Cara Menentukan Harga pada Produk Jasa


Harga merupakan satu-satunya bauran pemasaran yang memberikan pendapatan bagi suatu bisnis. Harga merepresentasikan nilai pada suatu produk, baik produk barang maupun produk jasa. Harga jual perlu ditentukan sesuai dengan produk barang atau jasa yang disediakan oleh suatu bisnis. Hal ini dikarenakan bahwa harga menjadi satu faktor penting dalam proses pengambilan keputusan pelanggan untuk membeli atau tidak. Harga jual diperoleh dari perhitungan jumlah biaya produksi, biaya non-produksi dan laba dari suatu produk.

Dalam menentukan harga jual, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan, yaitu
1. Segmen konsumen
2. Material atau bahan produk
3. Biaya produksi
4. Biaya pemasaran
5. Biaya distribusi
6. Laba

Selain itu, terdapat beberapa elemen dalam menentukan harga jual, yaitu

Positioning Produk
Elemen ini menjelaskan bahwa menentukan harga jual dapat dilihat dari posisi produk yang Anda miliki di pasaran, seperti seberapa banyak pesaing dengan produk yang sama, kemampuan produk bertahan di antara banyak pesang, kualitas produk Anda dibandingkan dengan pesaing lain. Apabila Anda memiliki banyak pesaing dengan produk yang sama, Anda dapat mengikuti harga pasar atau Anda juga dapat menggunakan strategi harga lebih rendah.

Harga Elastisitas dari Permintaan

Elemen ini menjelaskan bahwa harga jual produk ditentukan dari tingkat permintaan terhadap suatu produk. Semakin tinggi permintaan, maka semakin rendah harga suatu produk. Dan sebaliknya, semakin rendah permintaan, maka semakin tinggi harga suatu produk. Sehingga harga jual dapat naik atau turun, tergantung pada permintaan suatu produk di pasaran.

Harga Sensitivitas
Sensitivitas menjadi elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan harga suatu produk; terutama saat Anda mengubah harga (naik maupun turun). Hal ini dikarenakan bahwa beberapa pelanggan kurang peka terhadap perubahan harga yang diakibatkan oleh perubahan nilai dan kualitas suatu produk.

Menentukan harga jual produk sangat penting dilakukan karena hal ini akan menentukan jumlah pendapatan dari suatu bisnis. Lalu bagaimana cara menentukan harga pada produk jasa?

Meninjau Target Pelanggan
Sebelum menentukan harga jual, Anda perlu menentukan target pelanggan Anda. Sesuaikan harga jual Anda dengan target pelanggan yang Anda pilih. Hal ini dilakukan agar harga jual Anda tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Harga yang salah sasaran akan membuat bisnis Anda tidak dapat berjalan. Konsumen tidak akan membeli produk dengan harga terlalu tinggi. Namun dengan harga yang telalu rendah, bisnis Anda tidak akan memperoleh laba dengan maksimal.

Sesuaikan dengan Kondisi Pasar
Dalam menentukan harga jual, Anda harus memastikan apakah produk yang Anda miliki sudah dikenal oleh masyarakat atau belum. Apabila produk Anda sudah dikenal banyak orang, maka Anda dapat memberikan harga yang tinggi. Hal ini dikarenakan bahwa konsumen sudah memiliki kepercayaan terhadap produk yang Anda miliki.

Tentukan Harga Pokok
Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui harga suatu produk jasa. Anda dapat mengetahui harga produk jasa berdasarkan harga pokok, biaya perlengkapan dan ditambah oleh biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu layanan dan biaya lainnya. Sehingga Anda dapat menghitung harga jual suatu produk jasa.

Pahami Harga Pesaing
Anda perlu memahami harga jual yang ditawarkan oleh pesaing dengan produk jasa yang sama. Anda dapat mengidentifikasi harga jual dan fasilitas yang mereka berikan. Dengan mengetahui harga jual pesaing, Anda mendapatkan patokan harga suatu produk jasa yang Anda miliki. Anda dapat menyesuaikan harga jual pesaing dengan harga jual yang Anda inginkan.

Harga mengikuti Kualitas
Anda dapat memberikan harga yang lebih tinggi pada produk jasa Anda, apabila Anda menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaing-pesaing Anda. Misalnya, Anda memiliki usaha laundry. Namun usaha laundry Anda menggunakan metode self-service cepat. Maka, Anda dapat memberikan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan laundry kiloan biasa.

Setelah mengetahui cara menentukan harga jual, berikut adalah rumus untuk menentukan harga jual produk jasa dengan tepat

Cost-Plus Pricing
Metode ini digunakan untuk menentukan harga jual dengan menghitung jumlah biaya suatu jasa ditambah dengan margin laba yang diinginkan. Misalnya jasa pembersih rumah memiliki biaya mengeluarkan biaya untuk alat dan biaya pegawai Rp. 200.000, perusahaan mengharapkan margin laba sebesar 10%, maka harga jual jasa tersebut adalah Rp. 220.000

Mark-Up Pricing
Metode ini digunakan untuk menentukan harga jual dengan menambahkan kelebihan harga dari harga dasar. Misalnya, biaya dasar suatu jasa adalah 100.000, perusahaan menginginkan laba sebesar Rp. 15.000. maka harga jual jasa tersebut adalah Rp. 115.000

Metode cost-plus dan mark-up sama-sama memberikan keuntungan. Bedanya, cost-plus memberikan keuntungan berdasarkan persentase, dan mark-up berdasarkan nominal.

Bisnis jasa yang sudah berkembang membutuhkan pencatatan keuangan dengan detail, baik pencatatan kebutuhan operasional, pembelian, pengeluaran hingga laporan keuangan. Omegasoft menyediakan software yang dapat digunakan untuk membantu proses pencatatan bisnis jasa dengan mudah dan akurat. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply