Omegasoft

white (1)

Bisnis

Agar Tidak Kecolongan, Lakukan Stock Opname Pada Usaha Anda

Bisnis

Agar Tidak Kecolongan, Lakukan Stock Opname Pada Usaha Anda

Dalam dunia usaha, ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk mendukung kegiatan operasional perusaahan tersebut. Salah satu kegiatan tersebut adalah stock opname.
Stock Opname merupakan sebuah kegiatan secara berkala, untuk menghitung ketersediaan fisik barang yang dijual dan persediaan barang yang sesungguhnya pada sebuah usaha. Kemudian, hasilnya dibandingkan dengan jumlah menurut catatan persediaan.

Ada beberapa manfaat penting yang akan di peroleh dalam melakukan kegiatan stock opname pada berbagai macam kegiatan usaha. Dengan menggunakan software akutansi omega biz cloud, tentu akan mempermudah proses stock opname yang dilakukan. Selain informasi kontrol stok barang yang akurat, kegiatan stock opname juga meminimalisir ancaman yang umumnya sering dialami oleh berbagai bidang usaha seperti pencurian produk, kerusakan pada produk yang akan dijual, serta menghitung berapa jumlah persediaan barang yang sudah kadaluarsa.

Pentingnya kegiatan stock opname, khususnya pada bidang usaha yang mempunyai banyak item barang yang digunakan, tentu akan mempermudah dalam proses pengawasan dan pengontrolan barang yang tersisa. Proses stock opname ini bisa dilakukan oleh software akutansi omega biz cloud dengan langkah – langkah sebagai berikut.

IMG-20160523-WA0002

Pada gambar diatas, menunjukkan proses rekap mutasi yang dilakukan berdasarkan stok per tanggal. Pada kolom stok akhir, kita bisa melihat jumlah angka yang tertera berdasarkan stok komputer ( Nama Barang : Stok Akhir 138 ). Data tersebut berasal dari stok pembelian yang pernah diinput sebelumnya, lalu dikurangi dengan jumlah penjualan berdasarkan transaksi yang terjadi antara tanggal pembelian sampai tanggal dilakukannya rekap mutasi stok per tanggal.

IMG-20160523-WA0003

Setelah melihat hasil akhir dari laporan mutasi stok per tanggal, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan stok barang secara fisik sebagai pembanding. Jika antara stok komputer stok secara fisik sama, berarti data sudah benar dan tidak perlu dilakukan stok opname.
Tetapi, jika data secara fisik tidak sama ketika dicocokan dengan data komputer, maka perlu dilakukan stock opname .

Seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas, stock komputer menunjukan angka 138, tetapi setelah di cek stok fisik, berjumlah 136. Dari sini, kita bisa melihat selisih dua barang yang minus.
Jika mengalami kasus seperti diatas, maka perlu dilakukan pengecekan ulang dengan membandingkan antara data penjualan, mulai tanggal pembelian akhir sampai tanggal rekap mutasi stok
Jika data penjualan benar, maka perlu dilakukan stock opname unutk menyamakan jumlah yang sesuai, antara stock komputer dengan stock secara fisik.