Omegasoft

white (1)

Bisnis

Cara Mudah Mendapatkan Fasilitas Kredit Bagi Bisnis UKM Dari Pemerintah, Kenali Syarat dan Jenis Bantuannya.

Bisnis

Cara Mudah Mendapatkan Fasilitas Kredit Bagi Bisnis UKM Dari Pemerintah, Kenali Syarat dan Jenis Bantuannya.

Bukan rahasia umum bahwa pelaku bisnis UKM selalu mendapatkan kesulitan dalam mengakses permodalan atau pembiayaan, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Bisnis UKM yang belum belum menerapkan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan  yang merupakan salah satu faktor sulitnya mengakses dana – dana tersebut.

Selain memenuhi syarat  yang ditetapkan oleh pemerintah dan memenuhi peraturan standar usaha, para pelaku bisnis UKM juga wajib mencantumkan data asli , jenis usaha dan aset yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya simak syarat – syarat di bawah ini.

Aspek legalitas usaha

Untuk PT/ CV/ Firma/ NV atau sejenisnya  

Fotocopy : Akta pendirian berserta perubahannya, SIUP, NPWP, TDP, SK Domisili, KTP Seluruh pengurus, Sertifikat jaminan / BPKB, KTP Pemilik Jaminan, Surat Nikah, Kartu Keluarga, Rekening Koran 3 Bulan terakhir, Nota penjualan 3 bulan terakhir, Rekap laporan penjualan 1 Tahun.

untuk perorangan

SIUP, NPWP, TDP, SK Domisili, Laporan Penjualan, Sertifikat/ BPKB Jaminan, KTP, KK, Surat Nikah.

Aspek Ekonomis

Laporan penjualan dan faktur2 penjualan, Rekening Koran, Rekening Listrik dan dokumen sejenis lainnya.

Aspek Tekhnis

Pelaku Bisnis UKM harus sadar bahwa pejabat Bank banyak menangani portofolio kredit sehingga membutuhkan dukungan support teknis kelengkapan dokumen dan hal tersebut harus diperhatikan atau pengajuan akan menjadi sedikit lebih lamban.

Setelah memenuhi persyaratan utama, ada baiknya jika pelaku bisnis UKM juga mengenali jenis – jenis akses permodalan atau bantuan keuangan yang dikususkan bagi bisnis UKM yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti daftar bantuan dana pemerintah di bawah ini.

PNPM dan KUR

software akuntansi

Program ini merupakan jenis pinjaman yang  sangat populer di kalangan masyarakat di daerah, khususnya bagi pelaku bisnis UKM. Ada banyak pihak perbankan yang menyediakan program KUR yang memudahkan pelaku bisnis UKM untuk mendapatkan akses permodalan guna pengembangan bisnis lebih lanjut.

GKN atau Gerakan Kewirausaan Nasional

 

software akuntansi

Pemerintah berupaya mendorong pertumbuhan sektor bisnis UKM dengan mengalokasikan dana sebesar Rp. 54 Milliar kepada 2500 pelaku usaha kecil menengah pada program GKN atau disebut dengan Gerakan Kewirausahaan Nasional. Bantuan ini diberikan dalam bentuk modal usaha hibah sehingga tidak perlu dikembalikan karena bantuan ini merupakan dana hibah murni.

Bantuan Hibah Kelompok

 

software akuntansi

Jenis bantuan ini merupakan bantuan yang ditujukan kepada satu kelompok usaha untuk mengembangkan usaha. Syaratnya adalah pemohon diharuskan memiliki usaha yang telah berjalan dan ini harus dibuktikan keabsahannya melalui surat keterangan usaha dari pemerintah desa setempat. Bantuan ini dibagi bagi menurut jenis atau bidangnya, misalnya peternakan, pertanian dan sebagainya. Jika anda memiliki usaha ternak kambing dan ternyata di daerah anda ada beberapa peternak, cobalah untuk membuat kelompok ternak atau kelompok tani.

Bantuan Untuk Wanita Rawan Sosial

 

software akuntansi

Bantuan ini ditujukan untuk wanita wanita janda, atau ibu rumah tanggga yang rawan sosial atau masih berada di bawah garis kemiskinan. Terlebih dahulu anda harus membentuk kelompok sebanyak 10 orang. Kemudian buatlah surat keputusan yang ditanda tangani oleh kepala desa bahwa di desa tersebut kelompok tersebut benar benar nyata. Setelah itu anda bisa mengajukan proposal usaha ke dinas sosial. Untuk nominal bantuan biasanya Rp. 10.000.000/ kelompok.

Bantuan Untuk Wirausaha Muda

 

software akuntansi

Bantuan untuk wirausaha muda ini dikhususkan kepada  mereka yang masih muda untuk berkarya membangun bisnis UKM. Total dana yang akan didapat per unit usaha adalah Rp. 25 juta. Jika memiliki satu ide bisnis yang layak dan prospektif tidak ada salahnya mengikuti program ini.

Sumber : bisnisukm.id