Omegasoft

white (1)

Bisnis

Mengenal 4 Teknologi Pintar Serta Manfaatnya Bagi Bisnis UKM

Bisnis

Mengenal 4 Teknologi Pintar Serta Manfaatnya Bagi Bisnis UKM

Teknologi dan perkembangannya yang pesat belakangan kini menjadi trend baru yang mengubah peta bisnis secara keseluruhan. Seiring dengan pertumbuhan bisnis yang semakin meningkat, teknologi mempunyai peranan yang signifikan yang mendukung perkembangan bisnis tersebut.

 

Tidak hanya didominasi oleh perusahaan – perusahaan besar, kemajuan teknologi kini juga bisa dirasakan dan dimanfaatkan langsung untuk mereka yang bergerak pada bisnis UKM. Kemunculan startup atau perusahaan rintisan baru setiap tahunnya juga turut membantu akselerasi pertumbuhan bisnsis UKM.

 

Teknologi informasi yang digunakan pun beragam dan bersifat aplikatif dan bisa langsung digunakan dengan pengaturan yang mudah, seperti 4 teknologi di bawah ini yang sering digunakan oleh bisnis UKM.

 

1. Teknologi CRM

 

software akuntansi

Via grantcardonetv.com

 

CRM atau Customer Relationship Manager adalah aplikasi yang mengelola hubungan pelanggan dengan pengelola usaha yang terintegrasi dengan system IT yang telah dibangun pada perusahaan tersebut.
 
Fungsi dasar dari CRM sendiri adalah memanfaatkan database pelanggan yang ada untuk keperluan marketing seperti kampanye iklan, melakukan penawaran dll.
 

 

2. Teknologi Cloud

 

software akuntansi

Via contrib.andrew.cmu.edu

 

Bukan sebuah rahasia lagi jika teknologi Cloud merupakan teknologi yang paling digunakan saat ini. Prosesnya yang sederhana, pengoperasiannya yang mudah serta harga yang terjangkau menjadikan teknologi ini banyak digunakan oleh perusahaan, baik segmen korporasi hingga segmen kecil dan menengah.
Keamanan data yang terjamin, data yang tersimpan secara terpusat, hingga flksibilitasnya yang tinggi juga menjadi jaminan bagi teknologi Cloud ini. Selain itu, teknologi ini juga menjanjikan investasi jangka panjang yang menguntungkan bagi penggunannya.

 

3. Teknologi Mobile

 

software akuntansi

Via zonapaperzine.blogspot.com

 

Teknologi mobile yang berbasis perangkat seperti smartphone, tablet maupun laptop merupakan jenis teknologi yang paling banyak digunakan saat ini.
Munculnya beragam aplikasi yang berjalan di berbagai platform populer seperti Android, iOS maupun Blackberry banyak mempengaruhi jalannya bisnis yang berbasis Mobile pada saat ini dan merubah keseluruhan gaya bisnis tersebut.

 

4. Teknologi Software

 

software akuntansi

Via omegasoft.co.id

 

Teknologi software merupakan teknologi yang banyak dipakai oleh berbagai perusahaan di berbagai bidang bisnis, baik skala besar maupun bisnis UKM. Software yang dirancang sesuai fungsi dan kebutuhan perusahaan, dinilai mampu meningkatkan kinerja secara cepat dan efisien.

 

Seiring dengan perkembangan yang ada, software yang dirancang pun semakin kompleks dan dirancang spesifik untuk menangani tugas yang berbeda. Seperti software akuntansi yang menangani segala jenis transaksi keuangan, software restoran yang menggunakan mesin POS untuk mencatat transaksi secara akurat, serta software kemanan seperti antivirusSoftware tersebut juga dirancang untuk berjalan di berbagai perangkat Android maupun iOS.

 

Featured Image Via theoddyseionline.com