Omegasoft

white (1)

Bisnis

Penggunaan Software Akuntansi Pada Bisnis Restoran, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Bisnis

Penggunaan Software Akuntansi Pada Bisnis Restoran, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Di tengah ketatnya persaingan bisnis kuliner saat ini, banyak usaha restoran dan rumah makan mulai menerapkan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kinerja bisnisnya agar berjalan lebih optimal.

Bentuk teknologi yang diaplikasikan oleh kebanyakan bisnis restoran itu adalah software pendukung yang sesuai dengan bisnis yang ada seperti software akuntansi, POS system dan masih banyak lagi, tergantung kebutuhan tiap perusahaan.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan, baik sebelum proses pengimplementasian software akuntansi maupun sesudahnya.

1. Master data ( produk, pelanggan, supplier, laporan )

Sebelum mengimplementasikan software akuntansi pada bisnis restoran, ada baiknya jika menyiapkan data – data awal yang diperlukan. Biasanya data yang dipersiapkan mencakup produk yang ada dalam bisnis restoran tersebut, data pelanggan, hingga data bahan yang digunkan untuk membuat menu tersebut. Data – data customer, data supplier, data hutang dagang, data piutang penjualan, data aktiva, modal yang disetor, data inventory bisa disertakan agar mempermudah proses penggunaan ketika transisi dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi dengan software akuntansi.

2. SDM

Sumber daya manusia ( SDM ) memegang peranan penting pada proses pengimplementasian software, terutama pada bisnis restoran. Dengan adanya tenaga terampil yang dipersiapkan sebagai implementor, tentunya akan menjadi nilai lebih pada kinerja perusahaan. Di tunjang dengan dukungan support dan pelatihan dari vendor software akuntansi yang dipakai, kendala pada saat proses operasional software pada saat go live pun bisa diminimalisir.

3. Persiapan Hardware yang kompatibel

Hardware yang kompatibel dan sesuai dengan teknologi yang dipakai merupakan nilai tambah bagi perusahaan yang bersangkutan, selain tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pembelian hardware baru, proses pemasangan software akuntansi yang dipilih pun berjalan dengan lancar dan bisa segera dipergunakan untuk kepentingan perusahaan

4. Persiapan Pelatihan penggunaan Software Akuntansi

Pihak provider software akuntansi yang digunakan biasanya memberikan fasilitas berupa training atau pelatihan bagi karyawan yang akan menjadi operator pada software akuntansi yang digunakan. Pelatihan yang diberikan biasanya mengacu pada otorisasi atau hak akses pada masing-masing karyawan sesuai dengan job desk, baik bagian input data, otorisasi maupun yang membaca laporan, disesuaikan dan tergantung kebutuhan perusahaan.