Omegasoft

white (1)

Bisnis

Bagaimana Memilih Software Akuntansi Terbaik?

Bisnis

Bagaimana Memilih Software Akuntansi Terbaik?

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat  saat ini membuat manusia semakin kreatif. Inovasi-inovasi baru pun mulai bermunculan baik itu dari segi produktifitas ataupun inovasi yang akan membuat produktivitas semakin meningkat salah satunya dinamakan teknologi.

Manusia sendiri kalau boleh dikatakan sebenarnya merupakan mahluk yang malas, namun dari sini ada sisi positif yang mereka kembangkan dengan anugerah akal yang mereka miliki. Mereka selalu mencari cara untuk membantu memecahkan masalah mereka tersebut.

Penemuan-penemuan baru seperti lampu, komputer merupakan langkah awal dalam tahap kreatifitas mereka. Dalam dunia industri pun penemuan software seperti excel, word dan power point saat ity sangat membantu pekerjaan mereka yang membutuhkan ketelitian dalam hitungan dan pencatatan untuk back office.

Namun, software semacam itupun dirasakan belum cukup, maka merekapun beralih pada tool yang mereka sebut SOFTWARE AKUNTANSI.

Apa itu software akuntansi?

Mengutip dari Wikipedia, software akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat lunak ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ke tiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya.

Bagaimana cara memilih software akuntansi terbaik?

Sebenarnya, pemilihan ini sangat tergantung pada kebutuhan masing-masing. Sebagai contoh, pemilik warung tegal (warteg) menginginkan agar proses transaksi pembayarannya bisa cepat dan lancar, maka semestianya ia hanya akan menggunakan software akuntansi POS omega replica saja tanpa memerlukan modul lain yang tidak perlu dia gunakan, selain bagus dari segi efektititas penggunaan juga bagus dari efektifitas pengeluaran budget. Karena semakin lengkap modul sebuah software akuntansi maka biasanya harganya juga akan semakin mahal.

Berbeda dengan sebuah perusahaan besar yang memang diharuskan mencatat tiap transaksi yang mereka lakukan, ditambah lagi sistem hutang piutang dan tagihan invoice yang mereka keluarkan. Belum lagi jika perusahaan tersebut memiliki banyak cabang maka pemilihan software akuntansi yang baik sangat diperlukan.

Pada prinsipnya program akuntansi (keuangan) ditujukan untuk memudahkan kita dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan, di antaranya adalah Neraca (Balance Sheet) – Rugi laba (Profit Lost Statement) – Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow) dan Laporan akhir keuangan. Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Yang mana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang lazim digunakan) serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, seperti ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi, dan manufaktur (pabrik).

emenu1

Tampilan e-menu di software akuntansi Omega Cloud

SOFTWARE AKUNTANSI OMEGASOFT

Dari point-point di atas kita melihat bahwa pemilihan software akuntansi tergantung pada kebutuhan masing-masing sebuah usaha.

Dengan melihat fenomena tersebut sebuah perusahan pengembang software akuntansi Omegasoft hadir untuk memudahkan para pemilik bisnis dengan menciptakan software akuntansi OMEGA CLOUD.

Kenapa harus Omega Cloud?

  • Memiliki beberapa produk yang memang disesuaikan dengan tingkatan bisnis, POS CLOUD (basic), BIZ CLOUD (average), ACCOUNTING CLOUD (intermediate).
  • Untuk berbagai macam usaha seperti, resto, retail, distribusi, jasa, hotel dll.
  • Menggunakan sistem cloud yang memudahkan pengguna untuk mengontrol tiap cabang usaha mereka kapanpun dan dimanapun
  • Menggunakan Cloud computing 1.0, adalah generasi cloud computing yang paling populer pada masa sekarang ini. Cloud server berada Omega, dan konektifitas data terhubung secara online – realtime – direct access, dan lalu lintas data diproteksi dengan teknologi enkripsi data terdepan.
  • Bisa digunakan di desktop ataupun android
  • Harga yang murah dan terjangkau.
  • Pelayanan yang cepat.
  • Free fitur-fitur terbaru

Demikian penjelasan mengenai pemilihan software akuntansi terbaik, saran dari kami “pilihlah dengan bijak software akuntansi yang memang sesuai dengan jenis dan kebutuhan anda”.