Omegasoft

white (1)

Bisnis

5 Manfaat Teknologi Android Untuk Bisnis Restoran Skala UKM

Bisnis

5 Manfaat Teknologi Android Untuk Bisnis Restoran Skala UKM

Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini tentu banyak menghasilkan kelebihan pada setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali pada dunia bisnis mikro kecil dan menengah atau biasa disingkat UMKM.

Tingginya penggunaan teknologi smartphone yang berbasis sistem operasi android juga turut mendongkrak pamor teknologi itu sendiri sebagai simbol modernitas yang kini mulai banyak digunakan dengan berbagai fungsi dan tujuan.

Lini bisnis dengan skala usaha mikro kecil dan menengah pun tak ketinggalan untuk menikmati manfaat yang ditawarkan oleh kecanggihan android unutk kepentingan bisnisnya, terutama mereka yang bergerak pada bisnis restoran.

Selain teknologi yang mendukung kebutuhan secara online dan offline, teknologi android juga bisa dimanfaatkan secara optimal dalam bentuk software maupun teknologi lainnya yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis.

Seperti 5 manfaat teknologi android berikut ini yang bisa dimaksimalkan penggunaannya oleh bisnis UMKM, terutama yang bergerak pada bisnis restoran untuk meningkatkan performa bisnis mereka.

 

1. Memunculkan kesan elegan dan modern

bisnis restoran

Image Via ceobrokers.com

Pentingnya pencitraan pada bisnis restoran maupun kuliner yang dikategorikan sebagai jenis bisnis modern, adalah mereka yang telah mengaplikasikan sistem yang terkomputersasi pada bisnisnya.

Selain mendongkrak citra bisnis, penggunaan teknologi seperti mesin dan software POS atau Point Of Sales pada Bisnis restoran, baik skala besar maupun skala UMKM merupakan indikator utama untuk diebut sebagai bisnis modern.

Bahkan kini sistem Android pun bisa dijalankan pada software POS dengan beragam fitur yang bisa disesuaikan pada kebutuhan masing – masing bisnis.

 

2. Efisiensi kinerja dengan teknologi berbasis CLOUD

bisnis restoran

Image Via technetcomputer.com

Cloud strorage system atau penyimpanaan berbasis awan awan kini semakin banyak ditemui pada kategori bisnis modern. Selain pengunaannya yang mudah, sistem penyimpanan berbasis awan ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh mereka yang bergerak pada bisnis UMKM.

Harga yang murah, perawatannya yang mudah serta minimnya tenaga SDM untuk proses maintenance tentu sangat menguntungkan dan membantu bisnis UMKM dalam menyediakan anggaran keuangannnya untuk proses penyimpanan data.

 

3. Informasi yang di sajikan jelas, cepat dan akurat

bisnis restoran

Penggunaan aplikasi Android yang disesuaikan sesuai kebutuhan pada bisnis yang dikelola, terutama pada restoran juga dapat menyajikan informasi secara jelas kepada pelanggan. Contohnya pada software eMenu yang menyajikan tampilan menu yang jelas serta informasi yang berkaitan di dalamnya.

Software eMenu yang berjalan pada platform Android ini juga menawarkan kemudahan dalam setiap penggunaanya. Ditunjang dengan tampilan grafis yang indah dan navigasi yang mudah digunakan, aplikasi eMenu ini bisa digunakan untuk bisnis restoran, baik dengan skala UMKM mapun dengan skala besar.

 

4. Memaksimalkan manajemen pelayanan terhadap pelanggan dengan teknologi CRM

bisnis restoran

 

Image Via seizethemarket.com

Teknologi CRM atau Customer Relationship Manager difungsikan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

Pada bisnis restoran, CRM ini dapat digunakan untuk mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Informasi dan data pelanggan serta calon pelanggan yang disimpan untuk setiap transaksi dan aktivitasnya yang berkaitan bisnis restoran yang bersangkutan, kemudian dianalisa secara lebih mendetail dan digunakan untuk tujuan pemasaran, berdasarkan data yang ada dan disediakan otomatis oleh sistem CRM.

Tentu saja teknologi yang juga bisa berjalan pada platform Android ini sangat membantu bisnis restoran dengan skala UMKM untuk membantu memetakan pelanggan potensial, sesuai dengan kebutuhan.

 

5. Kemudahan akses dimanapun dan kapanpun

bisnis restoran

Image Via blackboard.com

Dengan memanfaatkan teknologi android berupa software yang cocok dengan bisnis restoran yang dikelola, kemudahan akses secara online mapun offline menjadi sebuah keuntungan yang patut diperhitungkan.

Dengan adanya hal tersebut, efisiensi kinerja pun dapat ditingkatkan dengan kemudahan melakukan kontrol pada bisnis maupun data – data yang terkumpul selama proses transaksi terjadi dari manapun dan dari perangkat apapun.

Kemudahan seperti inilah yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis restoran dengan skala UMKM agar lebih berkembang dengan baik kedepannya.

 

Featured Image Via gofrugal.com