Apa itu Omnichannel? Berikut Penjelasannya


Suatu bisnis pasti memerlukan strategi agar dapat meningkatkan penjualan. Banyak hal yang dilakukan oleh suatu bisnis untuk meningkatkan penjualan, seperti memberikan penawaran menarik, menjalin hubungan baik dengan pelanggan hingga menggunakan teknik promosi untuk menarik minat pelanggan maupun calon pelanggan. Seiring dengan perkembangan teknologi, strategi bisnis pun mengalami perkembangan. Berbagai model bisnis yang didukung oleh teknologi dapat diterapkan oleh suatu bisnis, salah satunya adalah model bisnis omnichannel.

Omnichannel berasal dari kata omnis yang memiliki arti universal. Omnichannel merupakan model bisnis yang mengintegrasikan beberapa saluran komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan menjadi satu sistem interface sehingga membentuk suatu garis waktu yang komprehensif. Omnichannel mengutamakan pengalaman dan kenyaman dari pelanggan dalam bertransaksi baik secara online maupun offline. Omnichannel memungkinkan pelanggan dapat menggunakan lebih dari satu channel penjualan dari suatu bisnis, baik toko offline, e-commerce, mobile commerce maupun media sosial. Penggunaan omnichannel dapat dilihat pada akun-akun toko yang ada di Instagram. Akun tersebut terhubung dengan toko online di berbagai marketplace atau website mereka miliki. Sehingga, pelanggan yang mengetahui produk dari Instagram, dapat terhubung secara langsung ke channel penjualan yang berbeda.

Omnichannel memberikan manfaat bagi bisnis maupun pelanggan. Omnichannel dapat meningkatkan laba dan loyalitas pelanggan terhadap suatu bisnis Anda. Hal ini dikarenakan sistem Anda dapat melacak riwayat pencarian pelanggan di situs yang Anda miliki, kemudian Anda dapat mengirimkan email yang menawarkan produk serupa kepada pelanggan. Selain itu, omnichannel memberikan manfaat kepada pelanggan berupa kenyamanan dalam bertransaksi. Omnichannel memudahkan pelanggan untuk membeli produk kapan pun dan di mana pun. Pelanggan juga tidak perlu mencatat produk yang mereka inginkan, karena akun mereka akan mencatat secara otomatis mengenai riwayat pencarian produk yang telah mereka lakukan.

Lalu, apa pentingnya omnichannel untuk suatu bisnis?

Mengintegrasikan beberapa channel penjualan. Omnichannel menghubungkan beberapa channel penjualan suatu bisnis, baik online maupun offline menjadi satu saluran terpusat. Sehingga, pemilik bisnis dapat memeriksa stok barang dan jumlah penjualan pada satu sistem terpusat. Pemilik bisnis tidak perlu memeriksa satu persatu dari masing-masing channel penjualan.

Mengumpulkan data pelanggan. Omnichannel dapat membantu pemilik bisnis untuk mengumpulkan data pelanggan, seperti karakteristik pelanggan (demografi, preferensi, kebiasaan, tipe produk yang disukai, dan sebagainya) dan perilaku pelanggan ketika bertransaksi. Dengan adanya data ini, pemilik bisnis dapat menyusun strategi penjualan yang lebih spesifik. Pemilik bisnis dapat mengirimkan penawaran berupa rekomendasi produk yang sesuai dengan data yang diperoleh sebelumnya.

Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Omnichannel memudahkan pelanggan untuk membeli suatu produk dari berbagai saluran yang disediakan oleh pemilik bisnis. Pelanggan dapat mencari informasi produk dari berbagai saluran. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pembelian secara offline maupun online.

Meningkatkan traffic penjualan. Dengan adanya sistem ini, pemilik bisnis dapat memberikan penawaran sesuai dengan data pelanggan yang diperoleh. Selain itu, pelanggan juga akan cenderung mengunjungi toko setelah mendapatkan informasi dari website atau akun sosial media dari suatu bisnis. Sehingga, penggunaan omnichannel dapat meningkatkan penjualan pada suatu bisnis.

Selain menerapkan model bisnis omnichannel, Anda juga dapat menggunakan sistem penunjang operasional bisnis, misalnya software kasir POS dan akuntansi. Salah satu perusahaan pengembang software kasir POS dan akuntansi adalah Omegasoft. Omegasoft adalah aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud-based) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply