Indonesia sebagai negara berkembang di kawasan asia tenggara, tercatat mempunyai jumlah pertumbuhan sektor bisnis usaha kecil menengah atau bisnis UKM paling signifikan di tahun 2016 dibanding negara ASEAN lainnya.
Seiring dengan berkembangnya platform digital, dimana seluruh transaksi penjualan berbasis online marketplace, para pelaku bisnis, khususnya mereka yang yang mempunyai skala bisnis UKM, mulai melirik untuk ikut terjun menjual dan mengenalkan produknya kepada konsumen melalui media digital seperti website, sosial media hingga membuat penawaran lewat email.
Facebook merupakan media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh bisnis UKM untuk mempromosikan dan menjual produk. Platform jejaring sosial ini sangat populer dikalangan pelaku bisnis UKM karena penggunaanya yang mudah serta tampilannya yang mudah dimengerti. Selain itu, tingginya pengguna Facebook di Indonesia menjadi salah satu faktor untuk bisnis UKM berjualan melalui media sosial buatan Mark zuckerberg tersebut.
Menjual suatu barang di Facebook juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kesabaran serta kejelian dalam melihat setiap peluang yang ada. Selain itu, ada beberapa teknik tersembunyi untuk meningkatkan penjualan pada Facebook yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang awam seperti 5 hal berikut ini.
1. Gunakan gambar yang relevan
Via cnn.com
Menggunakan gambar yang berhubungan dengan produk yang dijual sebagai salah satu konten ketika melakukan posting harian bisa menjad salah satu startegi yang baik untuk meningkatkan like dan share kunjungan pada halaman media sosial.
2. Gunakan Video
Via omegasoft.co.id
Salah satu sebab orang tidak tertrik dengan produk yang kita tawarkan di media sosial adalah konten atau isinya tidak menarik untuk dilihat. Oleh karena itu, mengisi konten dengan postingan sebuah video dengan durasi tertentu, dinilai mampu menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan like dan share pada halaman media sosial.
3. Gunakan Plug-in tambahan
Via Facebook.com
Facebook yang kaya akan fitur – fiturnya, tentu mempunyai sebuah plugin khusus dengan tujuan dan maksud tertentu. Salah satunya adalah Facebook’s Page Plugin ( Dulu bernama Like Box ). Tombol Like yang dipasang pada halaman website atau blog hanya berguna untuk meningkatkan share jika konten yang dibuat sangat bagus. Sedangkan Page Plugin akan membantu meningkatkan Like pada halaman media sosial.
4. Tawarkan Diskon Eksklusif
Via omegasoft.co.id
Strategi menawarkan diskon tidak hanya berlaku pada bisnis offline saja. Pada bisnis online, menawarkan diskon secara eksklusif kepada kustomer maupun calon kustomer merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan. Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan traffic Like pada halaman media sosial. Ada sebuah fakta mengejutkan bahwa pengunjung akan memberikan tombol Like pada halaman media sosial karena adanya kupon undian dan diskon pada sebuah produk yang ditawarkan.
5. Buat konten Like or Share
Via idekuliner
Membuat sebuah konten yang bertujuan agar pengunjung memilih salah satu isi dari konten tersebut dinilai mampu menarik jumlah Like dan Share yang tinggi. Postingan yang menghadirkan berupa 2 pilihan Like or Share, bisa berupa makanan favorit atau tempat wisata idaman, dinilai mampu mengikat emosi pengunjung untuk memberikan tingkat Like dan Share yang tinggi.
Featured Image Via Facebook-friends