Omegasoft

white (1)

Bisnis

Mengetahui 5 Modul Dasar Dan Fungsinya Pada Software Akuntansi Untuk Bisnis Restoran

Bisnis

Mengetahui 5 Modul Dasar Dan Fungsinya Pada Software Akuntansi Untuk Bisnis Restoran

Pentingnya memantau arus keuangan pada bisnis restoran merupakan hal pentingnya yang yang harus dilakukan secara berkala. Terkadang, banyak para pelaku bisnis restoran baik skala besar maupun skala UKM masih bingung dalam memantau kondisi arus kas dan laporan keuangannya.

Hal ini tentu saja menjadi kendala dan mempengaruhi jalannya operasional pada bisnis restoran yang bersangkutan. Hampir setiap jenis usaha pernah dan bahkan masih mengalami kesulitan dalam memantau kondisi keuangannya.

Di era teknologi dan informasi yang semakin canggih pada saat ini, menyusun dan memantau laporan keuangan yang tadinya menjadi kendala, kini semakin dipermudah dengan penggunaan software akutansi sebagai bagian dari bisnis restoran tersebut. Selain cepat dan mudah, informasi keuangan yang dibutuhkan pemilik restoran pun tersaji dengan akurat.

Untuk itu, mengetahui fungsi – fungsi utama dari software akutansi yang digunakan pada perusahaan terkait mutlak diperlukan agar memudahkan jalannya proses implementasi dan penggunaan software akutansi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fungsi Software Akuntansi yang mungkin dapat membantu memudahkan bagi perusahaan dalam mengelola keuangan mereka dengan baik.

 

  1. Fungsi Neraca Keuangan

software akuntansi

Neraca merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang telah dihasilkan pada suatu periode akuntansi tertentu yang akan menunjukkan posisi keuangan pada satu akhir periode tersebut dan menyediakan informasi secara mendalam akan laporan keuangan perusahaan.

 

  1. Fungsi Purchasing/Pembelian

software akuntansi

Proses pembelian/purchasing merupakan proses pencarian sumber atau bahan produksi dalam membantu kegiatan produksi bisnis / perusahaan tersebut. Setiap proses pembelian biasanya diperlukan form pembelian (purchase order) sebagai bukti otentik dalam dokumen pembelian perusahaan. Software akuntansi biasanya meyediakan fungsi ini untuk mengatur format purchase order dalam memudahkan laporan pembelian.

 

  1. Fungsi Sales / Penjualan

software akuntansi

Fungsi penjualan merupakan satu fungsi yang sangat penting dalam proses keuangan, selain menampilkan detail produk, fungsi ini juga dapat menampilkan detail pajak, diskon, dan juga pembatalan (void) penjualan. Dalam software akuntansi biasanya fungsi penjualan ini bermacam-macam tergantung dari jenis masing-masing bidang usaha jika bentuk usahanya adalah jasa atau manufacturing umumnya disediakan menu khusus untuk (sales) penjualan dalam software tersebut. Namun jika bentuk usahanya adalah jenis dagang (swalayan supermarket/minimarket) maka bentuk penjualannya adalah tersendiri yang disebut dengan software Point of Sale (POS) yang terdapat dalam setiap sistem komputer kasir penjualan.

 

  1. Fungsi Inventory

software akuntansi

Inventory merupakan suatu aset yang ada dalam perusahaan baik dalam bentuk barang yang dimiliki oleh perusahaan ataupun barang-barang yang sedang dalam proses pembuatan (produksi).

Dalam software akuntansi terdapat satu menu gudang/inventory (untuk jenis software akuntansi dagang atau produksi) dan juga akan terdapat berbagai macam informasi-informasi tentang inventory yang dapat diisi dan dimonitor oleh perusahaan guna mendapatkan data informasi tentang stock produknya secara lebih tepat.

 

  1. Fungsi Stock Opname

software akuntansi

Stock opname wajib dilakukan untuk perhitungan fisik persediaan suatu produk dalam stock. Selain untuk mengetahui kebenaran laporan dalam suatu pembukuan, stock opname juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan fungsi sistem pengendalian intern dengan baik. Beberapa fungsi sistem pengendalian intern adalah untuk membandingkan persediaan stock dari tahun ke tahun, untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) pada laporan keuangan, dan mengetahui setiap kebenaran dalam laporan keuangan/pembukuannya apakah datanya memang sudah cocok atau apakah terdapat suatu kejanggalan, dan sebagainya.