Ketahui Jenis Utang dan Piutang dalam Akuntansi


Utang dan Piutang menjadi istilah yang ada dalam akuntansi. Istilah utang dan piutang digunakan di berbagai kalangan masyarakat, baik dalam konteks yang sederhana, perdagangan maupun bisnis. Istilah utang dan piutang memiliki arti yang berbeda. Dalam akuntansi, utang merupakan sesuatu yang dipinjam oleh suatu perusahaan dan menjadi hak milik orang atau pihak lain baik berupa uang maupun barang. Utang menjadi kewajiban perusahaan untuk membayar atau mengembalikannya sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Biasanya, utang diberikan sebagai pinjaman modal, tagihan beban usaha, purchase order yang belum dibayar dan sebagainya.

Piutang adalah pemberian pinjaman, baik berupa uang maupun barang kepada orang atau pihak lain. Mereka memiliki kewajiban untuk membayar atau mengembalikannya berdasarkan jangka waktu yang telah disepakati. Piutang dianggap sebagai aset perusahaan. biasanya, piutang berbentuk pinjaman yang diberikan kepada pihak lain, uang penjualan yang belum dibayar, tagihan yang belum dibayar dan sebagainya. Terdapat beberapa jenis utang dan piutang, diantaranya adalah

Jenis-Jenis Utang

Utang Jangka Pendek
Utang jangka pendek merupakan pinjaman yang harus dibayar dalam jangka waktu yang pendek, biasanya 1 (satu) tahun dari tanggal neraca. Utang jangka pendek juga disebut dengan utang lancar karena dalam pembayarannya, perusahaan dapat menggunakan sumber yang dapat membuat pinjaman baru. Pada umumnya, utang lancar digunakan untuk kebutuhan rutin operasional bisnis atau investasi dalam jangka pendek. Berikut adalah beberapa contoh utang jangka pendek
1. Utang Pajak (Utang yang timbul karena transaksi keluar masuk sebuah perusahaan yang dikenai pajak)
2. Utang Dagang (Utang yang timbul karena transaksi pembelian barang atau jasa dari pihak lain)
3. Utang Biaya (Utang yang timbul karena pengeluaran rutin perusahaan)
4. Utang Wesel (Utang yang dimiliki oleh perusahaan dengan menggunakan perjanjian tertulis)
5. Dividen (Utang yang timbul karena adanya pembagian keuntungan saham)

Utang Jangka Waktu Menengah
Pada umumnya, jenis utang dalam akuntansi hanya utang jangka pendek dan utang jangka panjang. Namun, beberapa perusahaan tidak sepakat untuk membayar utang dalam jangka pendek maupun jangka panjang, maka muncul istilah utang jangka waktu menengah. Utang jangka waktu menengah merupakan pinjaman yang harus dibayar dalam jangka waktu maksimal 10 tahun.

Utang Jangka Panjang
Utang jangka panjang merupakan pinjaman yang memiliki jangka waktu pelunasan yang cukup panjang, hingga 10 tahun atau lebih sesuai dengan kesepakatan yang terjadi antara masing-masing pihak. Biasanya, utang jangka panjang memiliki nominal pinjaman yang cukup besar, sehingga waktu pelunasannya pun panjang.

Jenis-Jenis Piutang

Piutang Usaha
Piutang usaha atau juga disebut dengan account receivable merupakan jenis piutang yang timbul karena adanya transaksi penjualan barang atau jasa yang belum dibayarkan. Pada umumnya, masa tagihan pembayaran piutang ini sekitar 30 sampai 60 hari. Piutang usaha menjadi salah satu jenis piutang terbesar dalam suatu bisnis.

Piutang Wesel
Piutang wesel atau juga disebut dengan notes receivable merupakan piutang yang timbul karena adanya perjanjian untuk melakukan pembayaran terhadap pembelian yang dilakukan. Piutang wesel memiliki sifat yang sama dengan piutang usaha, namun piutang wesel bersifat lebih formal dan terjamin karena memiliki perjanjian yang mengikat.

Piutang Lain-lain
Piutang lain-lain atau juga disebut dengan other receivable mencakup semua jenis piutang-piutang yang tidak termasuk dalam piutang dagang dan piutang wesel. Contohnya, pinjaman modal kepada perusahaan lain, pinjaman kepada karyawan, piutang di luar kegiatan operasional, dan sebagainya.

Utang dan piutang dalam bisnis merupakan hal penting yang harus dikelola dengan baik. hal ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan. mengelola utang dan piutang tidka mudah dilakukan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai macam software dapat membantu proses pencatatan akuntansi, termasuk pengelolaan utang dan piutang. Salah satu software akuntansi yang dapat membantu proses pengelolaan utang dan piutang adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply