Omegasoft

white (1)

Bisnis

Kenali 4 Alternatif Sumber Pendanaan Bagi Bisnis UKM Jika Kredit Perbankan Ditolak

Bisnis

Kenali 4 Alternatif Sumber Pendanaan Bagi Bisnis UKM Jika Kredit Perbankan Ditolak

Tantangan yang dihadapi sebagaian besar pelaku bisnis UKM adalah ketersediaan modal kerja yang cukup serta akses pinjaman dana kepada pihak – pihak tertentu. Masalahnya, tidak semua proposal pengajuan pinjaman modal usaha tersebut diterima oleh pihak terkait.

 

Lalu, apa masih ada peluang bagi bisnis UKM agar tetap mendaptkan pendanaan sebagai tambahan modal usaha. Jawabanya adalah “Ya”. Terlebih, di zaman yang teknologi komunikasinya sangat canggih seperti saat ini, ada banyak lembaga yang bisa menjadi di cari di internet sebagai alternatif pendanaan jika proposal yang kita ajukan ditolak oleh pihak perbankkan maupun instansi yang terkait

 

1. Pendanaan Crowdfunding

 

software akuntansi

 

Salah satu akternatif pendanaan bagi bisnis UKM adalah dengan menggunakan sistem crowdfunding. Crowdfunding sendiri adalah sebuah proses pengumpulan dana untuk memulai suatu projek atau bisnis yang sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang yang peduli, mau dan respek terhadap portofolio maupun produk dari bisnis tersebut. Paltform pinjaman crowdfunding ini bisa diakses secara online sehingga memudahkan para pemilik bisnis untuk memilih penyedia layanan ini.

 

2. Pendanaan Angel Investor

 

software akuntansi

 

Angel Investor merupakan sebuah model pendanaan yang melibatkan suatu kelompok atau perorangan yang mau mengambil resiko dengan mnedanai sebuah bisnis baru yang dinilai mempunyai masa depan bisnis yang bagus dan menguntungkan. Bisnis inibiasanya masih berupa tahap awal pengembangan atau biasa disebut dengan start-up yang mempunyai skala bisnis kecil menengah atau UKM. Angel investor yang di indonesia yang cukup banyak dikenal adalah Angel Investment Network Indonesia atau disingkat ANGIN.

 

3. Pendanaan Model Bootstraping

 

bootstraping

 

Sistem Bootsrap merupakan sistem pendanaan terhadap bisnis dengan menggunakan uang pribadi, bisa berupa pinjaman maupun uang dana tabungan yang terkumpul. Alangkah baiknya jika menggunakan dana sendiri dari hasil menabung dibandingkan dengan dana pinjaman yang terlalu beresiko.

 

4. Startup Competition

 

software akuntansi

 

Mengikuti lomba kewirausahaan merupakan langakah alternatif bagi bisnis UKM untuk mendapatkan sumber pendanaan dan sarana promosi terhadap produk yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Ada banyak sekali lomba kewirausahaan yang diselenggarakan, baik itu oleh pemerintah maupun pihak swasta. Bahkan, pihak perbankan pun ikut ambil bagian pada perlombaan tersebut.

Featured Image via cari-toko.com