Omegasoft

white (1)

Bisnis

5 Startegi Bisnis Online Yang Harus Dimiliki Oleh Bisnis UKM, Bagaimana Cara Memulainya?

Marketing

5 Startegi Bisnis Online Yang Harus Dimiliki Oleh Bisnis UKM, Bagaimana Cara Memulainya?

Memasarkan suatu produk , barang maupun jasa via media online kini bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Tren bisnis eCommerce yang terus berkembang dari waktu ke waktu, kini menjadi sebuah keharusan bagi para pebisnis untuk ikut menggunakan kemudahan melakukan transaksi bisnis secara online tersebut.

Bisnis UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa ini, juga wajib dan perlu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi online yang penggunaanya telah meluas pada saat ini, terutama untuk media pemasaran dan promosi produk secara efektif dan efisien

Bagaimana caranya dan media apa saja yang bisa digunakan oleh bisnis UKM agar menunjang perkembangan bisnisnya, terutama dari sisi promosi dan maketing produk yang ada secara cepat dan efektif?

1. Buat Website

POS Software

Website Via Omegasoft

Website menjadi sebuah keharusan bagi bisnis UKM yang ingin terjun langsung untuk mempromosikan produknya secara online. Memiliki sebuah website resmi, ibarat memiliki sebuah perwakilan resmi di dunia maya yang berupa toko online yang menawarkan produk yang dihasilkan.

Website juga berpotensi mengundang konsumen maupun calon konsumen untuk melihat dan berinteraksi dengan produk yang di display pada website. Untuk membuat website secara cepat, mudah dan gratis, bisa memulai dengan situs wordpress dan blogger yang menyediakan website secara gratis serta dilengkapi dengan panduan dan tahapan membuat website hingga jadi.

 
2. Bikin Facebook Page melalui Laman Facebook

 

software akuntansi

Facebook Page Via omegasoft

Facebook merupakan media sosial yang populer digunakan di Indonesia. Hampir semua individu dengan berbagai latar belakang, usia dan jenis kelamin mempunyai akun facebook. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh bisnis UKM untuk mempromosikan produk buatan mereka dengan membuat Facebook page.

Fungsi dari Facebook page adalah, selain sebagai sarana promosi melalui jaringan pertemanan yang ada, juga bisa digunakan sebagai media berpromosi dengan menggunakan fitur khusus yang bernama Facebook Ads agar produk kita bisa menjangkau lebih banyak orang tanpa harus melalui pertemanan terlebih dahulu.

3. Promosi Gambar Produk Lewat Instagram

 

software akunansi

 

Instagram page via blog.digi.me

Instagram merupakan sebuah media sosial yang menggunakan gambar sebagai tampilan utamanya. Lewat instagram pula, kini banyak pelaku bisnis yang memasarkan produknya dengan mengunggah gambar – gambar terbaik lengkap dengan deskripi produk agar memudahakan konsumen untuk bertransaksi.

Lewat Instagram ini pula, para pelaku bisnis UKM bisa memulai memasarkan produk yang dihasilkannya dengan menampilkan gambar terbaik dan deskripsi produk yang jelas.

 
4. Pemasaran yang efektif dengan Twitter Ads

 

software akuntansi

Twitter Ads Via socialsongbird.com

 

Media sosial Twitter yang terkenal dengan 140 karakternya ini, juga bisa menjadi sarana promosi produk yang dihasilkan oleh bisnis UKM. Layanan promosi yang bernama Twitter Ads ini ditujukan kepada Bisnis Kecil Dan Menengah (UKM) dan bisnis startupTwitter selaku penyedia, juga sempat menawarkan platform layanan iklannya ke segmen small medium business (SMB) atau Usaha Kecil Menengah (UKM) di 200 negara.

Cara kerja Twitter Ads yang mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus ini sangt cocok jika diterapkan oleh para pelaku bisnis UKM, dimana penggunanya dapat mengatur sendiri target konsumen yang akan dituju, tujuan program pemasaran, sampai anggaran harian yang akan dikeluarkan.

Biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau. Sebagai contoh Misalnya, dalam kurun waktu satu hari, pengguna layanan tersebut membuat anggaran sebesar Rp 50.000, maka secara otomatis jika biayanya sudah mencapai Rp 50.000, iklan yang ditampilkan juga akan berhenti.

5. Gunakan teknologi berbasis Cloud

 

 

software akuntansi

Teknologi cloud Via spsolinc.com

 

Teknologi Cloud atau komputasi awan merupakan teknologi penyimpanan yang paling populer digunakan saat ini. Karena sifatnya yang online dan bisa diakses dengan mudah membuat layanan ini banyak dipakai oleh para pelaku bisnis.

Layanan penyedia email seperti Gmail yang menyediakan Google DriveMicrosoft dengan platform Skydrive, dan berbagai layanan lainnya juag merupakan layanan yang menyediakan fasilitas cloud.

Penggunaan software seperti software akuntansi, software pembukuan dan lain sebagainya, kini juga telah menggunakan Cloud sebagai layanannya. Bisnis UKM pun juga bisa menggunakan layanan Cloud ini untuk memudahkan bisnis mereka. Dengan memulai bisnis pada ranah eCommerce, bisnis UKM pun siap dan berani untuk bersaing secara online dengan menggunakan berbagai teknologi online yang ada.

Featured Image Via caoswebdesign.com