Omegasoft

white (1)

Bisnis

Tingkatkan Citra Restoran Anda dengan Fitur eMenu Point Of Sale​

Bisnis

Tingkatkan Citra Restoran Anda dengan Fitur eMenu Point Of Sale

Bisnis berbasis kuliner kini semakin eksis di masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya restoran, rumah makan serta cafe dengan berbagai konsep dan keunikannnya. Semakin berkembangnya gerai cepat saji pun, turut mewarnai persaingan bisnis pada bidang kuliner ini

Apalagi di zaman yang serba menggunakan teknologi canggih seperti saat ini, penggunaan teknologi untuk kepentingan bisnis pun menjadi hal umum yang biasa dilakukan. Hal ini banyak diterapkan oleh restoran modern untuk memanjakan pelanggannya.

Sebagai contoh, salah satu teknologi yang bisa diterapkan oleh pebisnis yang bergerak di bidang bisnis restoran adalah sistem POS atau Poin of Sale yang membantu memantau aktivitas penjualan yang ada. Sistem POS yang umunya digunakan pada bidang usaha kuliner atau restoran berfungsi untuk mendata transaksi yang terjadi secara lengkap, mengetahui sisa stok barang hingga mempersingkat proses transaksi dan meminimalisir kecurangan yang dilakukan karyawan.

Selain sistem POS yang digunakan, ada pula software lain yang juga bisa digunakan untuk memudahkan kinerja pada bisnis restoran yang dijalankan. Software buku menu digital atau disingkat eMenu ini, selain dapat mempersingkat proses pesan makanan, juga dapat digunakan untuk mengganti buku menu konvensional yang umumnya terbuat dari bahan kertas yang dilapisi plastik yang mudah terkena noda dan rusak.

Software buatan omegasoft ini menawarkan banyak kemudahan dalam penggunaannya. Menggunakan OS Android sebagai platformnya, software eMenu ini juga terintegrasi dengan modul kasir dan modul dapur pada sistem POS yang digunakan. Hal ini tentu saja sangat memudahkan proses kinerja dalam bisnis restoran tersebut.

Contoh sederhananya, ketika pelanggan datang berkunjung pada restoran yang menggunakan software eMenu, pelanggan dapat memilih secara langsung banyaknya item menu yang ingin dipesan beserta total biaya yang harus dibayarkan. Data pesanan ini secara otomatis akan langsung tercatat pada modul dapur dan modul kasir. Ketika data diterima, menu yang dipesan dapat langsung dibuat dan disajikan pada saat itu juga. Untuk pembayaran di kasir juga, bisa langsung membyar dengan menggunakan fitur yang ada pada eMenu aupun mebayar secara langsung pada kasir.

Menggunakan teknologi seperti sistem POS dan eMenu tentu menjadi nilai tersendiri bagi usaha kuliner atau restoran. Selain mencerminkan citra sebagai restoran modern, pelayanan yang ditawarkan pun sepadan dengan teknologi yang digunakan. Inlah salah satu kunci suskes pada bisnis restoran maupun usaha kuliner lainnya untuk menghadapi persaingan usaha di bidang makanan ini.