Maraknya transaksi bisnis melalui platform digital seperti e-commerce belakangan ini mulai banyak diminati oleh sebagian besar pelaku bisnis UKM. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan serta jangkauan pasarnya yang luas, memasarkan bisnis secara online juga dinilai mampu meningkatkan penjualan dan pemasaran merk dagang bisnis UKM tersebut.
Disisi lainnya, memasarkan produk maupun barang pada platform online juga memerlukan trik dan teknik tersendiri yang berbeda dari berjualan secara offline. Selain produk itu sendiri, ada 5 strategi ampuh yang bisa diterapkan oleh pelaku bisnis UKM untuk memasarkan produk yang dihasilkan melalui perangkat digital.
Conten atau isi disini adalah bagaimana mengolah kata – kata yang menggugah minat pembeli untuk melihat – lihat kemudian memutuskan untuk membeli ditambah dengan ilustrasi gambar dari produk yang akan dijual.
Tidak dipungkiri, bisnis online yang berkembang saat ini juga berkaitan erat dengan mesin pencari yang bertugas menampilkan berbagai jenis dan kategori produk yang ada. Optimalisasi mesin pencarian lewat kategori seperti SEO merupakan salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh pelau bisnis UKM.
Memasarkan produk melalui sosial media merupakan sarana pemasaran yang paling banyak dilakukan oleh pelaku bisnis UKM. Selain mudah, proses pembuatannya pun tidak rumit sehingga menjadi paltform pemasaran favorit bagi kebanyakan bisnis UKM.
Memasarkan produk secara online dengan menjalin kerjasama dengan pelaku Affiliate marketers
juga merupakan salah satu strategi pemasaran agar merk / produk yang dihasilkan dapat dikenal konsumen dengan skala yang kebih luas. Tugas utama dari seorang Affiliate marketing ini juga mengirimkan pengunjung ke website, situs maupun akun fanspage di sosial media.
Video merupakan sarana paling ampuh untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Melalui video pula, pelaku bisnis UKM bisa menampilkan profil usaha, produk yang dihasilkan serta manfaatnya dengan memperlihatkan testimoni pengguna secara langsung.