Beberapa Tips Foto Produk untuk Bisnis


Foto produk menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam strategi marketing maupun branding suatu bisnis. Hal ini dikarenakan bahwa kegiatan marketing dan branding sering dilakukan secara online melalui berbagai platform sosial media. Bahkan transaksi jual beli pun juga memanfaatkan aplikasi-aplikasi online, seperti e-commerce, marketplace dan sebagainya. Foto produk harus dibuat dengan bagus dan menarik agar dapat menarik minat pelanggan untuk membeli sebuah produk. Selain itu, terdapat beberapa alasan pentingnya foto produk dalam kegiatan branding maupun marketing suatu bisnis, yaitu

1. Faktor penentu keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian suatu produk setelah melihat foto produk yang menarik
2. Foto produk yang bagus dan menarik dapat menambah nilai jual suatu produk
3. Foto produk yang bagus dan menarik dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan brand
4. Foto produk yang bagus dan menarik dapat memudahkan proses marketing dalam menarik perhatian masyarakat
5. Foto produk yang bagus dan menarik dapat memudahkan calon pembeli dalam mengenali dan memahami produk yang dijual

Lalu, bagaimana cara menghasilkan foto produk yang bagus dan menarik? Berikut adalah beberapa tips foto produk untuk bisnis,

Background
Untuk menghasilkan foto produk yang menarik, Anda tidak perlu menyewa studio dengan harga yang mahal. Anda hanya perlu mennyiapkan background foto yang menarik untuk mendukung foto produk Anda. Pemilihan background foto menjadi hal yang sangat penting. Anda dapat menggunakan background yang cerah untuk menampilkan detail produk dengan lebih maksimal. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan background yang polos agar produk dapat terlihat lebih elegan. Anda juga dapat menambahkan beberapa hiasan atau properti pendukung, namun jangan terlalu banyak agar calon pembeli tetap berfokus pada produk yang ditawarkan.

Pencahayaan
Pencahayaan juga menjadi unsur terpenting dalam fotografi. Cahaya alami atau matahari merupakan pilihan yang tepat untuk foto produk karena memiliki sifat cahaya yang lembut dan lebih tersebar. Namun apabila melakukan pemotretan di dalam ruangan, maka Anda perlu menyiapkan perlengkapan untuk pencahayaan agar dapat menciptakan pencahayaan yang merata pada semua sisi. Pencahayaan dapat memberikan nilai pada foto produk, apabila mendapatkan cukup pencahayaan, maka produk akan terlihat lebih bagus dan memiliki nilai tambah.

Sudut Pandang
Anda Perlu menghasilkan foto produk yang diambil dari berbagai sudut pandan yang berbeda. Jangan hanya mengambil foto dari bagian depan saja, Anda juga perlu eksplor dari sisi yang berbeda. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa foto yang dihasilkan menyoroti fitur utama yang dimiliki oleh suatu produk. Pengambilan foto produk dari berbagai sudut pandang dapat menghasilkan tampilan karakter produk yang unik, berbeda, serta dapat menarik minat calon pelanggan yang melihatnya.

Editting
Setelah melakukan pengambiilan gambar, maka Anda perlu mengedit foto produk sebelum mempublikasikannya. Anda dapat menggunakan aplikasi editing untuk memberikan sentuhan tambahan pada foto produk agar terlihat lebih sempurna. Proses editing dapat membuat foto produk yang kurang terlihat jelas dapat menjadi lebih jelas serta meningkatkan kualitas dari foto produk tersebut. Pada aplikasi editing, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan, kontras, sorotan/bayangan, saturasi, maupun ketajaman foto.

Itu lah beberapa tips foto produk yang dapat Anda gunakan untuk menarik minat calon pembeli. Selain memperhatikan cara pengambilan foto produk, Anda juga harus memperhatikan operasional bisnis agar tetap berjalan dengan lancer. Salahh satu aplikasi yang dapat membantu operasional bisnis dapat berjalan lebih mudah, cepat dan akurat adalah aplikasi kasir dan akuntansi dari Omegasoft.

Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Aplikasi kasir dan accounting Omegasoft dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu proses pencatatan berbagai macam promo. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply