Pemasaran merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai produknya. Kegiatan ini termasuk dalam merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produknya kepada masyarakat luas. Kegiatan pemasaran ini sangat penting bagi setiap orang atau perusahaan yang ingin memulai usaha, mereka harus menggunakan teknik pemasaran yang baik agar promosinya dapat berhasil.
Karena tujuan setiap orang yang melakukan kegiatan usaha ialah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, maka dari itu kegiatan pemasaran mempunyai andil penting didalamnya.
Jika anda merupakan orang baru dalam dunia bisnis, maka sebelum memulai usaha anda perlu memperhatikan beberapa teknik pemasaran untuk membantu anda.
1. Riset pasar
Sebelum memasarkan produk, maka sebaiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui tren yang sedang berkembang saat ini, menetapkan target sasaran yang ingin dicapai, serta mengetahui kondisi pasar saat ini. sehingga anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk anda di pasar.
2. Penetapan harga
Setelah anda melakukan riset pasar, maka anda dapat menetapkan harga produk yang ingin anda pasarkan. Buatlah harga yang sesuai dengan kualitas produk dan kondisi pasar saat ini, harga produk harus dapat memberikan keuntungan bagi anda maupun pembeli. Jika harga terlalu mahal maka pembeli akan kurang tertarik untuk membelinya, namun jika harga terlalu murah maka anda akan rugi.
3. Periklanan
Periklanan merupakan kegiatan untuk mempromosikan dan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang kita tawarkan. Anda dapat menggunakan iklan sebagai media tempat memasarkan produk tersebut, sehingga produk anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Anda dapat menggunakan media online, media cetak ataupun media elektronik seperti televisi dan radio.
4. Pengemasan
Selain promosi, kemasan suatu produk juga dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. Anda harus membuat kemasan semenarik mungkin agar dapat menarik minat membeli konsumen.
5. Memelihara dan menjaga kualitas produk
Setelah produk tersebut dikenal oleh masyarakat, maka tugas anda yang selanjutnya ialah menjaga agar kualitas produk tetap baik, sehingga konsumen tidak berpindah ke merk yang lain. Semakin tinggi kualitas produk, maka akan semakin tinggi penjualan.
Anda harus pintar-pintar dalam melaksanakan strategi pemasaran, selain itu anda juga harus dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen. Karena anda mempunyai keterikatan dengan konsumen, tanpa adanya konsumen, usaha anda bukan apa-apa. Sedangkan konsumen juga membutuhkan anda sebagai penyedia produk yang mereka butuhkan.
Buatlah konsumen merasa puas atas kualitas produk anda, karena secara tidak langsung konsumen merupakan salah satu alat pemasaran anda. Mereka biasanya akan bercerita kepada orang-orang terdekatnya mengenai produk yang mereka beli. Jika mereka merasa puas akan kualitas produk tersebut, maka anda akan diuntungkan dengan itu. Namun jika mereka merasa kurang puas dengan kualitas produk, maka nama anda dapat dinilai buruk oleh masyarakat.
(disadur beberapa sumber)