Pentingnya Customer Lifetime Value pada Suatu Bisnis


Customer menjadi kunci kesuksesan bagi suatu bisnis. Customer diartikan sebagai target bisnis serta pengguna produk atau pun jasa yang ditawarkan dan dijual oleh bisnis. Setiap bisnis pasti akan berusaha untuk mendapatkan jumlah customer sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan bahwa semakin banyak customer, maka semakin banyak omset bisnis yang akan didapatkan. Selain memperoleh banyak customer, suatu bisnis juga harus mampu mempertahankan customer yang sudah ada. Dalam dunia bisnis, terdapat istilah customer lifetime value. Apa itu customer lifetime value?

Customer lifetime value merupakan sebuah indikator yang digunakan untuk mengukur dan menentukan nilai dari customer yang dilihat dari rentang waktu hubungan bisnis antara customer dan bisnis tersebut. Customer lifetime value berkaitan dengan hubungan antara penjual dan pembeli, yaitu bagaimana memperoleh customer yang loyal terhadap produk perusahaan melalui hubungan yang baik. Perusahaan menganggap hubungan ini sebagai nilai ekonomi yang akan bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

Manfaat Customer Lifetime Value bagi Perusahaan

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari penerapan customer lifetime value, di antaranya adalah,

1. Mengelompokkan Customer. Customer lifetime value dapat membantu pemilik bisnis utnuk mengelompokkan customer berdasarkan kategori tertentu. Apabila suatu bisnis ingin membuat customer loyalty dengan kategori customer kelas atas, maka pemilik bisnis dapat menggunakan rumus customer lifetime value untuk mengetahui customer yang memiliki nilai lebih tinggi. Hal ini dapat memudahkan pemilik bisnis untuk membuat program penawaran berdasarkan kemampuan dan tingkat loyalitas customer.
2. Membantu Perencanaan Marketing. Customer lifetime value membantu pemili bisnis untuk mengembangan strategi yang berhubungan dengan customer. Strategi ini dapat dikembangkan melalui penawaran menarik sesuai dengan perilaku customer maupun peningkatan pelayanan yang lebih baik kepada customer. Sehingga, customer akan memberikan nilai yang lebih baik kepada perusahaan.
3. Mengetahui Produk Terlaris. Customer lifetime value dapat membantu pemilik bisnis untuk mengetahui jenis produk yang paling sering dibeli oleh customer. Penghitungan customer lifetime value dapat menunjukkan nilai dari suatu produk. Produk yang memiliki nilai tinggi akan berpotensi untuk dibeli lagi oleh pelanggan.
4. Manajemen Loyalitas. Customer lifetime value dapat menjadi indikator untuk memperbaiki operasional bisnis dan layanan kepada customer. Operasional bisnis dan layanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas customer dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga, pemilik bisnis dapat mempertahankan customer yang dimilikinya.

Cara Meningkatkan Customer Lifetime Value

1. Program promosi. Promosi menjadi cara efektif yang dapat meningkatkan CLV. Pada umumnya, penawaran-penawaran menarik selalu ditunggu-tunggu oleh customer, misalnya potongan harga produk atau produk gratis untuk pembelian dengan minimal tertentu. Hal ini dapat meningkatkan retensi customer.
2. Mempermudah sistem pembelian. Customer lebih menyukai produk yang dapat dibeli dengan cara yang mudah dan cepat. Sehingga, pemilik bisnis perlu memberikan fasilitas yang berupa sistem pembelian serta pembayaran yang mudah untuk customer. Cara pembelian produk yang mudah dapat membuat customer lebih loyal terhadap produk yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.
3. Program rewards. Program reward atau hadiah akan selalu dapat menarik customer. Customer akan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan reward yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Program reward ini juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat keinginan customer terhadap sebuah produk.
4. Meningkatkan kualitas layanan. Selain membuat program penawaran menarik, pemilik bisnis juga perlu mempertahankan dan meningkatkan kepuasan customer terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Apabila customer puas terhadap produk perusahaan maka customer akan menjadi loyal.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply