Omegasoft

white (1)

Bisnis

Gara – gara 7 Hal ini, Omzet Bisnis Restoran Meningkat 2x Lipat

Bisnis

Gara – gara 7 Hal ini, Omzet Bisnis Restoran Meningkat 2x Lipat

Bisnis restoran memang tidak ada habisnya untuk dibahas dari berbagai sisi. Selain termasuk kategori bisnis yang paling poluler untuk dijalankan, bisnis restoran yang menjadikan produk kuliner sebagai fokus bisnisnya tersebut juga banyak dilirik sebagai bisnis yang potensial bagi para pelaku UKM.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis restoran, tentu memerlukan teknik dan strategi agar menunjang kinerja bisnis yang memuaskan karena bisnis restoran termasuk kategori jasa atau pelayanan.

Berikut ini adalah 5 hal yang bisa diterapkan dalam sebuah bisnis restoran atau bisnis yang menjadikan kuliner sebagai obyek utama berjualan.

  1. Miliki dulu Passion dalam berbisnis

bisnis restoran

Image via Linkedin.com

Memiliki Passion dalam menjalankan sebuah bisnis merupakan hal penting yang harus dimiliki sebelum terjun ke dalam bisnis yang sesungguhnya. Passion yang dimiliki tentu akan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan dalam mengelola bisnis, termasuk bisnis restoran ini. Gairah yang besar dalam beraktivitas di dalam lingkup bisnis yang dijalankan, juga mempengaruhi tingkat keberhasilan bisnis yang dikelola yang di dalam hal ini adalah omzet pada bisnis yang meningkat dari sebelumnya.

 

  1. Buat Pelanggan Merasa ” Happy “

bisnis restoran

Image via jasonharvey.com

Membuat pelanggan merasa nyaman dan happy saat berada di restoran kita merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Selain rasa nyaman, pelanggan juga bisa dimanjakan dengan layanan profesional yang disediakan oleh pihak restoran. Selain itu, pelanggan yang merasa Happy, secara tidak langsung akan merekomendasikan restoran kita sebagai tempat yang bagus untuk menikmati kuliner. Imbasnya, tentu omzet dan reputasi bisnis restoran kita yang meningkat.

Selain itu, pelanggan juga menyukai segala sesuatu yang tersaji dengan proses yang cepat. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan software untuk menunjang kinerja dalam sebuah bisnis restoran yaitu eMenu.

eMenu merupakan Buku menu restoran dengan format digital yang dijalankan pada sebuah tablet dengan Android sebagai platformnya. eMenu yang menawarkan konsep “pesan makanan simpel dan cepat ini” merupakan terobosan baru di bidang kuliner dan sangat cocok diterapkan pada bisnis restoran, baik dengan skala besar maupun skala UKM. Dengan proses yang cepat dan waktu tunggu yang minim, pelanggan tentu merasa puas dengan layanan yang diberikan. Kemudahan inilah yang ditawarkan jika menggunakan eMenu sebagai software penunjang dalam bisnis restoran

 

  1. Perhatikan kulitas menu yang di sajikan

bisnis restoran

Image via maikwiedenbach.com

Bagi sebagian orang, persepsi mereka terhadap suatu restoran tentu berbed beda. Akan tetapi, satu hal yang ada di benak mereka ketika pertama kali menilai tentang berkualitas atau tidaknya restoran adalah tentang menu yang disajikan. Kenapa? karena menu inilah yang membuat mereka tertarik untuk berkunjung ke restoran tersebut.

Pentignya menjaga menu yang berkualitas tentu menjadi hal wajib bagi pemilik bisnis restoran dengan menyediakan SOP yang mengatur tata cara memasak hingga menghasilkan menu yang berkualitas. Dengan demikian, cita rasa masakan yang disajikan pun akan tetap sama dari waktu ke waktu. Hal semacam inilah yang akan membuat pelanggan betah dan juga sebagai sarana untuk menarik pelanggan baru yang potensial.

 

  1. Tawarkan sisi yang unik dan menarik dari bisnis yang dikelola

bisnis restoran

Image via searchengineland.com

Mempunyai produk kuliner yang unik, menarik dan menggelitik orang lain untuk melihat dan bahkan membeli, merupakan keunggulan tersendiri bagi pemilik bisnis restoran tersebut. Pentingnya bagi pemilik restoran untuk menggali sisi yang unik dari bisnis restorannya merupakan salah satu strategi untuk memenangkan persaingan usaha yang ketat di bidang kuliner pada saat ini.

Tidak hanya menu yang disajikan, sisi unik pun bisa digali lewat model interior dan tampilan restoran yang tidak biasa, dari cara penyajian, bahkan cara menikmati makan yang berbeda dan lain daripada yang lain pun, bisa diaplikasikan unutk menggali keunikan dari bisnis restoran yang dikelola. Hasil akhirnya adalah, pelanggan merasa puas dan mempunyai pengalaman yang unik dan berbeda dalam menikmati hidangan yang disajikan.

 

  1. Fokus terhadap konsumen dan harga yang Terjangkau

bisnis restoran

Image via insights.marinsoftware.com

Harga makanan yang terjangkau juga bisa menjadi pertimbangan seseorang sebelum mengunjungi restoran yang kita kelola. Untuk itu, diperlukan riset dan penetapan fokus terhadap kalangan konsumen yang akan menjadi target pengunjung pada bisnis restoran kita. Dengan fokus konsumen tersebut, selaku pemilik bisnis restoran, kita bisa menentukan kisaran harga yang akan ditawarkan terhadap pengunjung tersebut.

 

  1. Maksimalkan Promosi offline dan online

bisnis restoran

Image via incredibleoneenterprises.com

Kegiatan Promosi, baik melalui media online maupun offline, merupakan hal penting berikutnya yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis restoran. Kekuatan bisnis yang dikelola, apapun jenis bisnisnya, termasuk juga bisnis restoran, terletak bagaimana efektifitas dan aktivitas promosi dilakukan.

Memanfaatkan media sosial dan website pada ranah online bisa menjadi pilihan yang pas untuk menjangkau banyak pengunjung. Promosi pada media offline juga patut diperhatikan. Membuat selebaran brosur, pamflet maupun beriklan pada media cetak, juga menjadi sarana untuk menggaet pengunjung potensial untuk datang pada restoran kita.

  1. Posisi dan lokasi usaha yang strategis

bisnis restoran

Image via m.tribunnews.com

Tidak dipungkiri lagi, posisi dan lokasi usaha yang strategis juga turut berperan dalam menyukseskan bisnis yang dikelola. Pun pada usaha restoran yang notabene adalah rumah makan yang menyajikan kuliner sebagai bisnis utama.

Bagaimana dengan lokasi bisnis restoran yang tidak strategis? Hal ini bisa disiasati dengan strategi seperti yang terdapat pada nomor 4 dan 6. Semakin unik restoran tersebut serta semakin gencar pula dalam melakukan kegiatan promosi, maka lokasi usaha bukan merupakan suatu hal yang perlu dikhawatirkan lagi.