Omegasoft

white (1)

Bisnis

Teknologi IT Berbasis Software Untuk Bisnis UKM

Bisnis

Teknologi IT Berbasis Software Untuk Bisnis UKM

Tidak dipungkiri lagi, bisnis dengan skala UKM kini telah menjadi tulang punggung yang mempunyai andil besar dan sumbangsih dalam menopang perekonomian bangsa.

Ditengah – tengah ketatnya persaingan bisnis yang terjadi, penggunaan teknologi sebagai penunjang dalam setiap kegiatan bisnis, kini semakin masif dan banyak diterapkan oleh mereka dengan skala usaha yang lebih besar.

Bisnis skala UKM, yang notabene sebagai bagian dari tulang punggung perekonomian bangsa, tentu juga wajib memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada untuk kepentingan dan kemajuan bisnisnya di masa depan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh bisnis dengan skala UKM tersebut untuk mulai menggunakan teknologi – teknologi tersebut. Salah satunya adalah, menggunakan teknologi berupa software yang sesuai dengan karakter bisnis yang dijalankan. Software yang nantinya diharapkan berperan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi yang ada pada bisnis UKM tersebut.

POS Software

POS Software

Sesuai dengan namanya, POS merupakan titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. Pada Point Of Sales penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.

Pada dasarnya, sistem POS adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda. Sistem Point Of Sales (POS) memerlukan sebuah aplikasi atau software agar sistem tersebut berjalan sempurna untuk menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis yang berorientasi meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap konsumen.

Keuntungan memakai POS ini adalah, pemilik usaha dapat menganalisis data penjualan, mencari tahu seberapa baik semua item yang dijual untuk menyesuaikan order pembelian selanjutnya. Selain itu, juga dapat dintegrasikan dengan bar-code scanner dan kemampuan otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.

Software POS ini juga ada yang telah menggunakan sistem cloud, sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun, baik menggunakan smartphone, laptop maupun tablet dengan menggunakan koneksi internet.

 

Software Akuntansi

Software Akuntansi

Pada prinsipnya software akuntansi (keuangan) ditujukan untuk menghasilkan akuntansi laporan keuangan pada perusahaan pengguna, yaitu Neraca (Balance Sheet) – Rugi laba (Profit Lost Statement) – Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow).

Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Dimana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang lazim digunakan) serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, sepert ledger untuk Neraca, Ledger untuk rugi Laba, Ledger untuk Biaya Pabrikasi dan Ledger untuk Manufaktur (pabrik).

Software Akuntansi ini sangat umum digunakan dan sangat fleksibel sehingga bisa di aplikasikan oleh berbagai jenis perusahaan baik yang berskala besar maupun yang berskala UKM.

 

Buku Menu digital / eMenu

2 E-MENU

Buku menu berbasis digital Merupakan terobosan dalam dunia bisnis, khususnya pada bisnis kuliner atau restoran. Tren dunia digital yang semakin berkembang saat ini menjadikan berbagai lapisan usaha, termasuk usaha dalam bidang kuliner maupun restoran mulai berbenah untuk meningkatkan perkembangan usahanya.

Seperti halnya software eMenu yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan usaha restoran dan kuliner. Selain penggunaannya yang mudah, software eMenu ini bisa dijalankan pada tablet yang berbasis android yang umum digunakan saat ini.

Selain menggantikan pemakain buku menu yang tradisional ( berbasis kertas ), teknologi yang ditanamkan pada eMenu ini sudah mencakup pencatatan dan penghitung total jumlah yang harus di bayarkan  oleh pelanggan dan terintegrasi pada modul dapur dan modul kasir. Kemudahan dan efesisensi seperti ini tentu akan sangat membantu jalannya operasional usaha yang dikelola, khususnya usaha berskala UKM yang bergerak di bidang usaha kuliner dan restoran.