Omegasoft

white (1)

Bisnis

Tips Mengubah Hobby Menjadi Bisnis​

Bisnis

Tips Mengubah Hobby Menjadi Bisnis

Setiap orang pasti mempunyai minimal 1 hobi yang ditekuni disamping pekerjaan utama yang dimiliki. Entah sadar atau tidak, terkadang hobi yang ditekuni ini justru malah banyak menyita waktu dan mendapatkan perhatian yang lebih dibandingkan dengan pekerjaan atau profesi utama.

Ada banyak hobi yang justru bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk memulai bisnis secara mandiri. Sayangnya, justru kebanyakan yang terjadi adalah mereka tidak menyadari bahwa ada sebuah potensi atau peluang tersembunyi dari hobi yang ditekuni.

Berikut ini adalah kiat – kiat sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi apakah hobi yang kita tekuni berpotensi menjadi sebuah lahan bisnis yang menguntungkan bagi kita pribadi.

 

  1. Sadari hobi yang di sukai

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengenali apakah hobi kita ini bisa menjadi pundi – pundi rupiah berikutnya. yang pertama adalah kita harus jujur terhadap diri kita sendiri apakah hobi yang kita lakukan ini dapat dijadikan sebuah lahan bisnis baru atau hanya sekedar hobi yang justru banyak menguras dana kita. Hal ini dikarenakan membangun sebuah bisnis berdasarkan hobi yang kita tekuni juga berawal dari niat yakin dengan kemampuan kita dalam mengelola hobi yang ditekuni menjadi sesuatu yang menguntungkan kedepannya.

idea_light_bulb_man_chalk_glass_80265_3840x1200-2

 

  1. Hobi yang mempunyai peluang besar

Setelah yakin dengan dengan hobi yang ditekuni bisa menjadi lahan bisnis, berikutnya adalah mencari tahu apakah hobi yang ditekuni mempunyai peluang yang bagus untuk jangka waktu yang lama atau hanya sekedar menjadi hobi musiman yang mengikuti tren yang ada. Hal ini penting sekali karena berkaitan erat dengan perkembangan hobi anda kedepannya.

Crop kamera

  1. Bergabung Dengan Komunitas

Hobi yang kita tekuni pasti mempunyai sebuah komunitas yang menjadi wadah atau tempat berkumpul sebagai bentuk eksistensi dan ajang dalam berinteraksi antar sesama hobiis. Komunitas sangat penting karena bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi sebelum melakukan promosi di luar dari komunitas yang kita tekuni. Selain itu, komunitas juga berfungsi sebagai tempat untuk berkonsultasi tentang hobi yang ditekuni, sekaligus sebagai ajang untuk mencari partner yang pas untuk membuka bisnis bersama.

komunitas crop

  1. Berani menjadi yang berbeda

Menjalani hobi yang disenangi tentu merupakan suatu hal yang mengasyikan jika kita menjalaninya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Tentu akan lebih hebat lagi jika menjalani hobi kita dengan cara lain yang sesuai dan membuat kita terlihat berbeda di mata para anggota komunitas. Berbeda dalam artian disini bukan berbeda secara hobi, tetapi berbeda dalam menjalani dan menyikapi hobi tersebut. Perbedaan inilah yang nantinya bisa menjadi nilai jual kita dalam merebut peluang bisnis yang ada.

Balapan Crop-2

  1. Mempunyai sudut pandang kreatif dan inovatif

Kreativitas dan inovasi mutlak diperlukan jika kita ingin membuka bisnis kita sendiri. Bisnis yang berbasis hobi juga sangat berpeluang besar untuk menuai sukses jika dilengkapi dengan kreatifitas dan inovasi. Selain itu, bisnis kreatif maupun ekonomi kreatif kini tengah naik daun dan mempunyai peluang yang baik di masa depan. Tidak harus langsung membabi buta dalam mengaplikasikan kreatifitas kita dalam sebuah hobi yang ditekuni. Perlahan tapi pasti, tentu ada sisi menarik yang bisa kita amati dan dikembangkan melalui inovasi dan kreasi dalam hobi kita.

LAmpu Crop

Ada banyak kiat  kiat lainnya yang mungkin bisa diterapkan selain 5 cara diatas. Tergantung dari cara pandang kita terhadap hobi yang dijalani selama ini. Selamat bereksplorasi.