organisasi penyeludupan benda-benda ilegal dan organisasi-organisasi sejenis baik dalam level nasional dan/atau international.

 

8.2.6.  Pernyataan-pernyataan tersebut di atas dibuat dengan sebenar-benarnya dan dengan sadar tanpa adanya paksaan dalam bentuk apapun dari pihak manapun. Pengguna (User) akan mempertanggung-jawabkan semua pernyataan di atas secara pidana maupun perdata apabila (i) terdapat pernyataan yang tidak sesuai dengan apa yang telah dinyatakan di atas; (ii) terdapat perubahan(-perubahan) dan/atau pencabutan terhadap pernyatan(-pernyataan) dari apa yang telah dinyatakan di atas dikemudian hari; dan (iii) Pengguna (User) melanggar dan/atau tidak melakukan sesuai dengan apa yang dinyatakan. Oleh karennya Pengguna (User) akan membebaskan semua pihak(-pihak) yang merasa dirugikan dan menanggung setiap kerugian, biaya, klaim dari pihak(-pihak) lain, atau pengeluaran yang timbul atau yang diajukan untuk dikenakan kepada pihak(-pihak) yang merasa dirugikan sebagai akibat dari atau dengan dilakukannya atau sehubungan dengan setiap tindakan atau segala sesuatu yang dilakukan atau menyebabkan untuk dilakukan oleh pihak(-pihak) yang merasa dirugikan dan/atau akibat-akibatnya, baik sekarang dan/atau selama-lamanya.

 

9.  PILIHAN HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA

 

9.1.  Syarat dan Ketentuan ini tunduk berdasarkan dan ditafsirkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia.

 

9.2.  Seluruh sengketa sehubungan dengan ketidaksepakatan dan konflik yang terjadi diantara PT. ELSA dengan Pengguna (User), sepanjang dimungkinkan akan diselesaikan dengan metode musyawarah-mufakat untuk mencari solusi demi mencapai kesepakatan bersama yang saling menguntungkan (win-win solution).

 

9.3.  Dalam kondisi apabila PT. ELSA dengan Pengguna (User) tidak berhasil mencapai kesepakatan bersama sesuai dengan ketentuan Pasal 9.2. Syarat dan Ketentuan selama jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender, maka seluruh sengketa sehubungan dengan ketidaksepakatan dan konflik yang berasal dari atau sehubungan dengan penggunaan langganan layanan Produk, akan diselesaikan melalui lembaga peradilan umum dan dengan ini PT. ELSA dengan Pengguna (User)sepakat untuk memilih domisili tetap pada Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jakarta Pusat, Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta – Indonesia.

 

10.  LAIN-LAIN                  

                                                                             

10.1.  Pengguna (User) tidak dapat mengalihkan atau melepaskan hak dan/atau kewajibannya kepada pihak(-pihak) lain tanpa mendapatkan persetujuan secara tertulis terlebih dahulu dari PT. ELSA.

 

10.2.  PT. ELSA mempunyai kewenangan secara eksklusif untuk membuat suatu ketentuan baru dan/atau mengubah ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, tanpa berkewajiban untuk menginformasikan dan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna (User), oleh karenanya Pengguna (User) berkewajiban untuk mempelajari Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan dalam Syarat dan Ketentuan, kemudian dengan mengakses, menggunakan dan/atau mendaftar fitur (feature) layanan yang terdapat di Situs (Website) www.omegasoft.co.id dan www.enkripsilintasnusa.com, Pengguna (User) dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyepakati semua ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan termasuk seluruh perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.

 

10.3. Dalam kondisi terdapat salah satu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi tidak berlaku, ilegal, batal demi hukum atau tidak dapat diberlakukan, maka Syarat dan Ketentuan ini tidak akan gugur sepenuhnya, kemudian PT. ELSA mempunyai kewenangan secara eksklusif untuk membuat suatu ketentuan pengganti untuk menggantikan Syarat dan Ketentuan yang gugur tersebut.