Omegasoft

white (1)

Bisnis

6 Tips Mudah Agar Bisnis UKM Memenangi Persaingan di Pasar Global

Bisnis

6 Tips Mudah Agar Bisnis UKM Memenangi Persaingan di Pasar Global

Bisnis UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia kini mendapatkan tantangan usaha yang kian berat semenjak bergulirnya era perdagangan bebas atau MEA pada tahun 2016 ini.

Yang menarik dari bisnis UKM ini adalah, tantangan persaingan internasional dalam pasar bebas ASEAN ini bisa menjadi ajang bagi bisnis UKM untuk menunjukan kualitas bisnisnya di mata masyarakat global. Lewat MEA pula, UKM pun bisa memperluas koneksi pemasaran dengan skala yang lebih besar lagi.

Tentu semua hal tersebut tidak semudah membalik telapak tangan. Ada beberapa kriteria dan trik khusus bagi bisnis UKM agar produk yang dihasilkan pada bisnisnya bisa mempunyai daya saing dan tingkat kompetitif yang tinggi dalam pasar internasional.

 

Manfaatkan platform e-commerce

 

software akuntansi

e-commerce via mytotalretail.com

perkembangan platform e-commerce yang semakin pesat di Indonesia merupakan kabar gembira bagi pelaku bisnis UKM. Selain mendapatkan jangkauan pasar yang luas, bisnis UKM juga di permudah dalam hal melakukan transaksi penjualan karena telah menggunakan sistem online.

Bentuk Tim Pemasaran Khusus

 

software akuntansi

Team via inventivefilming.com

Mempunyai sebuah tim permasaran yang solid dan fokus pada bidangnya masing (pemasaran offline dan online) bagi bisnis UKM bisa menjadi solusi agar produk yang dihasilkan bisa dikenal masyarakat secara luas. Ada baiknya jika memisahkan tim pemasaran sesuai dengan bidangnya masing-masing agar memudahkan monitoring dan pelaporan hasil setiap harinya.

 

Ikut Bergabung Dengan Komunitas

 

software akuntansi

komunitas via intrigueme.ca

Menjadi anggota sebuah komunitas yang bergerak di bidang yang sama juga dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi para anggotanya. Selain sebagai wadah silaturahmi dan berbagi informasi terkait perkembangan dunia bisnis UKM, juga sebagai wadah bertukar informasi, promosi hingga berjualan produk. Komunitas yang dibentuk bisa melalui dunia online seperti Facebook Group maupun organisasi resmi yang nyata.

 

Ikut Pelatihan Yang diselenggarakan Oleh Pemerintah

 

software akuntansi

pelatihan via foxadmancement.com

Pemerintah selaku pembina bisnis UKM kini banyak mengadakan seminar maupun pelatihan bagi pelaku usaha kecil menengah. Selain sifatnya yang edukatif, pelaku bisnis UKM juga banyak mendapatkan wawasan dan relasi dari pihak swasta maupun non-swasta  yang difasilitasi oleh pemerintah terkait.

 

Rajin Mengikuti Pameran Nasional Maupun Internasional

 

software akuntansi

Pameran via marinabayssands.com

Salah satu strategi agar produk bisnis UKM dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan mengikuti event dan pameran, baik yang diselenggarakan seperti pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Inacraft. Selain memperluas relasi bisnis, ajang pameran juga bisa menjadi momen yang tepat untuk mempromosikan produk-produk terbaik yang dihasilkan.

Buat Website Resmi Perusahaan

 

Home-slider

Website via omegasoft.co.id

Untuk menjangkau pelanggan dengan cakupan yang lebih luas, menggunakan website resmi yang menjadi identitas bisnis di dunia maya juga bisa menjadi strategi untuk menggaet konsumen selain menggunakan platform online seperti sosial media dan berjualan melalui penyedia e-commerce. Melalui website pula, bisnis yang dijalankan pun bisa dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat baik nasional maupun internasional.

 

Featured Image via lionbridge.com