Omegasoft

white (1)

Bisnis

5 Strategi Kunci Bisnis UKM Tembus Pasar Ekspor Mancanegara, Seperti Apa Persiapannya?

Bisnis UKM tergolong jenis bisnis yang paling banyak dijalankan dan terbukti menjadi salah satu jenis bisnis yang tahan dalam guncangan badai krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 silam.

 

Bisnis UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian negara, tentu memberikan sumbangsih yang besar terhadap penerimaan negara. Hal seperti ini tentu akan semakin berkembang jika produk yang dihasilkan oleh bisnis UKM tersebut mampu menembus pasar mancanegara yang notabene merupakan pasar dunia dengan distribusi internasional yang mencakup 5 benua.

 

Hal ini tentu saja menjadi peluang yang bagus bagi bisnis UKM yang selama ini telah mempunyai produk dan berkeinginan untuk mengembangkan cakupan bisnis dengan menjangkau pasar internasional. Seperti 5 strategi kunci di bawah ini yang bisa diterapkan pelaku bisnis UKM untuk persiapan ekspor ke mancanegara.

 

software akuntansi

Administrasi Via popustore.rs

 

1. Siapkan Administrasi dan Manajemen yang profesional dengan kemampuan berbahasa inggris.

Administrasi dan manajemen yang profesional perlu disiapkan sejak bisnis dimulai. Persiapan dalam hal ini sangat diperlukan manakala sebuah bisnis UKM memutuskan untuk meluaskan pasar dengan melakukan ekspor barang. Manajeman pelaporan keuangan yang baik juga sangat dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

Biasanya, bisnis UKM menyiasati hal tersebut dengan menggunakan sebuah software akuntansi yang dirancang sesuai kebutuhan bisnis unutk menghasilkan laporan keuangan yang profesional dan akuntable. Selain kemampuan manajerial yang baik, penguasaan bahasa inggris mutlak diperlukan. Dalam sebuah bisnis, komunikasi menjadi kunci keberhasilan dari sebuah transaksi bisnis yang dilakukan, terlebih pasar internasional yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya.

 

software akuntansi

Legalitas Via toppromediagroup.com

 

2. Legalitas badan usaha dan izin ekspor sebagai eksportir yang sah

Legalitas menjadi persiapan kedua yang perlu diperhatikan. Selain agar bisnis UKM yang dikelola diakui oleh pemerintah, legalitas tersebut juga nantinya sebagai bekal untuk memenuhi persyaratan memasuki pasar internasional.

Adapun persiapan legalitas tersebut adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pokok (NPWP), serta dokumen penunjang lainnnya yang merupakan legalitas dasar yang harus dimiliki, dimana syarat dan ketentuannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.

Setelah persyaratan di atas dipenuhi, pelaku bisnis UKM juga diwajibkan menyiapkan dokumen penunjang kegiatan ekspor seperti kontrak penjualan, faktur perdagangan, letter of credit (L/C), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Bill of Lading (B/L), polis asuransi, packing list, Surat Keterangan Asal, surat pernyataan mutu, dan wessel export untuk eksportir.

 

software akuntansi

Quality Via fidic.org

3. Persiapan kulitas produk yang mempunyai nilai ekspor

Binsis UKM yang telah mempunyai produk skala ekspor tentunya perlu mempersiapkan keperluan serta pengetahuan tata cara ekspor yang bai dan benar. Untuk itu, persiapan yang bisa dilakukan adalah, dengan mengikuti pelatihan – pelatihan persiapan ekspor yang terdapat di daerah – daerah. Untuk pihak internal sendiri, persiapan awal bisa dimulai dengan menentukan kualitas produk yang akan diekspor dan pemilahan produk yang khusus untuk konsumsi pasar lokal.

 

software akuntansi

Online Marketing Via watermelonme.com

 

4. Strategi pemasaran melalui media online

Cara pemasaran yang paling mudah dilakukan saat ini adalah melalui media digital seperti internet, media sosial, dan website. Selain jangkauan pasarnya yang luas, berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dari har ke hari, juga turut memperkuat posisi dunia online digital sebagai sarana pemasaran yang potensial. Memasarkan produk ke mancanegara melalui media online juga merupakan salah satu cara dalam mengenalkan produk kepada pasar internasional sebelum melakukan kegiatan ekspor.

 

software akuntansi

 

Kerjasama Via cna.it

5. Menjalin kerjasama yang baik dengan penyedia transportasi untuk keperluan ekspor.

Mempunyai relasi yang luas di berbagai bidang usaha merupakan keuntungan tersendiri, terutama bagi bisnis UKM. Untuk keperluan proses ekspor barang, menjalin relasi dengan penyedia jasa transportasi sangat mutlak diperlukan. Selain mendapatkan harga khusus, informasi terbaru mengenai tarif dan biaya ekspor barang ke mencanegara juga bisa kita ketahui dengan mudah.

 

Featured image Via bisnis.liputan6.com