Omegasoft

white (1)

Bisnis

Lakukan 5 Tips Ini Agar Pengajuan Pinjaman Untuk Bisnis UKM Tidak Ditolak Bank

Bisnis

Lakukan 5 Tips Ini Agar Pengajuan Pinjaman Untuk Bisnis UKM Tidak Ditolak Bank

Mendapatkan akses permodalan dari lembaga – lembaga penyalur modal usaha seperti perbankan, koperasi dll merupakan impian sebagian besar pelaku usaha, tak terkecuali para pelaku bisnis UKM.

Ketersediaan modal yang mencukupi merupakan sarana yang penting untuk membangun dan mengembangkan usaha. Lembaga keuangan seperti perbankan umumnya memiliki program khusus yang ditujukan untuk pelaku usaha kecil menengah atau bisnis UKM.

Lalu, bagaimana caranya agar pengajuan pinjaman modal bisa disetujui oleh pihak bank.?

 

1. Membangun Usaha dari Skala Kecil

 

software akuntansi

Usaha kecil Via potongkompas.com

Membangun usaha dari awal hingga berjalan beberapa tahun kedepan merupakan salah satu syarat pengajuan pinjaman modal usaha untuk diterima.

Bank jelas akan menolak memberikan pinjaman modal bila usaha yang dijalankan masih tergolong baru dan belum menghasilkan profit yang cukup. Hal ini sangat masuk akal karena bank mengkhawatirkan bisnis tersebut gagal di tengah jalan dan kita sebagai peminjam tidak dapat menyelesaikan pembayaran pinjaman tersebut.

  

2. Mempunyai Laporan Keuangan

 

software akuntansi

laporan keuangan Via hartaku.com

Mempunyai laporan keuangan yang jelas dan akurat merupakan salah satu syarat agar untuk mengajukan pinjaman usaha. Maka dari itu, pencatatan pengeluaran dan pendapat usaha, minimal dalam setahun berjalan harus dilakukan dengan baik.

Jika masih menggunakan pembukuan secara manual, ada baiknya jika beralih menggunakan bantuan berupa software akuntansi untuk menghasilkan laporan yang akurat dan profesional.

Dengan menggunakan software akuntansi, laporan keuangan yang  di hasilkan akan lebih akurat dan membantu mempercepat proses kerja, baik dalam menghitung laba rugi maupun laporan keuangan lainnya.

 

3. Buat Rekening Khusus Untuk Usaha

 

software akuntansi

Rekening Via liputan6.com

Memisahkan rekening pribadi dengan membuat baru rekening khusus usaha atau bisnis di bank merupakan salah satu cara agar pihak bank dapat menelusuri keuangan secara lebih jelas tanpa tercampur dengan keuangan pribadi.

Dengan menggunakan rekening khusus untuk kegiatan bisnis, bukti berupa rekam jejak transaksi dan berkas – berkas perputaran uang atau modal usaha yang terdapat pada rekening tersebut dapat menjadi acuan oleh bank agar mengabulkan permohonan pinjaman modal usaha kita.

 

4. Memiliki Catatan Kredit yang Baik

 

software akuntansi

Catatan Kredit Via lws.finacial

Salah satu syarat lainnya adalah memiliki track record yang positif pada bank yang dituju. Track record positif disini memiliki artian kita tidak memiliki riwayat buruk dengan bank tempat kita mengajukan permohonan modal usaha.

Usahakan agar menghindari keterlambatan dalam membayar tagihan. Perhitungkan kembali ada berapa banyak cicilan maupun kredit yang belum terselesaikan. Dengan manajemen yang baik, tentu akan lebih memudahkan kita mengatur semua pembayaran tersebut.

 

5. Jujur Adalah Hal Utama

 

software akuntansi

Jujur Via firmology.com

Usahakan memberikan keterangan yang jelas dan sesuai dengan kondisi yang dialami pada waktu mengajukan permohonan kredit. Hindari pemberian nama, identitas dan kelengkapan dokumen palsu. Hal tersebut, selain melanggar hukum, juga membahayakan diri kita dan nama perusahaan.

Usahakan agar lebih transparan dalam menyerahkan identitas dalam bentuk apapun. Selain itu, pihak bank juga akan memberikan saran terbaik sebelum anda memilih pinjaman yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

 

Featured Image Via uangteman.com