Marketing merupakan proses mengidentifikasi, memprediksi, serta mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Adapun kegiatan dalam proses marketing meliputi riset pasar, perencanaan produk, pemasaran, hingga pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan serta meningkatkan market leader dari perusahaan. Marketing juga bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang telah dibeli, sehingga dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu merek.
Marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menggunakan media sosial. Pemasaran melalui media sosial menjadi sebuah cara perusahaan dalam menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya untuk mempromosikan produk atau jasa serta menjangkau audiens lebih luas. Marketing melalui media sosial dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness, jangkauan audiens, serta tingkat interaksi dengan pelanggan.
Strategi marketing melalui media sosial menjadi pilihan terbaik untuk memasarkan produk saat ini. Sehingga, para pelaku bisnis perlu mengikuti perkembangan tren marketing melalui media sosial supaya kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan maksimal. Berikut adalah tren marketing melalui sosial media di tahun 2023,
Nano Influencer
Dalam influencer marketing, terdapat istilah makro, mikro, dan nano influencer. Istilah tersebut menunjukkan kategori atau klasifikasi yang berkaitan dengan audiens atau popularitas seorang influencer. Nano influencer merupakan kategori influencer pemula yang memiliki jumlah pengikut lebih sedikit dibandingkan makro dan mikro influencer, yaitu kurang dari 10.000. Lalu, mengapa memilih nano influencer?
Mikro dan makro influencer yang sudah terkenal dan mempunyai banyak followers terkadang kurang menjamin kesuksesan dari sebuah campaign. Sementara itu, nano influencer cenderung memiliki pengikut yang lebih sedikit namun lebih terhubung dengan satu sama lain. Sehingga, review produk atau jasa yang dibuat oleh nano influencer terlihat lebih natural bagi para pengikutnya, layaknya seorang teman yang sedang memberi saran terkait suatu produk tertentu.
Social Commerce
Salah satu tren marketing melalui media sosial di tahun 2023 adalah social commerce. Tren marketing ini merupakan integrasi antara media sosial dan online shopping. Kini, media sosial bukan hanya berfungsi untuk marketing campaign, branding, atau pun menjalin hubungan dengan user, namun juga dapat digunakan sebagai tempat jual beli. Social commerce dapat memudahkan user sosial media supaya dapat melihat produk yang ditawarkan melalui konten-konten di media sosial, kemudian melakukan transaksi pembelian melalui konten atau akun sosial media penjual. Hal ini sering kita lihat pada platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, maupun Facebook yang telah memiliki fitur belanja online.
Live Streaming
Tren marketing melalui media sosial yang bisa dilakukan di tahun 2023 adalah live streaming pada platform TikTok, Instagram, maupun Facebook. Kegiatan marketing dengan metode ini memiliki berbagai kelebihan di antaranya adalah
• Meningkatkan kepercayaan calon pembeli karena memperlihatkan produk yang dipromosikan secara langsung
• Memudahkan proses demonstrasi produk calon pembeli
• Memudahkan interaksi secara langsung antara penjual dan calon pembeli
Untuk menarik lebih banyak viewers pada live streaming, pelaku bisnis dapat bekerjasama dengan beberapa influencer untuk live bersama mereka. Selain itu, strategi lain yang sering digunakan untuk menarik minat calon pembeli adalah mengadakan program flash sale dan memberikan potongan harga selama periode live streaming
Marketing menjadi kegiatan yang penting dalam sebuah bisnis. Berbagai macam strategi marketing diterapkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain marketing, pelaku bisnis juga perlu menerapkan beberapa hal untuk memudahkan operasional bisnis dengan lebih mudah dan tepat, misalnya adalah penggunaan software POS (Point of Sales) dan accounting. Aplikasi-aplikasi ini dapat memudahkan pelaku bisnis dalam proses pencatatan pembelian, penjualan, manajemen stok hingga pembuatan laporan keuangan.
Salah satu pengembang aplikasi POS (Point of Sales) dan accounting adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir (Omega POS) dan akuntansi (Omega Accounting) yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Aplikasi Omega POS dan Omega Accounting saling terintegrasi, sehingga dapat memudahkan proses pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan. Aplikasi dari Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.
#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis #idebisnis #bisnis2023