Omegasoft

white (1)

Bisnis

7 Alasan Ini Yang Membuat Ide Bisnis Restoran Anda Tidak Pernah Dimulai

Bisnis

7 Alasan Ini Yang Membuat Ide Bisnis Restoran Anda Tidak Pernah Dimulai

Menjalankan sebuah bisnis memang memerlukan persiapan dan perhitungan yang cermat, tidak terkecuali dengan bisnis restoran. Menjalankan bisnis restoran memang menarik minat dari banyak orang. Selain karena bisnis kuliner merupakan bisnis makanan yang banyak di cari konsumen, juga dari sisi profit sangat menguntungkan.

Semua bisnis tentu mempunyai permasalahan dan kendalanya masing – masing, termasuk juga pada bisnis restoran. Selain membutuhkan modal yang lumayan besar, ada banyak persiapan sebelum betul – betul beroperasi secara penuh, yang diantaranya adalah persiapan SDM, perlunya penggunaan software dengan harga yang terjangkau, hingga masalah menu yang disajika, interior restoran hingga strategi pemasaran juga patut diperhatikan.

Berikut ini adalah 7 hal yang membuat kita seringkali menunda – nunda dalam memulai bisnis restoran.

1. Kurangnya modal usaha

bisnis restoran

Image Via bisniskecil.org

Masalah modal memang masalah klasik yang pasti dialami oleh setiap pebisnis, terutama bagi pebisnis yang ingin atau baru membuka sebuah bisnis.

Modal tidak hanya berupa finansial, tapi juga mencakup modal lainnya yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis seperti tanah, bangunan, perlengkapan dalam operasioanal usaha, hingga SDM yang terampil juga merupakan sebuah modal.

2. Lokasi bisnis yang tidak strategis

bisnis restoran

Image Via belajarbisnisinternet.com

Selain modal, hal yang perlu diperhatikan selanjutanya adalah lokasi. Lokasi ini juga sangat mempengaruhi tingkat kunjungan dan keramaian pada bisnis restoran yang dijalankan. Pada saat mendirikan sebuah bisnis kuliner atau restoran, usahakan agar memilih lokasi yang strategis, mudah dijangkau serta gampng dilihat banyak orang, terutama di dekat pusat bisnis atau perkantoran, universitas, pusat perbelanjaan.

Bayangkan jika lokasi untuk menjalankan bisnis tidak strategis, keuntungan yang diharapkan pun tidak sesuai target yang direncanakan semula. Hal inilah yang tekadang menjadi penghambat uutk mendirikan sebuah bisnis, terutama dalam bisnis restoran.

 

3. Bingung dalam menentukan menu yang disajikan

bisnis restoran

Image Via indianyouth.net 

Menu yang unik dan khas memang menjadi salah satu kunci untuk memenangkan persaingan di bidang kuliner, khusunya pada bisnis restoran. Pentingnya sebuah usaha restoran mempunyai menu yang unik juga menjadi nilai bisnis dan identitas pembeda dari kompetitor dengan usaha yang sejenis.

Menentukan menu yang unik inilah yang terkadang banyak membuang waktu hingga akhirnya menunda bisnis restoran yang akan dijalankan.

 

4. Kurangnya relasi dan jaringan untuk kerjasama

bisnis restoran

Image Via snacommunity.wordpress.com

Tidak dapat dipungkiri, relasi yang luas juga merupakan faktor penentu kesuksesan seseorang dalam menjalankan bisnis, termasuk juga pada bisnis restoran. Dalam menjalankan bisnis restoran, tentu sangat dibutuhkan jaringan pergaulan dan relasi yang kuat dan luas, misalkan dengan distributor bahan baku.

Selain berperan dalam menunjang pada bisnis restoran yang dijalankan, kita juga dapat mengetahui jaringan distributor lainnya yang bisa untuk di ajak bekerja sama dalam lingkungan usaha.

Bayangkan jika relasi yang dimiliki sangat minim dan sedikit sekali, tentu hal ini berpengaruh terhadap performa bisnis restoran yang dijalankan dan menghambat usaha untuk berkembang.

 

5. Tidak memanfaatkan teknologi pada bisnis

 

bisnis restoran

Image Via omegasoft.co.id

Teknologi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari setiap sendi aktivitas dan kehidupan. Pada dunia bisnis pun, implementasinya kini semakin meluas dengan banyaknya dunia usaha yang menggunakan bantuan teknologi, terutama teknologi informasi dan kommunikasi untuk menunjang aktivitas bisnisnya.

Pada bisnis restoran, umumnya menggunakan bantuan teknologi berupa software restoran untuk mempercepat dan efisiensi kinerja. Sayangnya, masih banyak bisnis restoran, terutama skala UKM, yang belum mengaplikasikan teknologi ini pada bisnisnya. Harga yang mahal, minimnya SDM serta kekhawatiran akan kesulitan dalam penggunaan untuk operasional software tersebut, menjadi alasan tersendiri untuk tidak menggunakan software pada bisnisnya.

Ada banyak vendor yang menawarkan software restoran yang murah dan berkualitas., salah satunya dari omegasoft dengan produknya yang bernama omega bizcloud. Hanya dengan nilai investai sebesar Rp.165.000,00-, pengguna sudah bisa mengunakan fitur – fitur yang ditawarkan pada software omega bizcloud ini. Salah satu keunggulannya adalah, penggunaan jaringan server yang berbasis cloud pada penyimpanan datanya, sehingga keamanan data terjamin dan mempermudah akses data maupun laporan kinerja bisnis dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan laptop maupun smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet.

 

6. Minimnya SDM dalam lingkungan bisnis

bisnis restoran

Image Via nakernews.com

SDM yang terampil dan handal, baik dari segi teknis maupun non-teknis merupakan aset yang penting untuk menunjang jalannya aktivitas pada sebuah bisnis.

Sulitnya mencari tenaga kerja yang terampil, juga menjadi sebuah hambatan dalam menjalankan bisnis, terutama sekali pada bisnis restoran yang notabene banyak memerlukan tenaga terampil seperti koki atau chef.

 

7. Passion yang kurang dalam menjalankan bisnis restoran

bisnis restoran

Image Via omegasoft

Banyak yang mengatakan bahwa musuh terbesar dalam diri kita adalah kita sendiri. Bahkan dalam sebuah perumpamaan dikatakan, mengalahkan ribuan musuh di medan peperangan belum dikatakan sebagai pemenang sejati. Pemenang sejati adalah mereka yang mampu menaklukan dirinya sendiri. hal ini juga sangat berlaku dalam dunia bisnis.

Ambisi untuk mendirikan bisnis restoran boleh saja menggelora. Tetapi, jika tidak ada passion di dalamnya, semuanya pasti akan sia – sia belaka. Hal inilah yang nantinya malah akan menghambat dalam menjalankan bisnis restoran. Bisnis jika hanya mengekor pada trend dan kesenangan sesaat, sudah pasti akan segera berakhir dengan kerugian. Pentingnya menjalankan bisnis dengan menggunakan passion yang dimiliki, tentu akan lebih bermakna pada bisnis dan tidak setengah hati dalam menjalankannya.