Omegasoft

white (1)

Bisnis

Cara Sakti Naikkan Omzet Restoran 2x Lipat Dengan CRM ( Customer Relathionship Management )

Bisnis

Cara Sakti Naikkan Omzet Restoran 2x Lipat Dengan CRM ( Customer Relathionship Management )

CRM atau Customer Relathionship Management merupakan sebuah sistem informasi pada sebah perusahaan yang bertujuan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

Tujuan dari sistem CRM ini adalah mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Informasi dan data pelanggan serta calon pelanggan yang disimpan untuk setiap transaksi dan aktivitasnya yang berkaitan dengan perusahaan maupun organisasi yang bersangkutan kemudian dianalisa secara lebih mendetail dan digunakan untuk tujuan pemasaran, berdasarkan data yang ada dan disediakan otomatis oleh sistem CRM.

Sebagai contoh, dalam implementasinya pada sistem informasi, dalam studi kasus ini adalah software omega yang terintegrasi dengan aplikasi order makanan yang bernama idekuliner. Sistem CRM yang disediakan oleh omega pada produk – produk softwarenya seperti omega Biz Cloud, Omega RestoOmega POS CloudOmega Accounting sebagai software akuntansi yang terintegrasi dengan aplikasi idekuliner, memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat data pelanggan yang telah melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi tersebut. keseluruhan dapat dianalisa dan kemudian digunakan untuk tujuan pemasaran atau promosi.

Dan pada aplikasi idekuliner sendiri, pelanggan yang telah menggunakannnya untuk bertransaksi, secara otomatis datanya akan tersimpan dalam database CRM yang ada. Kemudian aplikasi idekuliner secara otomatis juga akan memberikan notifikasi berupa push notification atau pemberitahuan kepada customer untuk kembali lagi bertransaksi dengan restoran yang bersangkutan yang bisa di setting secara manual jangka waktu pengirimannya, menyesuaikan tanggal, waktu dan hari terakhir customer tersebut melakukan transaksi.

Sasaran serta fungsi utama dari peggunaa sistem CRM ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas bisnis perusahaan melalui penelusuran yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan atau customer behaviour.

Contoh sederhananya, pelanggan A datang ke sebuah restoran dan kemudian melakukan transaksi berupa pemesanan makanan pada jam 12 WIB tanggal 3 Juni 2016. Secara otomatis, sistem CRM mengirimkan sebuah push notification satu minggu kemudian ( merujuk pada setting manual yang dilakukan ), yang berfungsi sebagai pengingat sekaligus penawaran kepada kustomer bersangkutan yang pada akhirnya kustomer tersebut, akan menjadi pelanggan setia dan tujuan dari pengimplementasian sistem CRM pun dapat terpenuhi. Karena sistem CRM seperti inilah yang mampu meningkatkan omzet bisnis pada usaha, termasuk restoran, meningkat 2xl lipat.

Bisa dibilang, sistem CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dari pelanggan untuk kemudian diolah oleh perusahaan untuk kepentingan pemasaran yang ekfektif

Featured Image Via www.thebluediamondgallery.com